Mengapa bahasa pemrograman JavaScript menjadi bahasa pemrograman paling diminati tahun 2017?

Bahasa pemrograman sudah banyak dan sudah terpakai oleh programer. Dari tahun ke tahun banyak yang menggunakan bahasa pemrograman yang mereka sukai. di tahun 2017 ini bahasa yang paling sering diminati adalah bahasa JavaScript karena lebih mudah dipahami.

Mengapa bahasa JavaScript diminati programer di tahun 2017 ?

Javascript menjadi populer karena pendekatan bahasanya yang populer di kalangan manusia yakni bahasa Inggris. Selain itu, hampir semua website saat ini menggunakan javascript, jadi bagaimanapun kamu menulis website dalam bahasa phyton atau perl atau java atau javascript kamu tetap harus menulis dalam Javascript. Dan begitulah kenyataannya jama sekarang. Mungkin banyak orang yang mengharapkan kalau ada bahasa pemrograman lain yang dapat berjalan di browser, namun kenyataannya hanya ada satu bahasa pemrograman yang dapat menjalankan di semua browser dengan standard yang ada.

Javascript memang terlahir untuk browser. Apabila bahasa pemrograman C/C++ memiliki pendekatan ke dalam mesin, maka dapat dikatakan kalau bahasa pemrograman javascript memiliki pendekatan ke browser. Di era sekarang jika kamu ingin membuat suatu website dengan tampilan yang menarik, maka Javascript masih menjadi pilihan terbaikmu sehingga javascript menjadi bagian yang sangat penting. Selain itu, orang jaman sekarang tentu menilai dari tampilannya terlebih dahulu sebelum melihat apa konten dalam website teresebut.

Javascript merupakan bahasa pemrograman yang berorientasi pada objek dengan prototype warisan. Bahasa ini mendukung untuk membuat objek secara bersamaan, dan programmer dapat membuat atau menghapus objek sesuai keinginan mereka. Pewarisan prototype membuat Javascript menjadi sangat berbeda dari bahasa-bahasa lain seperti C++,C#.

Pada intinya javascript sekarang menjadi populer karena dapat memenhi kebutuhan programmer dan keinginan konsumen. Tampilannya yang menarik dan kekinian juga menjadi faktor besar mengapa javascript menjadi populer. Selain itu javascript juga mudah diterapkan di berbagai browser.

Referensi:
https://www.quora.com/Why-is-JavaScript-so-popular
https://www.quora.com/Is-JavaScript-the-most-popular-programming-language-in-the-world?encoded_access_token=b9930c9c717e46b7ae0f0a1b0585ec10

sebelum menuju pertanyaan, ada hal yang perlu kita ketahui terlebih dahulu, yakni apa itu JavaScript?

JavaScript adalah bahasa pemrograman komputer untuk scripting efek interaktif di dalam web browser. JavaScript didukung oleh semua browser yang populer seperti Microsoft Internet Explorer (diawali dengan versi 3.0), Firefox, Safari, Opera, Google Chrome, dll.

Sejarah Singkat JavaScript

Untuk menerapkan sesuatu yang mirip dengan HyperCard Apple - yang terutama dikembangkan untuk membantu membangun aplikasi dengan mudah, Netscape mengembangkan LiveScript. Seiring dengan berjalannya waktu, LiveScript diubah namanya menjadi JavaScript. Awalnya JavaScript merupakan bahasa sampingan sebuah klien yang kemudian bermigrasi ke server internasional, sehingga menjadi bahasa yang sangat populer.

Mengapa JavaScript menjadi pilihan pertama developer?

Awal tahun ini, industri analisis firm RedMonk, menerbitkan peringkat popularitas bahasa pemrograman; Menurut peringkat ini JavaScript memimpin chart, diikuti oleh Java, PHP, C # dan Python. Ini membuat para developer yakin bahwa JavaScript tidak akan kehilangan popularitasnya meski telah ada sejak beberapa tahun terakhir.

JavaScript adalah salah satu bahasa yang paling serbaguna dan efektif yang bisa digunakan oleh developer. Menurut sebuah survei, JavaScript digunakan oleh 88% dari semua situs web. Anda akan menemukan JavaScript tidak hanya di setiap situs web tetapi juga di situs mobile, permainan dan aplikasi web.

Mari kita lihat beberapa kelebihan JavaScript yang membuatnya sangat populer di kalangan developer:

  1. Client-side Processing: Ini berarti kode dijalankan pada prosesor pengguna dan bukan pada server web, sehingga menghemat bandwidth dan mengurangi beban ekstra dari server.

  2. Mudah untuk dipelajari: Sintaks bahasa ini mirip dengan bahasa Inggris sederhana sehingga memudahkan developer untuk belajar.

  3. Fungsi yang diperluas ke Halaman Web: aplikasi pihak ketiga sangat membantu para developer yang menggunakan JavaScript untuk menulis cuplikan yang dapat digunakan pada halaman web yang diperlukan.

  4. Mudah diterapkan: Mampu menggunakan bahasa yang sama di awal dan akhir membuat pekerjaan lebih mudah bagi tim development.

  5. Bahasa yang tidak mahal: Tidak memerlukan kompiler atau editor khusus. Semua kebutuhan developer adalah editor teks dan browser untuk menjalankan kode JavaScript.

  6. Relatif lebih cepat: Pengunjung tidak perlu lagi mengisi keseluruhan formulir dan mengirimkannya agar diberi tahu bahwa mereka salah ketik di bidang pertama dan mereka harus mengisi formulir selengkapnya lagi. Dengan JavaScript, setiap bidang dapat divalidasi setelah data dimasukkan oleh pengguna; ini memberikan umpan balik sesegera mungkin saat mereka melakukan kesalahan.

  7. Browser dengan built-in JavaScript: Pengguna situs web tidak memerlukan perangkat lunak dan unduhan khusus untuk melihat JavaScript; setiap pengguna mendapat pengalaman dan perlakuan yang sama.

Mengapa JavaScript Berharga?

Ada berbagai alasan yang membuat JavaScript menjadi bahasa pemrograman utama. Mari kita lihat beberapa di antaranya:

  1. Tahun lalu Amazon meluncurkan AWS SDK untuk JavaScript di browser. Ini memungkinkan pengembang menulis aplikasi JavaScript dinamis yang dapat mengakses layanan AWS dari browser tanpa perlu menulis kode sisi server dan mengkonfigurasi server aplikasi untuk hosting.
  2. Google mendukung JavaScript untuk berkembang dengan Mesin JavaScript V8 mereka.
  3. Anda bahkan dapat memprogram perangkat keras dalam JavaScript, termasuk memutar DVD.
  4. Editor Atom GitHub dibangun hampir seluruhnya di sekitar CoffeeScript, yang dikompilasi ke JS

sumber https://dzone.com/articles/why-javascript-and-will

Bahasa pemrograman adalah sebuah standar untuk memberi instruksi kepada komputer. Perkembangan bahasa pemrograman dimulai dari bahasa mesin, bahasa tingkat rendah, bahasa tingkat menengah, hingga sekarang muncul bahasa tingkat tinggi. Contoh dari bahasa pemrograman tingkat seperti Java, Javascript, C, C++, dan Pascal. Pada tahun 2017 JavaScript menjadi bahasa pemrograman yang banyak dipergunakan oleh para programmer diikuti oleh Java, PHP, Phyton, dan C. JavaScript adalah bahasa yang dirancang untuk pemrograman web dan membuat aplikasi web. JavaScript adalah bahasa yang berorientasi objek. Meskipun JavaScript hampir memiliki kesamaan nama dengan Java, namun sebenarnya kedua bahasa ini berbeda.

  • JavaScript adalah bahasa sederhana sehingga mudah untuk dipelajari. Secara syntax termasuk sederhana dan juga termasuk memilki komunitas yang besar yang dapat dimanfaatkan untuk membantu jika mengalami kendalan.

  • JavaScript termasuk fleksibel, digunakan untuk membuat keseluruhan situs web, membuat sisi antarmuka pengguna. Itulah yang membuat situs menjadi lebih interaktif. Dan tidak heran banyak programmer menggunakan JavaScript untuk membuat situs internet.

  • JavaScript juga dapat berjalan di browser sehingga tidak perlu kita mendownloadnya. JavaScript didukung oleh banyak browser, dapat dipastikan kode yang ditulis mampu berjalan secara normal, tidak peduli komputer apapun yang dipakai.

  • JavaScript mudah untuk melakukan proses debugging. Menyediakan alat yang dapat membantu mempercepat proses debug. Kesalahan yang dialami dapat ditelusuri secara cepat melalui browser. Dua alat yang diandalkan adalah Firebug dan Web Developer Toolbar. Firebug adalah plugin untuk browser Firefox dan Web Developer Toolbar adalah plugin untuk browser Chrome dan Firefox

Sumber :
https://www.quora.com/Why-is-JavaScript-so-popular

Alasan pertama : JavaScript mudah digunakan dan bisa dimiliki dengan gratis

JavaScript adalah satu-satunya bahasa pemrograman web yang bahasanya mudah dipelajari saat di awal pemrograman hingga akhir pemrograman

JavaScript dipasang pada setiap peramban web modern, sehingga secara kamus besar memulai pemrograman di JavaScript ini sangat berdampak pada browser yang Anda gunakan untuk membaca artikel ini. Karena Anda dapat menggunakan JavaScript di awal dan karena JavaScript menjalankan semua elemen interaktif situs web yang menyenangkan, Anda dapat mulai menggunakannya segera untuk menjalin hubungan dengan situs web Anda.

Alasan kedua : JavaScript dapat digunakan untuk membuat situs dengan cantik dan untuk membangun server yang cepat sekaligus gila (alias bisa melakukan banyak hal yang berbeda sehingga sangat hebat untuk dimiliki)
sekitar sepuluh tahun yang lalu, JavaScript benar-benar hanya digunakan di frontend. Itu berarti bahwa JavaScript berjalan di browser Anda dan memungkinkan pengembang membuat elemen interaktif di situs web seperti tayangan slide dan yang lainnya, namun tidak banyak hal keren.

Beberapa tahun terakhir telah melihat perkembangan pesat dalam bahasa JavaScript. JSON telah mengambil alih dan membuat satu cara yang paling populer untuk mentransfer data. Node.js dirilis dan memungkinkan Anda membuat server di JavaScript. Perpustakaan seperti Mustache.js dan Handlebars.js telah memungkinkan untuk membuat template JavaScript yang mengagumkan. Dan kerangka kerja seperti Ember.js, Angular.js, dan Backbone.js memberdayakan pembuatan ribuan aplikasi web interaktif yang gila dan telah mendorong batasan JavaScript jauh lebih daripada yang diperkirakan orang.

Alasan ketiga : banyak sekali perusahan yang memperkerjakan dan diberi gaji tinggi bagi mereka yang mengenal JavaScript

Beberapa fakta:

  • jQuery (perpustakaan JavaScript yang populer) berada di peringkat # 8 pada kata kunci dengan pertumbuhan tercepat dan ditemukan di ~ 0.5% pekerjaan yang diposkan ke situs
  • Iklan pekerjaan tentang keahlian di Node.js telah tumbuh 80.000% selama tiga tahun terakhir
  • Iklan pekerjaan tentang keahlian di Angular.js telah meningkat 9.000% hanya dalam setahun terakhir
  • Iklan pekerjaan tentang keterampilan di Backbone.js mulai dari $ 60.000 dan naik menjadi $ 140.000!
  • Saat ini ada lebih dari 54.886 pekerjaan yang mencari orang dengan pengetahuan JavaScript

Dengan kata lain … JavaScript adalah tempat pesta IT.