Mengapa di Indonesia industri perikanan melimpah namun harga ikan masih saja tinggi ?

perdagangan ikan

Di Indonesia harga ikan masih sangat mahal, sehingga membuat konsumsi ikan oleh masyarakat negeri ini masih sangat rendah. Mengapa di Indonesia industri perikanan melimpah namun harga ikan masih saja tinggi ?

Menurut Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, mahalnya harga ikan di Indonesia dikarenakan banyaknya pencurian ikan oleh kapal-kapal asing di perairan Indonesia, kemudian hasil ikan itu dijual kembali ke masyarakat Indonesia.

Susi mengatakan, perlu adanya kerja sama dengan berbagai pihak termasuk pengusaha agar mampu menjual ikan secara murah di negeri sendiri. Selain itu juga perlu mendorong agar konsumsi ikan lebih banyak, dan saya mendukung adanya Hari Ikan Nasional, karena itu mendorong agar konsumsi masyarakat Indonesia lebih baik.

Terkait dengan banyaknya pencurian ikan oleh kapal asing, Susi mengaku telah membuat kebijakan tegas, salah satunya melihat izin kembali sejumlah kapal asing yang beroperasi di Indonesia, yakni kebijakan moratorium.

“Aturan moratorium perizinan untuk izin kapal besar berbobot lebih dari 30 GT tujuannya untuk menata ulang kebijakan perizinan guna menghasilkan penerimaan yang lebih besar bagi negara,” katanya.

Sebelumnya, Susi mengatakan kebijakan moratorium juga bertujuan untuk menggenjot Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari sektor kelautan dan perikanan dengan membebankan peningkatan penerimaan itu dari kapal besar bendera asing. Hal itu ditempuh sebagai upaya pemerintah dalam mengembalikan uang negara yang hilang.

Sumber :