© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Mengapa banyak orang yang terjebak dalam penawaran yang ditawarkan oleh bitconnect ?

Bitconnect merupakan perusahaan yang melakukan penggalanan dana melalui Cryptocurrency yang sempat naik daun saat diadakannya hype investasi bitcoin. Bitconnect menjanjikan keuntungan besar tergantung dengan seberapa besar dana dan berapa lama waktu investasi. ternyata apa yang ditawarkan Bitconnect merupakan investasi bodong.

chart bitconnect

  • Grafik nilai cryptocurrency BCC milik BitConnect.

Saya masih bingung , mengapa banyak orang terlena dengan penawaran investasi seperti itu ? Dan Bagaimana kita dapat mengurangi risiko dari investasi bodong pada cryptocurrency ?

Cryptocurrency seperti Bitcoin merupakan mata uang virtual yang nilainya sangat fluktuatif. Terkadang ada sebuah kasus dimana crypto bernilai $0.10 menjadi $70 dalam waktu satu malam. Namun ada juga kasus sebaliknya, dimana crypto bernilai $300 menjadi $40 dalam waktu satu jam. Orang-orang lebih banyak memperhatikan kasus pertama, dan ketika mereka berinvestasi secara besar mereka juga ingin mendapat keuntungan besar dalam waktu yang singkat.

Bitconnect mengetahui fakta ini, dan ia juga mengkapitalisasi boomingnya investasi cryptocurrency pada 3 bulan terakhir (November 2017). Bitconnect menjanjikan tingkat pengembalian yang luar biasa besar dan berbanding lurus dengan periode pengembaliannya (makin besar investasi makin cepat pengembaliannya. Contohnya, konon dengan menginvestasikan $10.000 selama 3 bulan investor akan mendapatkan kembali modal sebesar 40% tiap bulan, dengan bonus harian 0.20%. Namun, menurut Vitalik Buterin, CEO Etherin, Bitconnect melakukan Skema Ponzi justru karena penawaran mereka yang secara statistik tidak realistis.

Berikut merupakan tingkat pengembalian investasi cryptocurrency menggunakan platform mereka (BCC).

Alat penghasil keuntungan mereka (dikenal umumnya sebagai Volatile Trading Software) yang mereka isukan merupakan sumber dari keuntungan balik bagi investor ternyata palsu. Untung kembali yang akan diberikan untuk investor oleh BitConnect ternyata merupakan uang dari hasil investor lain. Fakta ini, sekaligus ditambah dengan fitur multi-level referral mereka yang mirip dengan skema piramida diketahui terlambat sehingga sudah terlalu banyak investor yang terjebak.

Banyaknya orang yang terlena dengan penawaran mereka adalah karena banyaknya orang awam yang tidak mengetahui fakta-fakta ini. Banyak orang yang terkena skema ponzi karena dibutakan oleh keuntungan besar dalam waktu yang sedikit dan tidak memperhitungkan bahwa untung kembali dari investasi yang ditawarkan Bitconnect tidak mungkin dapat dilakukan. Sebagai gantinya mereka mengalami kerugian besar dan ketakutan akan investasi cryptocurrency.

Saran saya, sebelum investasi cryptocurrency investor harus :

  1. Mengetahui seluk beluk cryptocurrency
    Apa itu cryptocurrency, bagaimana cara kerjanya, apa yang harus dilakukan untuk 'menambang’nya, dst.

  2. Mencari tahu latar belakang perusahaan yang menawarkan cryptocurrency
    Perusahaan yang menawarkan ICO (Initial Coin Offering) biasanya menawarkan konversi mata uang asli dengan cryptocurrency atau sebaliknya. Sebelumnya kita harus memverifikasi apakah mereka benar-benar menawarkan uang virtual yang dapat mengembalikan keuntungan dengan laju yang realistis

  3. Menghitung risiko investasi cryptocurrency
    Seperti yang sudah dijelaskan, karena cryptocurrency merupakan mata uang virtual dengan nilai yang sangat fluktuatif, seorang investor harus tahu kapan ia men-deposit uang mereka dan kapan mereka harus menjualnya. Mempelajari investasi konvesional sangat membantu dalam pengambilan keputusan dalam investasi cryptocurrency.

Diharapkan dengan tiga langkah tersebut orang-orang tidak takut dalam menginvestasikan uangnya dalam cryptocurrency.

Sumber referensi :

Bitconnect has been accused of running Ponzi’s Scheme

Ponzi’s Scheme on Cryptocurrency

Bacaan lanjut :

Understanding ICO, Bounty and Airdrop in Cryptocurrency

Terkadang banyak orang yang beranggapan bahwa bitcoin atau cryptocurrency akan menjadi nilai mata uang yang akan digunakan oleh banyak orang di masa yang akan datang, bahkan penggunaan dari bitcoin sendiri sudah dipermudah dengan banyak nya aplikasi yang beredar di masyarakat, dan pada dasar nya manusia adalah makhluk yang mudah tergiur dengan investasi yang instan dan tergolong easy to use oleh karna itu banyak orang yang tergiur dengan investasi seperti itu

Hal yang pertama harus di pahami adalah, jangan bergantung pada investasi di bitcoin. mungkin untuk saat ini bitcoin sedang berada di fase yang gemilang, namun dibalik itu semua bitcoin sudah melewati fase yang sangat buruk di mana pergerakan kurva sangat lambat dan cenderung merugikan hingga miliaran

Cara terbaik untuk menggunakan bitcoin, adalah menginvestasikan dan melakukan perdagangan, Kenaikan dan penurunan harga yang konstan. meskipun bitcoin sendiri sangat lah berisiko

Saran yang saya berikan untuk investasi seperti ini adalah :

  1. Gaya trading dan Target Pasar
    Sebelum anda memulai anda harus mengetahui gaya trading dan juga pasar apa yang akan anda tuju, karna jika belum mengetahui pasar apa dan seperti apa maka anda akan kesulitan dalam melakukan investasi dan mengambil keuntungan

  2. Menemukan Cara untuk Keluar
    Setelah anda memulai dalam cryptocurrency anda juga harus menyiapkan cara bagaimana untuk keluar dari investasi tersebut untuk menetapkan stop order untuk melindungi diri Anda jika pasar bergerak melawan Anda. Ingatlah bahwa pemberhentian tidak selalu efektif bila harga bergerak terlalu cepat dan Anda mungkin mengalami masalah

Demikian hal yang bisa saya berikan, untuk masalah investasi di topik ini, tetap berhati hati karna bitcoin tidak dapat menjamin kehidupan kedepan.

Referensi

Bitconnect ialah sebuah perusahaan yang ingin meluncurkan suatu platform baru , yang dimana strategi marketing mereka agar platform mereka menjadi naik daun ialah dengan cara menjual sebuah token yang nanti nya dapat ditukarkan dalam bentuk Coin dengan satuan BCC . Dalam bisnisnya , mereka sebenarnya menggunakan skema ponzi agar orang-orang dapat terjaring di dalam bisnis investasinya . Investasi disini menggunakan mata uang digital yaitu BTC .

Sebenarnya investasi cepat layaknya hype investasi memang aman-aman saja , asalkan seseorang mengikuti investasi dari awal sehingga modal yang mereka tanamkan setidaknya kembali dan mendapat keuntungan . Namun , sangat bahaya sekali jika seseorang mulai berinvestasi ketika event tersebut sudah mulai berjalan dengan jangka waktu yang lama .

Disinilah seharusnya seseorang dapat mengetahui skema bisnis apa yang bitconnect tanamkan , sehingga seseorang tidak terjerumus yang akhirnya malah tertipu . Perlu diketahui , skema ponzi memang memilik keuntungan yang sangat menggiurkan . Namun , risiko nya sangat tinggi ketika kita sudah terkena dalam sebuah penipuan . Seseorang harus mengetahui kapan bitConnect mulai membuka investasi . Sebab jika kita masuk ke dalam skema ponzi maka penipuan pun tidak dapat dipungkiri ketika sudah banyak orang memulai investasi di dalamnya .

Jika memang seseorang menginginkan investasi pada mata uang digital, pilihlah investasi seperti Mining dengan Profit dan ROI yang masuk akal . Investasi juga bisa dilakukan pada market crypto yang sudah terkenal seperti Bitcoin.co.id , coinex.com , yobit.net , dsb .

Itu saja yang bisa saya bisa jelaskan , semakin besar dan cepat keuntungan anda , semakin besar pula risiko yang anda dapat .
High Gain with High Risk .

Cryptocurrency adalah mata uang digital (digital/virtual currency). Karena cryptocurrency berbentuk digital maka mata uang ini tidak memiliki bentuk fisik. Merk cryptocurrency yang paling terkenal sendiri adalah Bitcoin. Bitconnect adalah sebuah platform open source atau perusahaan yang menggunakan dan menyediakan jasa Bitcoin ketika seseorang ingin berinvestasi pada cryptocurrency khususnya di mata uang Bitcoin.
image

Bitconnect sendiri pada tahun 2017 mengklaim bahwa investasi pada cryptocurrency mereka yaitu bitcoin mengalami peningkatan yang sangat pesat. Tetapi nyatanya peningkatan yang pesat diikuti dengan penurunan yang pesat juga. Hanya dalam waktu 1 hari harga bitcoin yang harganya bisa mencapai ratusan juta mengalami penurunan yang sangat drastis. Hal ini mengakibatkan investasi yang kita keluarkan mengalami risiko yang sangat tinggi.

Oleh karena itu, saya memiliki beberapa saran untuk mengurangi risiko yang terjadi ketika berinvestasi pada cryptocurrency,yaitu :

  1. Pastikan anda paham dengan apa itu cryptocurrency
    Pemahaman tentang cryptocurrency sangatlah penting dikarenakan banyak orang awam yang hanya tertarik akan kemudahan mendapatkan uang secara mudah melalui cryptocurrency tanpa mengetahui apa risiko dari berinvestasi cryptocurrency. Jangan sekali-kali anda berinventasi pada cryptocurrency tanpa paham akan cryptocurrency

  2. Berinvestasi sesuai dengan kemampuan anda
    Berinvestasi pada cryptocurrency pastinya memerlukan modal yang sangar besar dalam menjalankannya oleh karena itu berinvestasilah sesuai dengan kemampuan dan modal yang anda miliki sekarang. Jangan pernah sekali-kali anda berinvestasi yang tidak sesuai dengan kemampuan anda hingga mengakibatkan anda sendiri mengalami kerugian.

  3. Menggali informasi sebanyak mungkin tentang cryptocurrency
    Hal ini dapat membantu anda menentukan langkah-langkah apa yang akan anda ambil ketika berinvestasi pada cryptocurrency. Informasi yang bisa dicari seperti apa perusahaan yang cocok untuk berinvestasi cryptocurrency, bagaimana analisis SWOT pada perusahaan penyedia layanan cryptocurrency tersebut, dan lain-lain. Anda juga dapat mengetahui apa saja risiko-risiko yang mungkin timbul dalam berinvestasi cryptocurrency sehingga anda bisa meminimalisir risiko-risiko yang kemungkinan akan terjadi.

  4. Pantau terus perkembangan cryptocurrency
    Nilai dari cryptocurrency sendiri khususnya dalam mata uang bitcoin nilai bitcoin sendiri selalu mengalami pergerakana tiap menitnya, oleh karena itu dalam berinvestasi pada cryptocurrency kita harus selalu memantau pergerakan aktifitas perkembangan cryptocurrency. Dengan memantau pergerakan nilai ini, anda bisa menjual atau membeli cryptocurrency sesuai dengan nilai yang diinginkan sehingga investasi pada cryptocurrency ini menghasilkan profit bagi anda.

Demikian saran yang bisa saya berikan, saran saya yang paling penting adalah jangan takut untuk mengambil risiko dikarenakan orang yang sukses selalu berani mengambil risiko seperti kata Philip Adams

Kesukesan tidak tercapai kecuali Anda mau mengambil risiko, meneruskan perjuangan, bersedia gagal dengan menyedihkan dan berjuang kembali. – Philip Adams

Referensi :
https://www.baesystems.com/en/cybersecurity/managing-the-risks-of-cryptocurrency
https://economictimes.indiatimes.com/wealth/invest/7-reasons-why-you-should-not-invest-in-bitcoins-cryptocurrencies/articleshow/60891341.cms

Nilai tukar bitcoin yang begitu tinggi bisa membuat orang yang melihatnya tergiur dan berkali-kali menimbang untuk mulai ikut berinvestasi.

Apalagi dengan berandai, jika dulu membeli bitcoin senilai Rp 1.000 dollar AS atau sekitar Rp 13,3 juta saja, nilainya sekarang sudah melonjak hingga di kisaran 39.000 dollar AS atau setara Rp 518 juta.

Pengandaian seperti ini tentu ada di kepala banyak orang. Tapi bukan berarti ini hal yang tepat untuk dilakukan.

Berikut adalah pertimbangan yang harus dilakukan sebelum melirik investasi terhadap bitcoin ini :

  1. Bitcoin mirip undian berhadiah

    Kesempatan Anda mendapatkan keuntungan besar dari pembelian bitcoin sama seperti kesempatan Anda memenangkan uang dari undian berhadiah. Tingkat keberhasilannya sulit ditakar.

    Bila benar-benar ingin mencoba investasi bitcoin, menurut Grealish, Anda harus lebih dulu menyiapkan mental. Pasanglah mindset layaknya seorang angle investor yang ikhlas mengucurkan dana pada usaha rintisan baru.

  2. Nilai bitcoin sulit diprediksi

    Bitcoin merupakan salah satu mata uang digital, bukan perusahaan. Karena itu tak ada arus uang yagn bisa dianalisa atau laporan keuangan untuk menentukan waktu investasi.
    Volatilitas bitcoin pun begitu liar. Misalnya pada Desember 2017 lalu, ada satu kondisi yang menunjukkan bahwa nilai tukar bitcoin turun hingga 1.000 dollar AS atau setara Rp 13,3 juta dalam satu jam.

    Kendati demikian, orang-orang yang meyakini bitcoin menganggap bahwa mata uang digital itu akan digunakan banyak orang di masa depan. Entah kapan terjadinya.

  3. Ada pilihan investasi lain

    Bila memang Anda memiliki dana dan sangat ingin berinvestasi, masih ada banyak cara lain yang bisa dipilih.

    Misalnya, Anda bisa membuat tabungan khusus untuk situasi darurat atau membuat tabungan dana pensiun, yang lebih aman.

    “Jika uang Anda terbatas, bermain bitcoin adalah hal yang sangat berisiko, spekulatif. Anda bisa mengalokasikan uang itu untuk hal lain saja,” saran Chantel Bonneau, seorang perencana keuangan dari Northwestern Mutual.

sumber : http://ekonomi.kompas.com/read/2018/01/26/133000926/haruskah-kita-ikut-investasi-bitcoin-