Mengapa Citra Merek itu Penting bagi Perusahaan?

brand image

Berbagai perusahaan dan pelaku bisnis saat ini sedang berlomba-lomba untuk mencari cara membangun brand image. Citra merek dipercaya sebagai suatu keyakinan atau ide yang dipikirkan seseorang terhadap suatu merek. Merek menjadi bagian penting untuk kesuksesan pemasaran karena merek digunakan untuk membedakan produk perusahaan dengan produk pesaing. Tapi jika hanya memiliki merek saja tidaklah cukup, perusahaan perlu mengembangkan merek supaya dapat memberi kesan positif di benak konsumen.

Menurut Youdics, mengapa citra merek itu penting?

Setiap perusahaan mempunyai citra yang disadari atau tidak telah melekat pada perusahaan tersebut. Tidak sedikit barang atau jasa yang dihasilkan perusahaan begitu kuat citranya di benak konsumennya. Dengan demikian citra merek merupakan salah satu aset terpenting dari perusahaan atau organisasi yang selayaknya terus menerus dibangun dan dipelihara. Citra yang baik merupakan perangkat kuat, bukan hanya untuk menarik konsumen dalam memilih produk atau perusahaan, melainkan juga dapat memperbaiki sikap dan kepuasan pelanggan terhadap perusahaan.

Brand Image yang telah dibentuk oleh perusahaan dan sudah menjadi persepsi konsumen, akan memberikan banyak manfaat. Bukan hanya dapat menjadi senjata untuk unggul dari kompetitor dan memenangkan persaingan bisnis saja. Membangun Brand image pada sebuah produk tersebut tentunya akan membentuk loyalitas konsumen sehingga bisnis semakin besar dan berkembang. Sebab citra atau kesan yang muncul di dalam kepala tersebut akan mempengeruhi preferensi dan keputusan pembelian oleh konsumen.

Citra merek (brand image) adalah kesan konsumen terhadap sebuah merek. Merek menjadi bagian penting untuk kesuksesan pemasaran karena itu bertindak untuk membedakan produk perusahaan dengan produk pesaing, melalui penggunaan nama, istilah, desain, simbol dan fitur lainnya. Tapi, meski berbeda dari pesaing, hanya memiliki merek saja tidak cukup. Perusahaan harus mengembangkan merek sehingga memberi kesan positif di benak konsumen. Kesan positif pada akhirnya akan membuat pelanggan loyal dan bersedia membeli kembali produk di kemudian hari.

Menurut aku citra merek itu sangat penting karena dapat digunakan untuk menarik penlanggan baru, dapat digunakan oleh perusahaan untuk menawarkan harga premium dengan kualitas produk yang terbaik, pembeda antara produk perusahaan dan pesaing, dan juga dengan adanya citra merek sebuah perusahaan akan memiliki segmen pasar tersendiri.

Membangun brand image atau citra merk itu penting untuk dilakukan oleh perusahaan. Brand image menampilkan personalitas unik dan membangun perbedaan antara brand atau produk dari brand lain yang ada di pasaran. Citra merek ini penting karena :

  1. Memberikan identitas yang berbeda, baik itu slogan, lagu, warna, dan brand ambassador yang dipilih dapat mewakili produk suatu perusahaan.
  2. Bisa tetapkan harga tinggi, banyak sekali contoh perusahaan yang pasang harga tinggi karena kampanye brandingnya berujung sukses. Contohnya Apple dengan berbagai produk iPhonenya, Starbucks dengan jejeran minuman kopinya, dan masih banyak yang lainnya.
  3. Branding dapat meningkatkan loyalitas pelanggan, citra perusahaan yang baik adalah cerminan tingginya rasa percaya pelanggan para perusahaan tersebut. Terjalinnya rasa percaya yang baik antara perusahaan dengan pelanggan berpotensi meningkatkan loyalitas pelanggan dan membuat mereka datang lagi dan lagi untuk berbisnis.