Mengapa diperlukan operasi caesar pada anjing ketika terjadi distokia?

Kasus distokia atau kesulitan melahirkan pada anjing, berpotensi besar terjadi pada anjing kesayangan anda, terlebih jika perkawinan anjing tidak dipantau oleh pemilik, bisa saja anjing Anda kawin dengan anjing ras yang lebih besar darinya. Besarnya janin / fetus karena ras campuran antara induk betina yang kecil dan induk jantan yang besar sering menjadi penyebab distokia.

Pada kasus anjing distokia, yang tidak disertai dengan abnormalitas pada ukuran fetus, posisi dan luas rongga panggul induk, sehingga kemungkinan masih dapat melalui saluran kelahiran normal, terlebih dahulu akan dicoba insiasi kelahiran normal dengan melakukan induksi. Dalam keadaan ini, dokter hewan juga akan memberikan terapi cairan infuse untuk mendukung kondisi induk. Jika dua kali induksi telah dilakukan dengan jarak tertentu masih belum dapat memicu kelahiran, maka akan dilakukan section caesaria atau operasi sesar. Begitu pula dengan induk anjing yang dari pemeriksaan awal sudah terdiagnosa adanya abnormalitas atau induk sudah terlalu lemah, maka akan langsung dilakukan operasi Caesar. Operasi cesar anjing dapat berlangsung 1-3 jam, tergantung tingkat kesulitannya, yang dipengaruhi oleh keadaan fisik anjing, umur, breed, dan besarnya anjing.

Kemampuan hidup anak anjing yang dilahirkan dengan metode Caesar pun tidak dapat diprediksi dengan akurat, tergantung dari seberapa cepat owner membawa anjingnya ke klinik setelah tanda distokia muncul, seberapa kuat kondisi induk untuk bertahan, dan lemah tidaknya keadaan fetus didalam kandungan. Karena selama proses perejanan terjadi, setiap kontraksi akan mengakibatkan tekanan pada pernafasan fetus. Sebenarnya hal tersebut normal, akan tetapi, jika terjadi terus menerus dalam waktu lama selama terjadinya distokia, dapat mengakibatkan respiratoric stress yang dapat berakibat fatal bagi fetus didalam kandungan.

Kelahiran anak anjing merupakan peristiwa yang membahagiakan, sekaligus menegangkan. Bagi para owner yang baru pertama kali memelihara anjing, hendaknya melakukan pemeriksaan kebuntingan secara berkala ke rumah sakit hewan / klinik hewan terdekat dan jangan ragu untuk terus berkonsultasi dengan dokter hewan perihal persiapan kelahiran dan pelajari langkah darurat apa saja yang harus dilakukan jika muncul tanda-tanda distokia. Jangan tunda membawa anjing anda ke klinik jika dirasa ada hal yang tak wajar selama proses kelahirannya, demi keselamatan anjing kesayangan anda dan anak-anaknya.

http://pecintasatwa.com/kesulitan-melahirkan-pada-anjing/