Mengapa bisnis PIN konveksi dikatakan ilegal?

bisnis

(Vivian Dzikriany Azis) #1

Saya seringkali mendapat pesan promosi dari banyak OA di LINE mengenai bisnis yang bisa membuat saya seketika bisa menjadi jutawan. Saya tidak tahu bisnis seperti apakah itu. Namun begitu saya selidiki, saya mendapat informasi bahwa bisnis tersebut salah satunya berasal dari bisnis PIN konveksi. Saya tidak tahu betul apa itu bisnis PIN konveksi dan bagaimana proses penjualan pin tersebut kepada masyarakat. Beberapa orang mengatakan bahwa bisnis tersebut merupakan bisnis ilegal. Yang saya pertanyakan adalah apa, bagaimana, dan mengapa bisnis tersebut dikatakan ilegal?


(Hetti Marthaningrum) #2

Menurut informasi yang saya dapatkan, pin konveksi adalah kumpulan pin distributor atau produsen (pabrik) yang menjual barang seperti distributor baju, tas, sepatu, boneka, matras, gamis, jilbab, wedges, jeans, kaos, celana, jam tangan, kosmetik, parfum, smartphone, barang import-lokal dan produk lainnya yang sudah dikumpulkan dalam 1 file. Jadi dengan adanya pin konveksi kita bisa beli barang dengan harga murah banget karena langsung dari produsennya, dan kita juga bisa jual ulang pin itu untuk mendapatkan laba. Dengan menjadi reseller pin konveksi kita tidak akan rugi, karena modal hanya 1x untungnya berkali-kali. Dan pin konveksi ini sangat cocok untuk pebisnis atau reseller olshop, karena harga barang yang dijual sangatlah murah jadi bisa mengurangi biaya pengeluaran kita.

PIN konveksi ini adalah sebuah modus penipuan, kenapa saya katakan penipuan? bayangkan saja anda harus merogoh kocek hingga ratusan ribu rupiah hanya untuk beberapa PIN yang keabsahanya (validitasanya) belum jelas. Kenapa saya bilang belum jelas? simpel saja, apa ada jaminan semua PIN yang di berikan adalah PIN asli, yang aktif? tidak ada jaminan bukan? nah di situ letak penipuanya. kadang pin yang di berikan hanya PIN reseller saja, ada pula PIN antah brantah dari seseorang yang tidak di kenal bukan seller, atau bahkan PIN tersebut tidak pernah di terima, karena memang bukan konveksi. (source: https://jildhuz.com/2016/03/12/penipuan-pin-konveksi)

Setelah saya pahami lebih lanjut tentang bisnis pin konveksi saya mulai mengerti kenapa bisnis pin konveksi ini dikatakan ilegal. Yaitu karena dalam bisnis ini tidak diketahui siapa yang akan bertanggung jawab apabila terdapat komplain dari costumer, terlebih lagi pin-pin yang dijual tersebut juga tidak bisa dipastikan kebenarannya.


(Vivian Dzikriany Azis) #3

Terima kasih banyak atas informasinya yang sangat bagus, mbak Marthaningrum. Sekarang saya memiliki sebuah pertanyaan lagi. Selain karena sebuah bisnis menjual sesuatu yang tidak bisa dipertanggung jawabkan darimana asalnya dan tidak adanya pelayanan yang baik untuk pelanggan, apa saja yang membuat sebuah bisnis dikatakan sebagai bisnis ilegal? Dan apa hukuman yang akan diterima oleh orang-orang yang menjalani bisnis ilegal tersebut terkait dengan hukum yang berlaku?


(Joel Silalahi) #4

Menurut pengalaman saya, karena saya sendiri juga menggeluti bisnis tersebut, bisnis tersebut bukanlah sebuah bisnis ilegal, karena saya sendiri , saya membuka online shop dibidang peralatan alat-alat kampus . Memang benar bisnis databaase konveksi tersebut adalah data dari seluruh konveksi yang ada di indonesia , Jadi ketika kita ingin membuka sebuah usaha online , kita dapat menggunaan data yang kita dapat dan langsung menghubungi pihak konveksi tersebut sehingga harganya pun lebih murah dibbandingkan menjadi reseller kepada orang lain. Biar saya jelaskan, yang pertama, bisnis ini bukan MLM, tidak ada target penjualan , tutup point, rekrut kanan kiri ataupun sistem level, kita hanya menjual sebuah database tempat produksi dan penyalr tangan pertama segala kebutuhan duniawi, mulai dari sangan , papan, dan sandang.
yang kedua, ini adalah usaha dibidang bisnis online dan baru berdiri dan diresmikan pada bulan februari tahun 2016 ini. Sudah ada kok surat legalitas bisnis yang saat ini hanya dipegang oleh owner/ pemegang hak bisnis yang tidak bisa saya sebutkan namanya dan kenapa surat legalitasnya tidak diperlihatkan? ya tentu agar tidak disalahgunakan oleh orang-orang yang bertanggung jawab.Beliau yg pertama kali memperkenalkan bisnis ini dan mendatangani ratusan pabrik pabrik tersebut, jadi kontak2nya dapat dijammin aktif semua. saya tidak tahu apakah anda sudah melihat dengan langsung data tersebut atau tidak , atau bahkan hanya mendengar opini teman saja yang mungkin teman anda pernah ditipu oleh data yang palsu dan lain lain sehingga bertanya apakah bisnis ini ilegal atau tidak. Maka dari itu jawaban yang dapat sampaikan adalah tidak benar jika bisnis ini ilegal karena saya sudah menjalani bisnis ini dan tentunya bertanya langsung kepada supplier - suppliernya, Terimakasih