Mengapa Burung Gemar Mandi Debu?


Perawatan bulu adalah prioritas utama bagi semua burung.
Apakah Anda pernah melihat burung berguling-guling di tanah seolah-olah tengah mengalami kejang? Kemungkinan burung itu tengah mandi debu, menggosok tubuhnya dengan semut, atau berjemur, semua itu dilakukan untuk menjaga bulu dan tubuh yang sehat.


Perawatan bulu adalah prioritas utama bagi semua burung. Cara yang paling umum untuk menjaga bulu dalam kondisi yang baik adalah untuk mandi di air dan kemudian bersolek, atau menyisir bulu untuk menjaga kesehatan.

Selain itu, burung juga membersihkan bulunya dengan mandi debu. Mereka mengepakkan sayap dan berguling-guling di tanah kering. Rumah burung pipit terkenal sebagai lap debu. Mandi debu tidak hanya membantu membentuk bulu, tetapi juga dapat membantu membersihkan tubuh dari parasit.

Mungkin, salah satu yang paling efektif, dan tentu paling aneh, cara burung dapat membersihkan diri dari parasit adalah berguling-guling di bukit sarang semut, atau di antara barisan semut. Asam format yang terdapat dalam gigitan semut mengandung jenis pestisida untuk burung.

Berjemur juga dilakukan oleh sebagian burung untuk membersihkan bulunya dari parasit. Perilaku burung yang berjemur tampak begitu aneh karena orang sering berpikir bahwa burung tersebut sakit sakit. Panas matahari sering menyebabkan burung bertumpu pada perutnya, sayapnya terkulai, bulu ekor mekar membentuk kipas, dan tubuhnya bersandar ke satu sisi. Burung mungkin terlihat menatap matahari dan menghirup napas seolah-olah itu akan mati. Seperti pergi ke klub kesehatan, dibutuhkan banyak perjuangan untuk mempertahankan tubuh yang sehat.