Mengapa Besi dan Keramik terasa dingin saat disentuh?

keramik

Coba kamu pegang benda yang terbuat dari keramik atau berdirilah di atas lantai keramik yang ada di rumahmu. Terasa lebih dingin juga kan? Kenapa bisa begitu ya?

Benda-benda itu tidak benar-benar dingin. Benda-benda itu memiliki suhu yang sama seperti benda-benda di sekitarnya, yaitu pada suhu kamar (25 derajat Celsius). Karena suhu tubuh kita umumnya 37 derajat Celsius, benda apapun yang bersuhu kamar (lebih rendah dari suhu tubuh kita) akan terasa dingin saat kita sentuh.

Tapi, mengapa benda-benda besi dan keramik terasa lebih dingin dari lainnya? Ini karena kedua benda tersebut merupakan penghantar panas (konduktor) yang baik. Karena benda konduktor akan mudah mengalirkan panas dari tubuh kita ketika disentuh. Semakin cepat sebuah benda mengalirkan panas dari tubuh kita, semakin terasa dingin benda tersebut.

Kalau begitu, benda-benda konduktor lain pun juga terasa dingin? Tentu saja. Semua benda logam yang merupakan penghantar panas yang sangat baik juga akan terasa dingin saat kita sentuh. Demikian pula marmer dan kaca yang merupakan penghantar panas yang cukup baik, meskipun tidak sebaik logam.

Sumber:
Sains.me