Mengapa dalam product map harus menentukan biaya secara top-down?

Dalam menentukan product roadmap baik produk baru ataupun tidak, mengapa harus menentukan biaya secara top-down terlebih dahulu?

1 Like

Ketika produk anda termasuk dalam kategori baru, atau terdapat perubahan, lebih baik menggunakan pengembangan biaya secara bottom up. Hal ini dikarenakan tidak mungkin mendapatkan epos yang tepat dan user stories dari roadmap, mendapatkan estimasi yang benar dari tim, dan secara tepat mengantisipasi kecepatan dan laju perubahan dalam backlog sebuah produk.

“…it can take days—and in some cases weeks—to turn the features into well-defined requirements and to come up with detailed estimates. - Roman Pitchler

Lebih baik, anda tentukan berapa banyak orang dengan keahlian yang diperlukan untuk membuat roadpmap tersebut. Kembangkan produk sejenis atau versi sebelumnya dari produk tersebut. Hal ini dapat memberikan indikasi kebutuhan biaya pegawai yang seharusnya dikeluarkan. LAlu tambahkan biaya untuk fasilitas, infrasruktus, material, lisensi, dan beberapa hal lainnya.

Sumber: