Mengapa bunga verbena di Semeru disarankan untuk dipetik?

bunga verbena
Kamu yang pernah mendaki Gunung Semeru pasti pernah melihat hamparan bunga berwarna ungu. Itu bukanlah bunga Lavender, melainkan Bunga Verbena yang indah. Mengapa Bunga verbena di Semeru disarankan untuk dipetik?

Bunga cantik yang satu ini ternyata bersifat invasif dan bisa mengancam ekologis yang ada di Oro-oro Ombo. Dengan kata lain, tanaman asli dari Amerika Selatan tersebut bisa mengancam spesies tanaman lainnya yang ada disana.

Di balik keindahannya, bunga ini berpotensi merusak ekologi karena menyerap air sangat banyak dan cepat membuat daerah di sekitarnya kekeringan. Jika tidak dikendalikan, dikhawatirkan bunga Verbena akan menguasai habitat asli Oro-Oro Ombo. Saat ini, Verbena sudah menguasai sekitar 20 hektar kawasan Oro-Oro Ombo.
Verbena inilah salah satu penyebab bunga Edelweis mati. Untuk mengendalikan penyebarannya dengan cara memanen bunga sebelum buahnya masak juga mengurangi resiki penyebaran biji.
Pihak pengelola TNBTS sangat merekomendasikan untuk memetik bunga Verbena Brasiliensis Vell, namun tidak boleh di bawa pulang dikhawatikan tercecer sepanjang jalan dan malah jadi membantu penyebaran Verbena. Ironisnya masih banyak di kalangan para pendaki yang membawanya turun ke danau ranukumbolo ataupun malah di bawa pulang