Mengapa Bunga Sedap Malam wangi?

mitos sedap malam

Kadang bau wangi-wangian pada malam hari juga diasosiasikan dengan hal-hal mistis. Apakah bau wangi pada malam hari pertanda ada makhluk halus?

Bunga sedap malam atau Polianthes Tuberosa terkenal akan aroma wanginya yang dapat kita cium pada malam hari. Kadang bau wangi-wangian pada malam hari juga diasosiasikan dengan hal-hal mistis. Pada umumnya semua bunga mengeluarkan aroma yang khas sesuai dengan jenis bunganya. Tumbuhan mengandung minyak atsiri yang terdapat di bagian daun, batang, dan juga bunganya. Setiap tumbuhan memiliki kandungan minyak atsiri yang berbeda, sehingga aromanya berbeda-beda pula. Ketika bunga mekar, minyak atsiri yang terkandung dalam bunga menguar ke udara sehingga bau wangi tercium lebih menyengat.

Bunga sedap malam mekar pada malam hari, sehingga aroma wanginya juga akan tercium pada malam hari. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi mekarnya suatu bunga, di antaranya yaitu suhu, kelembaban, dan cahaya. Pada bunga sedap malam, cahaya berpengaruh pada pergerakan selnya. Gerak tumbuhan yang dipengaruhi oleh rangsang gelap disebut skototropisme. Hal ini yang menyebabkan bunga sedap malam mekar pada malam hari. Ada alasan lain yang menyebabkan bunga sedap malam mengeluarkan aromanya pada malam hari, yaitu akibat reaksi fotosintesis.

Fotosintesis terdiri dari dua reaksi, yaitu reaksi terang dan reaksi gelap. Reaksi terang adalah reaksi fotosintesis yang memerlukan cahaya sehingga biasanya berlangsung pada siang hari. Sedangkan reaksi gelap adalah reaksi fotosintesis yang tidak memerlukan cahaya, melainkan membutuhkan karbondioksida. Reaksi gelap terjadi pada malam hari. bunga sedap malam mengeluarkan aroma wangi pada malam hari karena munculnya zat hasil fotosintesis yang terjadi antara reaksi oksigen dengan senyawa-senyawa kimia lainnya. Zat ini bersifat volatil atau mudah menguap sehingga ketika menguap akan menyebarkan aroma yang khas.

Sumber:
sains.me