Mengapa bahasa pemrograman java yang memiliki fitur multiplatform lebih terkenal?

bahasa_pemrograman

(Raqi Oreki) #1

Pemrograman adalah proses menulis, menguji dan memperbaiki (debug), dan memelihara kode yang membangun sebuah program komputer. Kode ini ditulis dalam berbagai bahasa pemrograman. Tujuan dari pemrograman adalah untuk memuat suatu program yang dapat melakukan suatu perhitungan atau ‘pekerjaan’ sesuai dengan keinginan si “pemrogram”.

Java adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon genggam. Bahasa ini awalnya dibuat oleh James Gosling saat masih bergabung di Sun Microsystems saat ini merupakan bagian dari Oracle dan dirilis tahun 1995. Bahasa ini banyak mengadopsi sintaksis yang terdapat pada C dan C++.
Multifplatform adalah suatu Software yang dapat dijalankan tidak hanya di satu Sistem Operasi saja.

Mengapa bahasa pemrograman java (yang memiliki fitur multiplatform) lebih terkenal?


(Baariq Fairuuz Azhar) #2

1) Java mudah dipelajari

Banyak yang akan terkejut melihat alasan yang satu ini atau menganggapnya sebagai bahasa pemrograman terbaik, dan memang kenyataannya begitu. Hal ini telah terbukti dengan penelitian dengan menggunakan orang - orang benar benar belum memiliki basic programming dan hasilnya orang - orang belajar dengan bahasa java lebih cepat memahami. Java memiliki bahasa Inggris yang mudah dan juga syntax yang mudah untuk dipahami.

Begitu programmer terbiasa dengan rintangan awal menginstal JDK, menyiapkan PATH, mengerti bagaimana cara kerja Classpath dan cukup mudah untuk menulis program di Java.

2) Java adalah Object Oriented Programming Language

Alasan lain, yang membuat Java populer adalah bahasa Pemrograman Berorientasi Objek. Mengembangkan aplikasi OOPS jauh lebih mudah, dan ini juga membantu menjaga sistem tetap modular, fleksibel dan dapat diperluas.

Setelah Anda memiliki pengetahuan tentang konsep OOPS kunci seperti Abstraction, Enkapsulasi, Polimorfisme dan Inheritance, Anda dapat menggunakan semua yang ada di Java. Java sendiri mewujudkan banyak praktik dan pola desain terbaik di library milik java.

Java adalah satu dari sedikit bahasa pemrograman OOPS yang mendekati 100%. Java juga mempromosikan penggunaan prinsip desain SOLID dan Object Oriented dalam bentuk proyek open source seperti Spring, yang memastikan ketergantungan objek Anda dikelola dengan baik dengan menggunakan prinsip Dependency Injection.

3) Java memiliki banyak API

Satu lagi alasan suksesnya bahasa pemrograman Java adalah penuh dengan API dan yang terpenting sangat terlihat karena hadir dengan instalasi Java. Ketika saya pertama kali memulai pemrograman Java, saya menggunakan kode Applet dan hari-hari itu Applet memberikan kemampuan animasi yang hebat, yang mengherankan programmer baru seperti kita, yang terbiasa kode editor Turbo C ++. Java menyediakan API untuk I / O, jaringan, utilitas, parsing XML, koneksi database, dan hampir semuanya. Apapun yang tersisa dicakup oleh open source seperti Apache Commons, Google Guava, dan lain-lain.

4) Programming Tools yang hebat mis. Eclipse, Netbeans

Percaya atau tidak, Eclipse dan Netbeans telah memainkan peran besar untuk menjadikan Java sebagai salah satu bahasa pemrograman terbaik. Pengkodean dalam IDE adalah sebuah kenyamanan tersendir, terutama jika Anda telah mengetikkan DOS Editor atau Notepad.

Mereka tidak hanya membantu dalam penyelesaian kode tetapi juga menyediakan kemampuan debugging yang hebat, yang penting untuk pengembangan dunia nyata. Integrated Development Environment (IDE) membuat pengembangan Java jauh lebih mudah, cepat dan lancar. Sangat mudah untuk mencari, refactor dan membaca kode menggunakan IDE.

Selain IDE, platform Java juga memiliki beberapa alat lain misalnya Maven dan ANT untuk aplikasi Java, Decompilers, JConsole, VM Visual untuk monitoring penggunaan Heap dll.

5) Koleksi besar library Open Source

Perpustakaan open source memastikan bahwa Java dapat digunakan di mana-mana. Apache, Google, dan organisasi lainnya telah menyumbang banyak library yang hebat, yang membuat pengembangan Java mudah, cepat dan hemat biaya.

Ada kerangka kerja seperti Spring, Struts, Maven, yang memastikan bahwa pengembangan Java mengikuti praktik terbaik dalam keahlian perangkat lunak, mempromosikan penggunaan pola desain dan pengembang Java yang dibantu untuk menyelesaikan pekerjaan dengan benar.

Saya selalu merekomendasikan untuk mencari fungsionalitas di Google, sebelum menulis kode Anda sendiri. Ada kemungkinan bagus, itu sudah dikodekan, diuji dan tersedia untuk siap pakai.

6) Dukungan masyarakat yang luar biasa

Komunitas adalah kekuatan terbesar bahasa pemrograman dan platform Java. Tidak masalah, Seberapa baik bahasa itu, tidak akan bertahan, jika tidak ada komunitas yang bisa mendukung, membantu dan berbagi pengetahuan. Java sangat beruntung, ia memiliki banyak forum aktif, Stackoverflow, organisasi open source dan beberapa grup pengguna Java untuk membantu semuanya.

Ada komunitas untuk membantu pemula, mahir dan bahkan ahli programer Java. Java benar-benar mempromosikan dan memberi kembali kebiasaan masyarakat. Banyak programmer, yang menggunakan open source, berkontribusi sebagai commiter, tester, dan Expert programmer memberikan di berbagai forum Java dan stackoverflow. Ini sangat menakjubkan dan memberi banyak kepercayaan pada seorang newbie (pemula) di Java.

7) Java Gratis

Orang suka hal gratis, bukan? Jadi jika seorang programmer ingin belajar bahasa pemrograman, atau sebuah organisasi ingin menggunakan teknologi, biaya merupakan faktor penting. Karena Java bebas dan gratis dari awal, yaitu Anda tidak perlu membayar apapun untuk membuat aplikasi Java. Hal gratis ini juga membantu Java menjadi populer di kalangan pemrogram individual, dan di antara organisasi besar. Ketersediaan pemrogram Java adalah pemikiran besar lainnya, yang membuat organisasi memilih Java untuk pengembangan strategis.

8) Dukungan dokumentasi yang sangat baik - Javadocs

Saat pertama kali melihat Javadoc, saya kagum. Ini adalah bagian besar dari dokumentasi, yang menceritakan banyak hal tentang Java API. Saya pikir tanpa dokumentasi Javadoc, Java tidak akan begitu populer, dan ini adalah salah satu alasan utama mengapa saya menganggap Java adalah bahasa pemrograman terbaik.

Source:
Charan, Sawai Singh.What make Java the most popular programming language? . https://www.quora.com/What-make-Java-the-most-popular-programming-language (dikutip pada 8 Oktober 2017)


(civica moehaimin dhewanty) #3

Bahasa pemrograman, atau sering diistilahkan juga dengan bahasa komputer atau bahasa pemrograman komputer, adalah instruksi standar untuk memerintah komputer. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi.

Bahasa Pemrograman (programming language) adalah sebuah instruksi standar untuk memerintah komputer agar menjalankan fungsi tertentu. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi.

Fungsi bahasa pemrograman yaitu memerintah komputer untuk mengolah data sesuai dengan alur berpikir yang kita inginkan. Keluaran dari bahasa pemrograman tersebut berupa program/aplikasi. Contohnya adalah program yang digunakan oleh kasir di mal-mal atau swalayan, penggunaan lampu lalu lintas di jalan raya, dll.

Banyak sekali bahasa pemrograman yang ada. Tetapi, bahasa pemrograman java lebih terkenal daripada yang lain. Mengapa demikian? Inilah beberapa alasan kenapa bahasa pemrograman lebih terkenal dibandingkan yang lain.

  1. Multiplatform.
    Kelebihan paling utama dari Java ialah dapat dijalankan di beberapa platform / sistem operasi komputer, sesuai dengan prinsip tulis sekali, jalankan di mana saja. Dengan kelebihan ini pemrogram cukup menulis sebuah program Java dan dikompilasi (diubah, dari bahasa yang dimengerti manusia menjadi bahasa mesin /bytecode) sekali lalu hasilnya dapat dijalankan di atas beberapa platform tanpa perubahan. Kelebihan ini memungkinkan sebuah program berbasis java dikerjakan diatas operating system Linux tetapi dijalankan dengan baik di atas Microsoft Windows. Platform yang didukung sampai saat ini adalah Microsoft Windows, Linux, Mac OSdan Sun Solaris. Penyebanya adalah setiap sistem operasi menggunakan programnya sendiri-sendiri (yang dapat diunduh dari situs Java) untuk meninterpretasikan byte code tersebut.

  2. OOP.
    (Object Oriented Programming – Pemrogram Berorientasi Objek) yang artinya semua aspek yang
    terdapat di Java adalah Objek. Java merupakan salah satu bahasa pemrograman berbasis oebjek secara murni. Semua tipe data diturunkan dari kelas dasar yang disebut Object. Hal ini sangat memudahkan pemrogram untuk mendesain, membuat, mengembangkan dan mengalokasi kesalahan sebuah program dengan basis Java secara cepat, tepat, mudah dan terorganisir. Kelebihan ini menjadikan Java sebagai salah satu bahasa pemograman termudah, bahkan untuk fungsi fungsi yang advance seperti komunikasi antara komputer sekalipun.

  3. Perpustakaan Kelas Yang Lengkap.
    Java terkenal dengan kelengkapan library/perpustakaan (kumpulan program program yang disertakan dalam pemrograman java) yang sangat memudahkan dalam penggunaan oleh para pemrogram untuk membangun aplikasinya. Kelengkapan perpustakaan ini ditambah dengan keberadaan komunitas Java yang besar yang terus menerus membuat perpustakaan-perpustakaan baru untuk melingkupi seluruh kebutuhan pembangunan aplikasi.

  4. Bergaya C++
    Memiliki sintaks seperti bahasa pemrograman [C++] sehingga menarik banyak pemrogram C++ untuk pindah ke Java. Saat ini pengguna Java sangat banyak, sebagian besar adalah pemrogram C++ yang pindah ke Java. Universitas-universitas di Amerika juga mulai berpindah dengan mengajarkan Java kepada murid-murid yang baru karena lebih mudah dipahami oleh murid dan dapat berguna juga bagi mereka yang bukan mengambil jurusan komputer.

  5. Pengumpulan sampah otomatis.
    Memiliki fasilitas pengaturan penggunaan memori sehingga para pemrogram tidak perlu melakukan pengaturan memori secara langsung (seperti halnya dalam bahasa C++ yang dipakai secara luas).

Perlu diketahui juga, Google pun memilih bahasa pemrograman Java. Inilah alasan Google memilih Java.

  1. Java adalah bahasa pemrograman yang populer, para developer mengetahuinya dan karena begitu familiar, mereka tidak perlu ‘mempelajarinya’. Java adalah bahasa pemrograman yang paling terkenal di dunia. Selain itu dengan banyaknya para software engineer yang ahli dalam Java semakin membuat mudah bagi mereka untuk melakukan compile aplikasi dan games.

  2. Java beroperasi dalam Virtual Machine, jadi tidak perlu di recompile untuk setiap smartphone, dan Java memberikan fasilitas keamanan yang bagus. Hal ini menjadi fitur yang sangat penting bagi Java. Berjalan di Virtual Machine dan tidak memerlukan recompilng adalah poin yang sangat dahsyat bagi Java. Oleh karena itu, maka proses pemisahan operasi dari aplikasi satu sama lain akan semakin mudah, karena antara satu aplikasi dengan aplikasi lainnya tidak akan saling menggangu.

  3. Karena Java merupakan bahasa pemrograman paling populer, maka tools untuk pengembangan yang diperlukan oleh developers tersedia dalam jumlah besar. Java juga memiliki dukungan open source yang sangat luar biasa, dengan banyak library dan tools yang memudahkan pekerjaan para developer.

  4. Beberapa smartphone telah menggunakan Java ME, jadi java telah dikenal dalam industri seluler dan oleh para software engineer.

  5. Untuk kebanyakan aplikasi, perbandingan kecepatan program bukanlah menjadi masalah, jika dibandingkan suatu program dengan menggunakan bahasa pemrograman tingkat rendah.

  6. Android sebagai sistem operasi telah berjalan di berbagai platform hardware termasuk android wear, smart TV dan sebagainya.

  7. Java mengizinkan developer untuk membuat aplikasi sandbox, dan membuat sistem keamanan yang lebih baik, sehingga aplikasi yang buruk dan dapat merusak tidak akan mematikan sistem operasi secara keseluruhan.

Sumber:
(https://id.wikipedia.org/wiki/Bahasa_pemrograman)
(https://kursusjavaprogramming.wordpress.com/tag/kelebihan-java-dibanding-bahasa-pemrograman-yang-lain/)
(http://www.bahasajava.com/2016/06/8-alasan-google-memilih-java-sebagai-bahasa-pemrograman-android-pada-smartphone.html)


(Afifah Pratiwi Reza Ayu Widiarti) #4

1. Java mudah dipelajari

Syntax dalam Java, kebanyakan menggunakan bahasa Inggris dan sedikit sekali menggunakan karakter-karakter asing. Hal ini menjadikan program Java mudah dibaca dan juga mudah untuk dipelajari. Selain itu, Java adalah bahasa yang diketik secara statis, artinya kode akan diperiksa terlebih dahulu sebelum dapat dibangun ke dalam sebuah aplikasi. Ini berarti kesalahan akan lebih mudah dilacak. Anda akan memiliki sedikit kesalahan aneh dan tak terduga, sehingga basis kode anda akan lebih mudah dipertahankan karena tumbuh dalam ukuran dan kompleksitas.

Sebagai bahasa yang diketik secara statis, Java lebih cepat daripada bahasa yang diketik secara dinamis. Jadi, ketika aplikasi berjalan, sumber daya mesin anda tidak akan terbuang saat memeriksa definisi sesuatu dalam kode anda.

Program Java saat ini memiliki kinerja yang baik berkat kompiler JIT (tepat waktu) dan peningkatan JVM. Kinerja dapat dioptimalkan secara real time untuk membantu program Java berjalan lebih cepat. Sebagai salah satu bahasa pemrograman terbaik, Java memang didesain agar mudah untuk dipahami, dan menghasilkan produk dengan cepat.

2. Java adalah bahasa pemrograman yang berorientasi pada objek

Selama ini dikenal dua macam bahasa pemrograman yaitu prosedural dan berorientasi objek. Kelemahan dari bahasa prosedural adalah sulit untuk mengembangkan program dengan skala besar. Sehingga, diciptakanlah pemrograman yang berorientasi pada objek.

Java pada dasarnya berorientasi objek, yang berarti bahwa program Java terdiri dari elemen pemrograman yang disebut objek. Sederhananya, sebuah objek adalah entitas pemrograman yang mewakili beberapa objek dunia nyata atau konsep abstrak. Semua objek memiliki dua karakteristik dasar, yaitu:

  • Objek memiliki data atau suatu kondisi.
    Misalnya, objek yang mewakili buku memiliki data seperti judul buku, penulis, dan penerbit.

  • Objek juga memiliki perilaku
    Artinya, mereka bisa melakukan tugas tertentu. Di Java, tugas ini disebut metode. Misalnya, objek yang mewakili mobil mungkin memiliki metode seperti start, stop, drive, atau crash. Beberapa metode hanya memungkinkan anda mengakses data objek. Misalnya, objek buku mungkin memiliki metode getTitle yang memberi tahu judul buku anda.

Mengembangkan aplikasi OOPS jauh lebih mudah, dan ini juga membantu menjaga sistem tetap modular, fleksibel dan dapat diperluas. Setelah anda memiliki pengetahuan tentang konsep OOPS seperti Abstraction, Encapsulation, Polymorphysm dan Inheritance, maka anda dapat menggunakan semuanya dengan Java. Java sendiri mewujudkan banyak praktik dan pola desain terbaik di perpustakaannya.

Java adalah satu dari sedikit bahasa pemrograman OOPS yang mendekati 100%. Java juga mempromosikan penggunaan prinsip desain SOLID dan Object oriented dalam bentuk proyek open source seperti Spring, yang memastikan ketergantungan objek anda dikelola dengan baik dengan menggunakan prinsip Injeksi ketergantungan.

3. Java API

Bahasa Java itu sendiri sangat sederhana. Namun, Java hadir dengan perpustakaan kelas yang menyediakan fungsi utilitas yang umum digunakan. Perpustakaan kelas ini disebut Java API. Java API adalah bagian dari bahasa Java sebagai bahasa itu sendiri. Bahasa Java hanya memiliki 50 kata kunci, namun Java API memiliki beberapa ribu kelas dengan puluhan ribu metode yang dapat anda gunakan dalam program anda.

Anda tidak perlu mempelajari semua Java API. Kebanyakan programmer fasih hanya dengan sebagian kecil saja. Jika anda perlu menggunakan beberapa kelas dari API yang belum anda kenal, anda dapat mencari tahu apa yang dilakukan kelas dalam dokumentasi Java API.

Java menyediakan API untuk I/O, jaringan, utilities, parsing XML, koneksi database, dan hampir semuanya. Apapun yang tertinggal, di cakup dengan open source libraries seperti Apache Commons, Google Guava, dan sebagainya.

4. Memiliki alat pengembang (IDE) yang hebat seperti Eclipse dan Netbeans

IDE ini tidak hanya membantu dalam proses penyelesaian kode, namun juga dalam kemampuannya untuk mendeteksi bug, yang merupakan salah satu hal penting dalam pengembangan program saat ini. Integrated Development Environment (IDE) membuat pengembangan Java jauh lebih mudah, cepat dan jelas. Sangat mudah untuk mencari, refactor dan membaca kode menggunakan IDE.

Terlepas dari IDE, platform Java juga memiliki beberapa tools lain yang sangat berguna yitu Maven dan ANT untuk membangun aplikasi Java, decompilers, JConsole, Visual VM untuk memonitor penggunaan Heap dan lain sebagainya.

5. Koleksi besar perpustakaan Open Source

Open source library memastikan bahwa Java dapat digunakan dimana saja. Karena Apache, Google dan banyak organisasi lainnya telah berkontribusi banyak dalam membangun library ini, yang memang memang membuat pengembangan Java semakin mudah, cepat dan efektif.

Terdapat beberapa framework seperti Spring, Struts, Maven yang memastikan bahwa pengembangan java mengikuti cara terbaik pembuatan software, kemudian dipromosikan dengan menggunakan pola desain dan didukung oleh developer Java untuk memberikan hasil yang terbaik.

6. Dukungan komunitas yang luar biasa

Komunitas adalah kekuatan terbesar bahasa pemrograman dan platform Java. Tidak masalah, Seberapa baik bahasa itu, tidak akan bertahan, jika tidak ada komunitas yang bisa mendukung, membantu dan berbagi pengetahuan. Ukuran komunitas penting karena semakin besar komunitas bahasa pemrograman, semakin banyak dukungan yang akan anda dapatkan. Saat anda masuk ke dunia pemrograman, anda akan segera mengerti betapa pentingnya dukungan, karena komunitas pengembang mulai memberi dan menerima bantuan. Apalagi, semakin besar sebuah komunitas, semakin banyak orang akan membangun alat yang berguna untuk membuat perkembangan dalam bahasa tertentu menjadi lebih mudah. Java mendapatkan dukungan komunitas yang luar biasa, antara lain :

  • Komunitas StackOverflow Terbesar ke-2
    StackOverflow adalah situs tanya jawab pemrograman untuk pengkodean pemula. Java memiliki komunitas besar untuk pengembangan web back-end dan pengembangan Android.

  • Komunitas Meetup Terbesar ke-4
    Melalui meetup, anda dapat belajar dari sesama pengembang. Meetup sering menawarkan bimbingan kepada mereka yang menginginkannya juga. Ada lebih dari 1400 Java Meetup groups, berjumlah lebih dari 580.000 anggota di seluruh dunia. Dalam hal bahasa pemrograman, Java memiliki komunitas meetup terbesar ke-4.

7. Java gratis

Biaya merupakan faktor penting jika seorang programmer ingin belajar bahasa pemrograman, atau sebuah organisasi ingin menggunakan teknologi. Salah satu kelebihan java adalah anda tidak perlu membayar apapun untuk membuat aplikasi Java. Ketersediaan program Java adalah pemikiran besar lainnya, yang membuat organisasi memilih Java untuk pengembangan strategis.

8. Dukungan dokumentasi yang sangat baik - Javadocs

Di dalam java terdapat Javadoc, yang membuat anda mempelajari Java semakin mudah. Javadoc merupakan bagian besar dari dokumentasi yang menceritakan banyak hal tentang Java API.

Javadoc juga menjadi referensi terpercaya saat anda melakukan koding. Dengan munculnya IDE, Anda bahkan tidak perlu melihat Javadoc secara eksplisit di browser, namun Anda bisa mendapatkan semua informasi di jendela IDE Anda sendiri.

9. Java adalah Platform Independent

Salah satu alasan utama Java sangat populer adalah independensi platformnya, yang berarti program Java dapat dijalankan di berbagai jenis komputer. Program Java berjalan di komputer manapun dengan Java Runtime Environment, yang juga dikenal sebagai JRE. JRE tersedia untuk hampir semua jenis komputer. PC yang menjalankan Windows, komputer Macintosh, komputer Unix atau Linux, komputer mainframe yang besar, dan bahkan telepon seluler.

10. Career Opportunities

Java masuk ke dalam daftar Skill ke-3 yang Paling Dituntut di Angel. Banyak raksasa teknologi seperti Google atau Amazon juga menggunakan Java untuk mengembangkan backend situs mereka, dan karena Java memiliki kinerja yang cukup bagus, banyak pemula yang mengintegrasikan aplikasi mereka ke Java dengan fitur daya yang baik. Menurut Indeed.com, pengembang Java sangat diminati dibanding programmer lainnya. Menurut Indeks TIOBE, Java adalah Bahasa Paling Populer di tahun 2015. Java memiliki siklus update yang agak lambat dalam pembaruan untuk memastikan kompatibilitasnya.

Sumber :