Mengapa catur masuk dalam cabang olahraga?

Catur merupakan permainan yang dimainkan pada sebuah papan persegi yang terbagi menjadi 64 kotak, dengan 32 buah catur yang terbagi sama rata dalam kelompok warna terang (“putih”) dan gelap (“hitam”). Permainan ini dimainkan oleh dua orang. Seperti yang kita tahu, permainan catur tidaklah seperti permainan-permainan lain yang juga termasuk kedalam bidang olahraga. Minimnya gerak yang dilakukan oleh para pecatur membuat olahraga ini kerap dipertanyakan kesahihannya sebagai satu cabang. Mengapa bisa permainan catur ini termasuk kedalam cabang olahraga?

Berikut adalah alasannya :

1. Catur Olahraga Otak

Olahraga satu ini memang dikenal sebagai orang olah otak, yang menurut pandangan umum bahwa mampu melatih kemampuan otak. Adapun banyak penelitian yang mengklaim hal tersebut, bahwa permainan ini berkaitan erat pada perkembangan kemampuan otak.

Dalam catur, otaklah anggota tubuh yang berperan. Energy yang dibutuhkan dalam bermain catur sangat tinggi bila pemain serius dalam permainan.

2. Catur Olahraga Strategi

Catur sendiri bisa disebut olahraga strategi. Di olahraga ini mengatur strategi sangat penting karna disinilah puncak pertempuran yang sebenarnya. Strategi yang dilakukan bukan hanya semata melakukan penyerangan tapi juga melihat pergerakan lawan dan tetap menjaga pertahanan

3. Catur Olahraga Yang Mudah Dimainkan

Catur bisa di mainkan di segala usia, mulai dari anak-anak sampai orang tua. Catur itu sangat simpel. Kenali dulu bidakmu, pahami karakternya dan ketahui kekuatannya.

Setelah itu Kita tinggal mengatur strategi dengan cara khas kita sendiri. Dalam melakukan penyerangan juga harus mengetahui teknik-teknik dasar.

Yang terpenting kita mempunyai Plan A, Plan B, Plan C bahkan kita harus banyak menciptakan perencanan apabila rencana-rencana yang kita atur telah gagal.

Sumber