Mengapa dalam membangun sebuah proyek harus mempertimbangkan Measurable Organizational Value (MOV)?

Measurable Organization Value (MOV) merupakan tujuan keseluruhan yang ingin dicapai dari suatu proyek dan mengukur kesuksesan proyek

Mengapa dalam membangun sebuah proyek harus mempertimbangkan Measurable Organizational Value (MOV)?

Measurable Organization Value (MOV) diartikan sebagai sesuatu yang mampu memberi nilai untuk organisasi, yang disetujui dan diverifikasi serta digunakan untuk mengukur sejauh mana sebuah project akan dilaksanakan hingga mencapai keberhasilan.

Sebuah Measure Organization Value (MOV) harus disepakati dalam organisasi. Marchewka menyatakan bahwa semua pemangku kepentingan proyek harus didasari dan di setujui MOV sebelum proyek dimulai. Persyaratan ini mencakup pemangku kepentingan bisnis dan pemangku kepentingan teknologi, seperti analis dan pengembang. Sebelum mengerjakan suatu proyek, mereka harus menyetujui MOV sebagai pengukur keberhasilan proyek selanjutnya. Hal ini akan menjadi bagian yang sulit, ketika satu kelompok dari stakeholder menginginkan/ tertarik dengan MOV yang high level tetapi ketertarikan technology stakeholder untuk membuatnya masih rendah. Hal ini menjadi sangat sulit karena akan menguntungkan sisi bisnis untuk mengelabui atau memanfaatkan ketajaman bisnis dari sisi teknologi dan mengharuskan teknologi membiarkan diri mereka menjadi hakim atas sesuatu yang tidak mereka pahami atau tidak mereka kontrol.

Referensi :
http://www.sheepguardingllama.com/2008/01/overview-of-measureable-organizational-value-mov/

Jack Marchewk, seorang profesor sistem informasi manajemen di Northern Illinois University, mengembangkan metode nilai organisasi terukur terutama sebagai alternatif untuk penggunaan laba atas investasi. Tidak seperti ROI, yang mengevaluasi keberhasilan sebuah proyek dengan membandingkan keuntungannya dengan biayanya, MOV mengukur keberhasilan atau kegagalan sebuah proyek dalam hal dampak yang diinginkan proyek, yang dapat dinyatakan dalam persyaratan finansial atau non finansial. Setiap MOV adalah ukuran yang disepakati dan diverifikasi yang mencerminkan nilai hasil proyek berdasarkan tujuan organisasi. Misalnya, dampak yang diinginkan proyek mungkin untuk menembus pasar baru, memberikan layanan pelanggan yang lebih efisien atau meningkatkan margin produk. Dengan menggunakan MOV, sebuah organisasi dapat memastikan proyek memaksimalkan penggunaan sumber daya perusahaan untuk menghasilkan manfaat strategis, pelanggan, operasional, sosial atau finansial.

Setiap keputusan proyek harus dibuat setelah mempertimbangkan pengaruhnya terhadap nilai organisasi yang dapat diverifikasi dan terukur. Misalnya, jika penambahan fitur situs web baru sedang dipertimbangkan, sebaiknya ditambahkan hanya jika fitur tersebut meningkatkan nilai organisasi terukur. Pembuat keputusan mungkin bertanya apakah fitur tersebut meningkatkan pengalaman pengguna. Dia mungkin juga mempertimbangkan apakah fitur tersebut meningkatkan efisiensi penggunaan situs atau mengurangi biaya pembaruan katalog situs web. Setiap keputusan proyek harus membuat produk akhir lebih baik, lebih cepat, lebih murah atau lebih fungsional.

Tidak seperti mengevaluasi sebuah proyek berdasarkan perkiraan pengembalian investasi, nilai organisasi terukur digunakan untuk mengevaluasi sebuah proyek dalam hal nilai bisnisnya. Misalnya, fitur yang meningkatkan katalog produk yang membuat pembelian pelanggan lebih efisien dapat menyebabkan peningkatan pendapatan. Selain itu, jika fitur mengarah ke pertumbuhan pasar atau jumlah pelanggan yang lebih banyak, hal itu dapat menyebabkan peningkatan penjualan.

Sumber : https://bizfluent.com/info-8352967-measurable-organizational-values.html

Setiap keputusan proyek harus dibuat setelah mempertimbangkan pengaruhnya terhadap MOV yang dapat diverifikasi dan terukur. Misalnya, jika penambahan fitur situs web baru sedang dipertimbangkan, sebaiknya ditambahkan hanya jika fitur tersebut meningkatkan MOV. Pembuat keputusan mungkin bertanya apakah fitur tersebut meningkatkan user experience. Dia mungkin juga mempertimbangkan apakah fitur tersebut meningkatkan efisiensi penggunaan situs atau mengurangi biaya pembaruan katalog situs web. Setiap keputusan proyek harus membuat produk akhir lebih baik, lebih cepat, lebih murah atau lebih fungsional. Oelh sebab itu agar tidak terjadi proyek yang mubazir, maka setiap proyek yang akan dimulai perlu dipertimbangkan denga MOV.

Sumber : https://bizfluent.com/info-8352967-measurable-organizational-values.html

Management of Value (MoV) memberikan panduan penting tentang penggunaan sumber daya yang paling efektif untuk memaksimalkan manfaat dari portofolio, program dan proyek. MoV menggabungkan seperangkat prinsip, proses dan teknik.

MoV mengusulkan sebuah definisi nilai yang mencakup manfaat moneter dan non-moneter, dan berpendapat bahwa subjektivitas nilai meningkatkan kebutuhan untuk dikelola secara aktif. Ini menyediakan metode, didukung oleh teknik, untuk mengalokasikan dana langka seefektif mungkin. MoV telah berevolusi dari praktik pengelolaan nilai di banyak sektor, selama bertahun-tahun. Panduan tersebut menjelaskan metode yang relevan seperti sebelumnya, walaupun penggunaannya sering diabaikan atau salah diterapkan.

Panduan ini dimaksudkan untuk membantu organisasi dan individu menggunakan metodologi yang berhasil dan terbukti untuk melengkapi praktik pengelolaan mereka saat ini, sehingga mereka dapat meningkatkan nilai yang mereka berikan dan memanfaatkan sumber daya dengan lebih baik.

Sumber: https://www.axelos.com/best-practice-solutions/mov/what-is-mov