Mengapa Customer Research masih menjadi 'High Value' dalam kegiatan bisnis?


Bukankah lebih baik jika tidak memedulikan apa yang pelanggan pikirkan tentang produk yang dijual dan kemudian penjualan akan terus tumbuh? Atau jika bisnis dapat menaikkan harga produk tanpa perlu melakukan pengurangan volume penjualan? Hal itu mungkin saja terjadi, tetapi tidak berlaku pada cara kerja pasar saat ini.

Menurut sumber, pada dasarnya sebelum adanya internet, customer relative tidak memilik power. Customer cenderung lebih bergantung dalam penggunaan produk dan service pada area local yang juga untuk mendapatkan informasi terkait perusahaan atau produk yang dijual melalui agen yang tersebar dari mulut ke mulut. Akan tetapi pada saat ini customer sudah memiliki akses terhadap internet yang tidak hanya untuk membeli sebuah produk dari berbagai belahan dunia, tetapi juga untuk mendapatkan tentang sebuah organisasi dari berbagai sumber online. Customer dapat membaca review atau pendapat suatu produk, sehingga customer dalam membeli atau menggunakan produk atau layanan dapat memilih perusahaan mana yang tepat.

Akan tetapi customer yang bertindak sebagai brand ambassadors dan mengungkapkan bawah kesadaran akan brand bukanlah satu-satunya alas an mengapa customer research dapat bernilai tinggi. Berikut ini terdapat 5 Alasan utama mengapa bisnis harus peduli terhadap apa yang customer pikirkan tentang mereka:

1. Customers make profit possible
Aset fisik, harga saham, pangsa pasar, liquid aser, dll adalah hasil dari uang atau pembelian yang customer keluarkan terhadap suatu produk. Customer sangat memungkinkan untuk menghasilkan profit kepada perusahaan agar terlihat baik terhadap stakeholders.

2. Customer needs provide a competitive edge
Memahami kebutuhan customer yang tidak didapatkan pada perusahaan lain dan memberikan keuntungan terhadap hal lain. Hal tersebut dapat menciptakan sebuah gerbang terhadap segmen pasar baru untuk memperluas produk portofolio dan memperkuat posisi kompetitif.

3. New customers are more expensive than existing ones
Adanya pelanggan baru lebih banyak membutuhkan upaya dalam melakukan periklanan dan pemasaran agar tidak hanya membuat customer sadar tentang akan suatu brand, tetapi juga untuk memberikan wawasan tetntang produk dan layanan yang ditawarkan

4. Customer involvement in NPD
Kreativitas tim pengembangan produk merupakan kunci, akan tetapi menciptakan sesuatu tidak perlu terlalu rumit. Suksesnya suatu proses pengembangan produk dapat diukur performanya dipasaran. Termasuk diantaranya adalah fitur yang paling banyak dicari oleh customer untuk menciptakan pengalaman pengguna yang intuitif.

5. Be ahead of your customers
Kebutuhan pelanggan, ekonomi, dan pasar adalah entitas yang dinamus. Dapat menemukan tanda-tanda awal ketidakpuasan dan memperbaiki masalah tersebut sebelum tersebar. Customer merupakan tempat untuk mendengarkan apa yang penting bagi mereka dan hal tersebut dapat berubah seiring berjalannya waktu.

Reference

https://www.greenbook.org/marketing-research/The-Value-Of-Customer-Research-Why-the-Customer-Is-Still-King-1021617