Mengapa dalam islam laki-laki dilarang memakai perhiasan dari emas?


(abifirmandhani) #1

Dalam hukum islam ada aturan bahwa laki-laki dilarang memakai perhiasan dari emas sedangkan wanita diperbolehkan menggunakannya. Apa penjelasan secara ilmiahnya?


(Iqbal Putra Santosa) #2

Menurut hasil diskusi yang saya lakukan saat mondok, saat seseorang memakai emas maka kandungan zat pada emas akan menembus kulit dan masuk ke dalam darah manusia. Jika laki-laki memakai emas dalam jumlah tertentu dan dalam waktu yang lama, maka dampak yang ditimbulkan yaitu di dalam darah dan urine akan mengandung atom emas dalam prosentase yang melebihi batas. Peristiwa ini juga dikenal dengan sebutan “migrasi emas”. Apabila hal ini terjadi, maka akan mengakibatkan penyakit Alzheimer.
Sedangkan, kenapa wanita diperbolehkan memakai emas? Itu karena pada wanita kandungan emas yang masuk dalam darah dapat dikeluarkan kembali saat haid.

Begitulah allah melarang hambanya, selalu ada hikmah dalam larangannya dan itu untuk kebaikan hambanya sendiri.


(Hetti Marthaningrum) #3

Menurut informasi yang saya dapatkan,
Atom pada emas mampu menembus ke dalam kulit melalui pori-pori dan masuk ke dalam darah manusia. Jika seorang pria mengenakan emas dalam jumlah tertentu dan dalam jangka waktu yang lama, maka dampak yang ditimbulkan: di dalam darah dan urine akan mengandung atom emas dalam kadar yang melebihi batas (dikenal dengan sebutan migrasi emas).

Jika itu terjadi dalam jangka waktu yang lama, maka akan mengakibatkan penyakit Al zheimer. Sebab, jika tidak dibuang, maka dalam jangka waktu yang lama atom emas dalam darah ini akan sampai ke otak dan memicu penyakit Al zheimer.

Alzheimer adalah suatu penyakit dimana penderitanya kehilangan semua kemampuan mental dan fisik, menyebabkannya kembali seperti anak kecil. Alzheimer bukan penuaan normal, tetapi penuaan paksaan atau terpaksa. Di antara mereka yang terkena penyakit Alzheimer adalah Charles Bronson, Ralph Waldo Emerson dan Sugar Ray Robinson.

Lalu, mengapa Islam memperbolehkan wanita untuk mengenakan emas?

Jawabannya adalah, “Wanita tidak menderita masalah ini karena setiap bulan, partikel berbahaya tersebut keluar dari tubuh wanita melalui menstruasi.” Itulah sebabnya Islam mengharamkan pria mengenakan perhiasan emas dan membolehkan wanita memakainya.
source: http://www.salam-online.com/2013/09/alasan-ilmiah-islam-melarang-pria-pakai-emas-2.html


(Priyo Danu Pasopati) #4

Apakah ada penelitian ilmiah yang mendukung teori ini ? Mohon untuk dapat diberikan referensinya, sehingga kita dapat belajar dari penelitian tersebut.

Dalam buku Ibn al-Qayyim, “I’laam al-Muwaqqi’een”, beliau menjelaskan bahwa alasan pria tidak boleh menggunakan emas sebagai perhiasan dikarenakan secara natural (fitrah) tidak untuk laki-laki, yang lebih identik dengan sisi maskulin.

“Allah’s Apostle cursed those men who are in the similitude (assume the manners) of women and those women who are in the similitude (assume the manners) of men.” Imam al-Bukhari

Sama seperti Ibn al-Qayyim, Imam al-Bukhari juga berpendapat bahwa alasan pria haram menggunakan emas sebagai perhiasan, karena pria dilarang berperilaku seperti wanita, dan begitu juga sebaliknya.

Referensi :