Mengapa banyak orang yang tertarik menggunakan iPhone daripada Android?


(Kera Ngalam Ongis Nade) #1

image

Dibalik rasa tertarik pada suatu barang pasti diikuti dengan alasan-alasan yang mendukung, termasuk orang-orang yang menyukai iPhone. Meskipun mahal tetapi banyak orang yang masih saja tetap tertarik pada iPhone, selain mahal iPhone juga bisa dibilang mempunyai aplikasi yang lebih sedikit daripada android. Lalu mengapa banyak orang yang tertarik pada iPhone ?


(Muhammad Jordan Farrell) #2

Tak bisa dipungkiri bahwa iPhone juga menjadi pilihan yang jadi idola. Apalagi, Apple resmi mengumumkan tiga smartphone terbaru mereka, yaitu iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X (dibaca “iPhone ten”) kemarin.Ketiganya sama-sama memiliki tubuh yang terbuat dari kaca, tetapi berbeda ukuran layarnya. Khusus iPhone X, Apple meniadakan tombol “Home” pada ponsel pintar tersebut.⠀Meski harganya mahal, antusiasme masyarakat terhadap produk-produk iPhone tidak lantas surut. Berikut ialah 12 alasan kongkrit kenapa orang lebih memilih menggunakan i phone daripada android.

1. Celah Keamanan

Konon kabarnya, keamanan iPhone sangatlah tinggi. Itulah sebabnya bagi mereka yang sangat aware dengan keamanan data yang tersimpan di smartphonenya akan menjadi alasan beli iPhone. Dan bukan rahasia jika Android dikenal sebagai smartphone yang rentan memiliki celah keamanan, apalagi jika Android kamu sudah root

2. Ancaman Malware

Pengguna Android memang diuntungkan dengan kemudahan install aplikasi dan banyaknya pilihan toko aplikasi men-download beragam aplikasi untuk Android kamu. Namun, banyaknya toko aplikasi ini justru menjadi gudang virus dan malware, karena aplikasi yang diinstal tidak berasal dari sumber yang tidak terpercaya.

Berbeda dengan iPhone yang hanya bisa mendownload aplikasi dari App Store, dan aplikasi yang masuk telah dikurasi dengan baik. Jadi dijamin lebih aman. Tak heran jika isu keamanan ini membuat orang lebih memilih iPhone dibanding Android.

3. User Interface dan Experience

Pernahkah kamu menggunakan iPhone? Jika iya, maka kamu akan menemukan tampilan dan cara penggunaan yang sama baik itu di iPhone 4, iPhone 5 atau iPhone 6. Tidak perlu bingung dengan cara penggunaannya lagi. Berbeda dengan Android yang diproduksi oleh banyak vendor, tampilan User Interface antar vendor pasti berbeda. Ada Stock UI, MIUI, VIBE UI, dan lainnya yang berbeda satu sama lainnya.

Belum lagi fungsi tombol akses di Android yang juga berbeda, sehingga kadang cara screenshot di Android pun berbeda-beda. Bahkan cara mengakses recent apps antar Android pun selalu berbeda. Nah, untuk orang yang gak mau pusing, pasti lebih memilih iPhone.

4. Terlalu Banyak Nama Versi Android

Dari versi Alpha atau Android Apple Pie, hingga Android Npugat yang terbaru, mampukah kamu menyebutkannya? Saking banyaknya versi Android, banyak pengguna Android sendiri yang bahkan bingung apa bedanya Android versi satu dengan versi yang lain.

Bahkan, ada kalanya satu aplikasi atau game tidak support untuk sistem operasi Android tertentu. Karena tidak ingin bingung oleh banyaknya macam nama Android dan pusing dengan kompatibilitas perangkatnya, beberapa orang lebih memilih membeli iPhone dibanding Android.

5. Dukungan Update Sistem Operasi

Tahukah kamu, bahwa iPhone 5 yang dibekali dengan sistem operasi iOS 6 itu masih support untuk di-upgrade ke iOS 9.2? Ini membuktikan bahwa Apple masih tetap memberikan dukungan update sistem operasi terbaru, bahkan untuk perangkat yang sudah lama sekalipun. Dan semuanya bisa dilakukan tanpa harus Jailbreak.

Belum lagi dukungan update sistem operasi dilakukan Apple secara merata dan sekaligus. Maka tak heran jika iOS 10 yang diperkenalkan hampir bersamaan dengan Android Nougat 7.0 telah digunakan hampir lebih dari 75% penggunanya. Sementara Android Marshmallow yang diperkenalkan pada bulan September 2016 silam baru diserap sedikit perangkat Android.

Pada smartphone Android rata-rata hanya mendapatkan maksimal 2 kali update dukungan sistem operasi. Meski demikian, beberapa vendor memang masih tetap menyediakan dukungan update terbaru, tapi tidak lagi menjadi prioritas.

6. Sistem Operasi Lebih Efisien

Disadari atau tidak, banyak program di Android justru membuat smartphone yang kamu gunakan menjadi berat. Bahkan RAM 3GB pun akan selalu kurang di Android. Itu karena manajemen sistem operasi Android belum se-efisien sistem operasi yang digunakan iPhone.

Itulah mengapa iPhone hanya butuh RAM 1GB sementara Android sudah lebih dulu menggunakan RAM 3GB Meski sekarang iPhone pun sudah mulai menggunakan RAM 3GB, tapi Android sudah menggunakan RAM 6GB.

7. Aplikasi Selalu Lebih Dulu Ada di iPhone

Memang bukanlah hal yang terlalu menjadi masalah saat aplikasi menarik lebih dulu ada di iPhone, karena kadang kala ada aplikasi menarik yang lebih dulu ada di Android. Cuma kamu tak bisa memungkiri, bahwa banyak aplikasi menarik justru awalnya ada di iOS lebih dulu. Seperti Instagram, Path, Facebook’s Paper, Facebook’s Moment, dan Periscope.

Bahkan tak jarang, aplikasi yang sudah ada di Android pun, saat ada fitur baru selalu menghampiri pengguna iOS lebih dulu. Seperti fitur broadcast dari GoPro yang hanya ada untuk Periscope di iPhone, atau menghubungkan Nike+ dengan akun Path.

8.Serba Simpel, Ringan, Elegan

Simplicity merupakan kekuatan dari produk-produk besutan Apple. Mulai dari desain hingga sistem operasi, semuanya serba simpel, ringan, dan elegan. Buktinya, iPhone lahir hanya dengan satu tombol “Home” saja di layar sentuhnya. Kepraktisan inilah yang menjadi ciri khas produk ciptaan Steve Jobs ini. Malah, kini Apple menghilangkan tombol “Home” pada iPhone X.

Begitu pun dengan sistem operasi. Buktinya, hampir tidak ada istilah iPhone lambat atau nge-lag seperti yang sering terjadi pada smartphone Android. Kita bisa tetap membuka semua aplikasi dan iPhone akan tetap beroperasi dengan mulus.

9.Bisa Langsung Update Sistem Operasi

Ada berapa “jilid” seri Android yang Sobat Home Credit tahu? Mulai dari sistem operasi Jelly Bean, Eclair, Gingerbread, KitKat, Lollipop, hingga Oreo, semuanya memiliki kesamaan. Apakah itu? Kita sama-sama harus membeli smartphone baru untuk menikmati versi Android teranyar.

Tentu merepotkan bukan, bila harus tetap membeli smartphone baru setiap kali Android memperbarui sistem operasinya?

Di sinilah letak keistimewaan iPhone. Meski terus melakukan pembaruan setiap tahunnya, kita tetap bisa menikmati sistem operasi iPhone terbaru di HP yang sama, tanpa harus melakukan Jailbreak seperti di Android.

10. Aplikasi yang Terbaik

Banyak aplikasi yang terbaik dirilis terlebih dahulu di iPhone, bukan di smartphone Android. Seperti Instagram, Path, hingga Facebook’s Moments. Seru kan menikmati aplikasi menarik dan populer lebih dulu sebelum dinikmati seluruh pengguna smartphone di dunia?

11.Produk Ekslusif (Premium)

Alasan terakhir orang membeli iPhone ialah kesan premium dari produk itu sendiri. iPhone diproduksi secara ekslusif oleh Apple semata. Harga iPhone yang lebih mahal juga memberikan kesan bergengsi bagi penggunanya.

Sementara itu, Android hadir dengan range harga yang beraneka ragam dari vendor yang berbeda-beda. Begitu pula aksesorisnya. Aksesoris iPhone bisa digunakan untuk segala jenis iPhone. Berbeda dengan aksesoris Android yang kadang tidak tersedia untuk tipe tertentu.

sumber :


(Amanda wibawa) #3

iPhone adalah salah satu merk smartphone yang banyak diminati oleh masyarakat. iPhone sendiri dirancang sekaligus dipasarkan oleh Apple Inc. Smartphone ini pertama kali diluncurkan pada tanggal 29 Juni 2007, dan terus merilis iphone terbaru dengan perkembangan perkembangan yang ada. Meskipun harga iPhone tergolong tinggi jika dibandingkan dengan smartphone lain, tetapi iPhone tetap laris diburu. Yang paling terbaru iPhone merilis 3 produk terbarunya, yaitu iphone 8, iPhone 8 plus dan iPhone X atau iPhone Ten.
Banyak alasan-alasan yang menunjang ketertarikan masyarakat pada smartphone ini. Berikut adalah beberapa kemungkinan alasannya :

Aplikasi Terbaik
Di iPhone mempunyai berbagai aplikasi aplikasi keren yang dapat digunakan. Banyak juga terdapat aplikasi terbaik dirilis terlebih dahulu di iPhone lalu baru di rilis di smartphone android. Contoh aplikasi yang dirilis dahulu di iPhone seperti Instagram, Path, Facebook’s Moments hingga periscope. Selain aplikasi, terkadang fitur-fitur baru pada aplikasi juga terlebih dulu ada di iPhone daripada di android. Jadi, dengan membeli iPhone pengguna dapat menggunakan aplikasi terbaik tersebut terlebih dahulu, daripada orang yang menggunakan android.

Produk Eksklusif
iPhone hanya diproduksi oleh apple, dengan jumlah yang tidak terlalu banyak. Aksesoris iPhone dapat digunakan oleh semua jenis iPhone. Sedangkan aksesoris pada Android sering tidak tersedia di tipe-tipe tertentu. Selain itu harga iPhone yang lumayan besar, juga dianggap sebagai kemewahan dan terkesan bergengsi bagi pemiliknya. Berbeda dengan Android yang harganya dapat berbeda-beda tergantung pada vendor yang berbeda-beda. Tidak heran jika produk-produk iPhone terbilang eksklusif daripada merk smartphone lain.

Sistem Operasi
Di smartphone iPhone jika membeli iPhone dengan tipe yang lama, pengguna dapat memperbarui sistem operasi dengan mudah secara langsung tanpa membeli iPhone dengan tipe yang terbaru. Berbeda dengan Android, jika pengguna ingin memperbarui sistem operasi maka pengguna harus membeli smartphone android baru yang memiliki sistem operasi yang diinginkan. Contohnya saja sistem operasi kit kat pada android dan pengguna menginginkan sistem operasi yang terbaru oreo. Pengguna tidak bisa memperbarui sendiri melainkan harus mengganti smartphone nya dengan yang versi lebih baru. Dengan menggunakan iPhone jika ada perbaruan sistem operasi setiap tahunnya, pengguna tidak perlu mengeluarkan uang lagi untuk membeli iPhone yang terbaru.
Image result for iphone sistem operasi

Simpel dan Ringan
Dapat dilihat dari desain, hingga sistem operasi, semuanya serba simpel, ringan, sekaligus elegan. Contohnya saja tombol Home pada iPhone, dari awal rilis sampai sekarang iPhone tetap menggunakan satu tombol tombol Home. Dan sekarang pada iPhone keluaran terbaru yaitu iPhone X, pihak iPhone menghilangkan tombol Home pada smartphone tersebut jadi terlihat lebih simpel. Di sistem operasi pada iPhone, jarang sekali pengguna mengeluhkan smartphone mereka mengalami lemot atau nge-lag yang berlebihan. Berbeda dengan Android yang sering sekali mengalami hal-hal seperti itu. Tentu saja itu sangat merugikan bagi pengguna.

Keamanan
Produk iPhone memiliki kemanan yang sangat tinggi termasuk iPhone. Karena itulah data-data yang tersimpan di dalam iPhone dapat terjaga dengan baik. Berbeda dengan Android yang keamanannya sering meragukan, hilangnya data pada Android sudah sangat banyak kasusnya. Apalagi jika pada Android yang sudah di root. Apalagi jika itu data yang penting tentu pengguna akan dirugikan.
Image result for iphone keamanan

Virus Malware
Banyaknya aplikasi yang tersedia dan juga beragam pilihan toko aplikasi yang ada di Android, tidak jarang malah mengundang banyak virus masuk. Memang dengan adanya beagam pilihan toko aplikasi di Android pengguna dapat diuntungkan dengan bisa memilih aplikasi sesuai keinginan, tetapi malah membuat kemungkinan virus atau malware masuk lebih besar. Hal itu dapat terjadi karena aplikasi yang diunduh tidak dari sumber yang jelas atau terpecaya. Berbeda dengan iPhone yang mempunyai toko aplikasi hanya satu dan aplikasi yang sudah terpecaya juga.
Image result for iphone virus malware

SUMBER:

https://www.homecredit.co.id/Blog/Pembiayaan-Konsumen/September-2017/Ini-Alasan-Kenapa-Orang-Lebih-Memilih-iPhone-Ketim
https://id.wikipedia.org/wiki/IPhone


(Ajirizky Priagus Sunutama Ashshidiq) #4

iPhone merupakan salah satu smarphone buatan Apple. Hampir sebagian umat manusia yang ada di dunia ini memakai iPhone. Dan yang baru-baru ini, pihak Appel bahkan mengklaim iPhone seri X (beberapa waktu lalu baru diluncurkan) smartphone paling canggih yang ada di dunia ini. Dan tak sedikit pula orang yang ingin membeli iPhone seri X. Lantas apa yang membuat orang-orang lebih tertarik menggunakan iPhone ? Nah, beberapa alasan inilah yang membuat iPhone mengungguli smartphone lain.

  1. Gengsi
    Alasan yang paling utama kenapa orang lebih memilih iPhone adalah rasa gengsi / harga diri. Menurut beberapa pendapat orang, memiliki iPhone itu serasa memiliki dunia. Dan ditambah lagi dengan logo Apple yang membuat orang-orang lebih mengutamakan rasa gengsi. Apalagi dengan harga iPhone yang menjulang tinggi, memungkinkan gengsi tersebut akan bertambah besar.

  2. Fitur Keamanan
    Hasil gambar untuk keamanan iphone
    Dengan fitur keamanan ini membuat iPhone jarang sekali terkena hacking. Data-data yang tersimpan didalam akun iPhone ini hanya dapat diakses oleh pengguna iPhone itu sendiri. Berbeda dengan android, satu akun iPhone hanya bisa masuk ke satu iPhone saja, sedangkan android satu akun bisa masuk ke lain smartphone.

  3. Tampilan Interface

    Interface yang digunakan oleh pihak Apple ini sangat sederhana, hanya dengan menggeser layar untuk melihat semua aplikasi. Berbeda dengan android, yang diharuskan men-tap menu hanya untuk melihat semua aplikasi. Dengan kesederhanaan tampilan interface ini membuat orang-orang lebih mudah untuk menjangkaunya.

  4. Desain Body


    Desain iPhone ini dibuat dengan sangat sederhana dan hampir tidak ada perubahan yang berarti di setiap seri terbarunya. Namun dengan desain yang terbilang sangat sama, menjadikan iPhone mudah dikenali karena desain iPhone yang sangat sederhana namun tetap indah. Dan juga diberikan tombol home dibawah layar menambah kesan elegan. Apalagi android yang keluaran terbaru hampir seluruh desain body-nya meniru desain buatan Apple.

  5. Kinerja Lebih Efisien

    Disadari atau tidak, banyak program di Android justru membuat smartphone yang digunakan menjadi berat. Bahkan dengan RAM 3GB pun akan selalu kurang di Android. Dan walaupun iPhone menggunakan ram yang lebih kecil ketimbang android yang super, kinerja iPhone lebih baik daripada android tersebut. Itu karena manajemen sistem operasi Android belum se-efisien sistem operasi yang digunakan iPhone.

Sumber :




(Tevepedia) #5

Pertama masalah gengsi/harga diri, orang Indonesia itu gengsinya tinggi. Belum disebut orang kaya kalau belum punya iPhone.

Kedua masalah ekslusifitas, ingin berbeda dari yang lain. dikarenakan fitur-fitur apple memang terkenal khas contohnya siri.

semuanya berujung kepada Eksklusif dan hanya untuk Orang yang merasa Kaya


(Andi Putz) #6

Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Kelebihan iPhone dibandingkan android:

  • User interface yang simple
  • Mudah untuk digunakan
  • Terlihat lebih mewah dan elegant
  • Lebih aman dibandingkan android
  • Jaminan selalu mendapatkan update OS (selama masih disupport)
  • Kamera yang lebih unggul
  • Kemudahan dalam mencari jasa spesialis perbaikan iPhone

Kekurangan iPhone:

  • Harga cenderung lebih mahal
  • Kurangnya variasi jenis/model iPhone
  • Tidak bisa dikustomisasi/personalisasi
  • Siri kalah satu lengkah dengan Google Voice Assistant
  • Kapasitas penyimpanan hanya 5 GB untuk akun iCloud yang gratis

Kelebihan android dibanding iPhone:

  • Umumnya harganya lebih murah dibandingkan iPhone
  • Bisa dikustomisasi/personalisasi sesuka hati dan sesuai selera
  • Pilihan jenis dan merk smartphone android yang banyak variasinya
  • Google voice assistant yang lebih superior dibandingkan Siri
  • Lebih banyak pilihan aplikasi
  • Kapasitas penyimpanan 15 GB untuk akun GDrive yang gratis ditambah kapasitas sebesar unlimited khusus untuk file jenis foto di Google photos

Kekurangan android:

  • Dikarenakan banyaknya jenis smartphone android, alhasil ada beberapa jenis dan merk smartphone android yang terkesan murahan
  • Tidak semua pengguna smartphone android bisa mendapatkan update OS terkecuali didukung dari pabrikan smartphone tersebut
  • Memiliki celah keamanan yang lebih banyak apabila dibandingkan dengan iOS/iPhone
  • Hasil foto yang kurang bagus apabila dibandingkan dengan iPhone
  • Sulitnya mencari ketersediaan spare part dan juga jasa spesialis perbaikan android

Sumber: https://arepair.id/iphone/beli-iphone-atau-android/