Mengapa daun pada tanaman bambu hoki menguning?

Tanaman bambu hoki memiliki sedikit daun. Ia hanya perlu disiram sehari sekali sebagai menjaga kelembapan serta meletakkannya tidak di matahari secara langsung. Lalu apa penyebab daripada daunnya menguning? Mengapa hal itu bisa terjadi dan apa yang harus dilakukan?

1 Like

Alasan daun pohon bambu hoki menguning adalah karena tanaman mengalami kekeringan, terlalu banyak pupuk, atau terkena sengatan matahari secara berlebihan. Untuk mengatasinya, dapat memotong bagian yang menguning tersebut. Pakailah gunting atau alat potong yang sudah distrerilkan, atau jika memungkinkan tariklah bagian menguning tersebut hingga pangkalnya sampai terlepas.

Alasan mengapa daun bambu kuning berwarna kuning atau tidak berwarna hijau segar adalah karena terlalu lama terpapar sinar matahari secara langsung, apabila bukan hal tersebut alasan lainnya adalah ketidakcocokan kadar air dengan bambu kuning, kadar air yang asin akan mempengaruhi warna daun bambu kuning juga. Untuk menanggulanginya bisa memotong ruang barang bambu kuning yang menguning dengan pisau bersih dan tajam agar tidak merusak tanaman.

tips-penting-perawatan-tanaman-pembawa-keberuntungan (1)

Ref: https://m.merdeka.com/gaya/tips-penting-perawatan-tanaman-pembawa-keberuntungan.html

1 Like

Alasan Daun Bambu Hoki Menguning

Terdapat beberapa alasan mengapa daun bambu hoki menguning. Ada orang awam menganggap bahwa daun hoki menguning diakibatkan dengan ketidak cocokan antara pemilik dengan tanamannya. Hal ini alasannya kurang logis menurut saya karena memasukkan unsur ghaib di dalamnya. Namun secara ilmiah ternyata dapat dijelaskan penyebab dari daun bambu hoki menguning yaitu karena disebabkan oleh beberapa hal antara lain sebagai berikut:

  1. Kekeringan : hal ini bisa disebabkan oleh terpaparnya sinar matahari secara langsung dan berlebihan, karena kita ketahui bahwa tanaman bambu hoki tidak mampu bertahan pada daerah yang kondisinya terlalu kering dan kurang air.
  2. Kerapatan : jika tanaman bambu hoki terlalu rapat populasinya maka akan menyebabkan perebutan unsur hara dan air. Tentunya dari hasil perebutan ini akan mengakibatkan sebagain tanaman kalah dan menyebabkan daun menguning. Maka dari itu perlu adanya pemisahan atau juga bisa disebut dengan pemugaran agar populasinya tidak terlalu rapat.
  3. Penyakit : daun bambu hoki menguning bisa disebabkan oleh penyakit yang bernama bercak daun Cercospora. Penyakit ini disebabkan oleh cendawan Cercospora sp. Gejalanya berupa bercak coklat dengan tepi menguning pada daun yang sudah menua. Jika bercak menyatu, akan segera diikuti dengan matinya daun.

Untuk mengatasi dari daun bambu yang menguning ini bisa dilakukan dengan pemberian air / penyemprotan air secara berkala agar tanah tetap lembab dan daun akan tetap segar. Selain itu juga bisa melalukan pemugaran untuk memcah kerapatan populasi dan bisa juga dengan mengganti wadah pot yang lebih besar. Serta untuk penyakit bisa dilakukan pemangkasan pada daun yang menguning agar penyakit tidak merambat atau juga bisa dengan penyemprotan fungisida agar jamur bercak dapat segera hilang dan kering.

Referensi

https://samudrabibit.net/blog/tips-merawat-dan-menanam-bambu-rejeki-agar-membawa-keberuntungan

daun kuning bisa karena kekurangan air atau bisa juga kekurang zat hara. walaupun sering disiram tapi tidak ada zat hara dalam tanahnya, tanaman bisa kekurangan nutrisi. Biasanya daun menguning karena kekurangan magnesium, bisa di coba untuk melakukan pemupukan

Haloo! Setelah membaca jurnal yang berjudul Influence of Light Intensity on Lucky Bamboo Growth (Dracaena sanderiana), salah satu penyebab daun pada bambu hoki menguning adalah karena pengaruh intensitas cahaya yang terlalu tinggi. Oleh karena itu, intensitas cahaya yang ideal untuk pertumbuhan bambu hoki adalah sebesar 1,89 µmol -1 m -2, setara dengan energi lampu pijar 40 watt pada jarak 3 meter. Apabila bambu hoki mendapatkan intensitas cahaya di bawah ukuran ideal, maka dampaknya adalah jumlah akar bambu menjadi sedikit. Sebab, tingkat fotosintesis tanaman dan simpanan karbohidrat mejadi berkurang.

Referensi

Sabet, A. Khasmakhi. (2011). Influence of Light Intensity on Lucky Bamboo Growth (Dracaena sanderiana). Journal of Ornamental and Horticultural Plants. 1(1): 51-54.