Mengapa Bunga Matahari Bergerak Mengikuti Matahari?

Bunga matahari

Bunga matahari mendapatkan namanya karena bentuknya yang seperti Matahari. Selain itu, bunga ini juga bergerak mengikuti arah Matahari. Mengapa bunga berwarna kuning itu selalu menghadap ke Matahari?

Bunga matahari disebut bersifat heliotropis, yang bergerak mengikuti arah datangnya sinar matahari. Hormon auksin adalah penyebab mengapa bunga matahari ikut bergerak bersama dengan arah datangnya sinar matahari. Hormon ini adalah hormon pertumbuhan yang memberi pengaruh pada pergerakan ini.

Menghadap ke timur

Bunga matahari yang sudah mekar penuh tidak lagi memiliki sifat heliotropis. Bunga bernama ilmiah Helianthus annus itu tidak lagi bergerak seiring matahari. Bunga-bunga itu akan menghadap ke timur, ke arah matahari terbit, terlihat seperti menyambut terbitnya matahari pagi.

Terlihat lebih jelas oleh serangga

Bunga matahari yang menghadap ke sumber cahaya akan terlihat lebih jelas oleh serangga. Serangga-serangga yang terbang dan hinggap di bunga matahari memang diperlukan untuk membantu penyerbukan. Biji bunga matahari juga akan terlihat lebih jelas. Biji-biji itu akan menarik perhatian makhluk-makhluk lain yang kemudian tanpa sengaja menyebarkannya.