Mengapa ayam berkokok di pagi hari?

Ayam jantan

Ayam jantan akan selalu berkokok di pagi hari seakan-akan tubuhnya memiliki “jam waktu” sehingga ayam memiliki kepekaan terhadap waktu

Ilmuwan Jepang, Dr Takashi Yoshimura, ahli fisiologi hewan di Nagoya University, menyebutkan bahwa ayam jantan akan berkokok pada pagi hari, meskipun kandang mereka dipasangi lampu yang terus menyala. Hal itu berarti, bahwa ayam-ayam tersebut secara naluri memiliki perkiraan waktu sendiri. Para ilmuwan tersebut memercayai bahwa perilaku tesebut diatur oleh jam internal tubuh, bukan dipengaruhi oleh lampu yang terus menyala.

Dr Takashi Yoshimura meneliti dua kelompok ayam. Pertama, kelompok ayam yang diamati pada jam 12 siang dan jam 12 malam dengan cahaya yang redup. Kelompok kedua, kelompok ayam yang terkena cahaya redup sepanjang malam.

Hasilnya, ayam pada kelompok pertama berkokok sekitar dua jam sebelum ada cahaya. Diasumsikan waktu tersebut pada dini hari. Sedangkan kelompok kedua juga berkokok tepat di tiap pagi sebelum matahari terbit. Ini membuktikan bahwa perilaku ayam disebabkan karena jam tubuhnya.