Mengapa aplikasi ojek online sekarang sangat digemari dan diminati banyak orang?

Seperti yang kita tahu bahwa ojek online sekarang berada di kota besar dan tukang ojeknya juga banyak. selain tukang ojek yang banyak para pemesan atau pelanggan ojek online juga sangat banyak. nah mengapa ojek online sangat pesat perkemabnganya hingga saat ini dan bahkan bisa tambah besar ?

Seperti yang kita tahu di Indonesia ini terdapat banyak sekali ojek online salah satu yang terkenal adalah go-jek

Go-jek adalah aplikasi ojek online dimana seorang user memesan pengendara di aplikasi ojek di handponenya dan driver ojek akan langsung menjemput lalu mengantarkannya sesuai dengan maps yang dia pesan di aplikasi. selain mengantarkan para penggunanya di aplikasi go jek juga terdapat banyak fitur seperti pesan makanan, antar barang , dan lain lain.Nadiem Makarim, CEO & Founder GO-JEK, menjelaskan layanan yang diberikan oleh Go-Jek yaitu: Instant Courier, Transport and Shopping.

Jadi begitulah, ojek untuk segala kebutuhan. Dengan tujuan ini, perusahaan ditetapkan untuk mempermudah pembayaran Ojeks dengan menetapkan tarif yang ditetapkan per kilometer. Ini bekerja sedikit seperti Uber. Itu membuat semuanya sederhana, dengan satu meter Anda tahu persis berapa banyak yang harus Anda bayar. Sederhana.

Berikut adalah pelajaran yang dapat kita petik mengapa gojek bisa sukses :

  1. Go-Jek mengubah industri yang tidak diatur menjadi sistem yang mudah dan efisien
    Remco Lupker, direktur utama perusahaan pemasaran digital Ambient Digital Indonesia, mengatakan, “Jakarta membutuhkan layanan seperti ini, layanan ojek yang terorganisir dengan baik dan bukan industri ojek yang didominasi oleh mafia.”
    Aplikasi Go-Jek bekerja sama dengan Uber, penumpang memesan ojek dari aplikasi mobile-nya dan pengemudi ojek terdekat menemukannya. Tidak ada tawar-menawar yang terjadi karena, dibandingkan dengan ojek konvensional, tarif per jalan telah ditentukan di aplikasi, dan perjalanan dapat dipantau melalui sistem GPS.
    “Go-Jek telah menjadi platform komuter populer di Indonesia, karena mengintegrasikan offline ke sistem online,” kata manajer penjualan dan pengguna Go-Jek Danang Kusuma.

  2. Go-Jek memanfaatkan permintaan yang ada dan berfokus pada peningkatan pengalaman pengguna
    Orang Indonesia sudah terbiasa dengan bagaimana sistem ojek konvensional bekerja. Dengan menghubungkan driver dengan penumpang, Go-Jek mengasah untuk memecahkan titik nyeri kritis di industri ini: Kurangnya keteraturan dan transparansi dalam hubungan antara pengemudi ojek dan penumpang.
    Semua driver dan fitur yang terdaftar, malah jadi sebaiknya sebab masalah keamanan muncul. Kebersihan juga dipertimbangkan karena layanan dilengkapi dengan masker wajah dan tutup shower gratis untuk penumpang. “Keseluruhan pengalaman pengguna dengan cara membayar dan memesan jauh lebih baik,” kata Lupker.

  3. Sepanjang jalan, Go-Jek menemukan lebih banyak kesempatan sukses
    Go-Jek bukan sekadar aplikasi yang mengendarai sepeda. Situasi lalu lintas suram di Jakarta juga memberi kesempatan untuk mengenalkan layanan selain transportasi. Driver Go-Jek bisa menjadi kurir instan atau orang pengiriman makanan-semua pengiriman 60 menit yang menjanjikan di dalam kota.
    Bahkan dengan pesaing, seperti Blu-Jek, yang dimiliki oleh Blue Bird, perusahaan taksi besar di Indonesia, dan GrabJek oleh GrabTaxi, keunggulan kompetitif utama Go-Jek adalah penggerak pertama di tempat itu.

Yang pasti, ojek bukan moda transportasi yang paling nyaman. Tapi mereka adalah cara tercepat untuk berkeliling kota, terutama di Jakarta-kota yang ramai dengan lebih dari 9 juta orang. Pengguna Ojek dan pendiri start up Firman Agustian mengeluhkan bahwa menempuh jarak hanya 500 meter bisa berjam-jam di beberapa bagian kota. Di kota yang padat lalu lintas seperti itu, membuang-buang waktu merupakan masalah terbesar bagi semua orang. Itulah sebabnya Go-Jek telah memulai awal yang gemilang


Kemajuan teknologi seolah menjadi ‘perusak pasar’ saat ini. Keinginan manusia dalam segala sesuatu agar menjadi lebih mudah dan lebih cepat menjadi alasan utama inovasi teknologi selalu ditunggu masyarakat. Kita ketahui ojek online menjadi hal yang sangat fenomenal di Indonesia saat ini. Masyarakat lebih memilih untuk menggunakan ojek online dibandingkan ojek konvensional tentu ada alasannya. Berikut adalah beberapa alasan masyarakat lebih memilih ojek online:
image

  1. Menilai dan dinilai
    Dalam aplikasi ojek online seperti uber, penumpang dan sopir dan menilai satu sama lain. Mereka dapat saling memberi rating.

  2. Penumpang tahu kemana mobil yang ditumpangi pergi
    Dalam aplikasi ojek online, aplikasi tersebut menggunakan fasilitas gps dalam perjalanannya. Sehingga, penumpang tahu kemana mobil yang ditumpangi tersebut berjalan. Hal ini tentu menimbulkan rasa aman bagi penumpang khususnya bagi masyarakat dari luar daerah yang tidak tahu banyak mengenai jalan di kota tersebut.

  3. Kemudahan dalam memesan
    Kampanye yang dilakukan oelh perusahaan ojek online lebih gencar dibandingkan ojek konvensional. Sehingga, masyarakat lebih tahu mengenai ojek online dengan kemudahan yang diberikan. Adanya apps yang dibuat oleh perusahaan ojek online sangat memudahkan masyarakat untuk memesan ojek dimanapun dan kapanpun.

  4. Promo
    Ojek online lebih sering memberikan promo bagi pelanggan yang setia menggunakan aplikasinya. Hal ini membuat customer lebih loyal dalam menggunakan ojek online karena diskon-diskon yang ditawarkan. Semakin sering kamu menggunakan semakin banyak penawaran diskon yang kamu dapatkan.

  5. Pembayaran non-tunai
    Hal ini juga merupakan inovasi yang menarik dari ojek online. Semakin berkembangnya jaman, pembayaran secara tunai juga semakin ditinggalkan. Masyarakat menganggap pembayaran secara non-tunai lebih praktis dan lebih efisien. Selain itu, ojek online juga seringkali memberikan diskon bagi usernya yang melakukan pembayaran non-tunai.

Referensi:



Saat ini, smartphone dan koneksi internet telah menjadi salah satu kebutuhan pokok masyarakat. Hampir semua orang memiliki smartphone, baik untuk keperluan bermain, hobby, bahkan keproduktifan. Tentunya ini merupakan salah satu peluang bisnis yang sangat menggiurkan. Banyak para perintis Startup yang menyadari hal ini dan mulai mengembangkan startup nya. Salah satunya adalah aplikasi ojek online seperti uber, gojek, dan grab.

Sebenarnya, alasan kenapa diciptakannya aplikasi tersebut adalah karena adanya kesulitan dalam menggunakan transportasi umum. misalnya, ketika kita menggunakan kendaraan umum, kita membutuhkan waktu yang lama untuk menunggu kendaraan umum itu untuk datang, belum lagi kita harus menunggu cukup lama agar kita sampai di tempat tujuan kita karena kendaraan umum seringkali berhenti untuk menunggu penumpang lain.

Dengan menggunakan transportasi online kita dapat mengefisienkan waktu kita dalam berkendara. Kita tidak perlu lagi menghabiskan waktu yang cukup lama di pinggir jalan untuk menunggu kendaraan umum, kita hanya perlu memencet smartphone kita dan menunggu driver ojek online untuk menjemput kita di tempat yang telah kita tentukan. Bahkan, kita juga tidak perlu lagi berjalan menuju tempat yang kita tuju karena tempat yang kita tuju tidak terjangkau oleh jalur transportasi umum, dengan menggunakan transportasi online kita akan diantarkan sampai ke tempat tujuan yang telah kita tentukan. Selain itu, biaya untuk ojek online juga tergolong lebih murah daripada transportasi umum, hampir setengah dari harga transportasi umum.

Dengan beragam kelebihan yang ditawarkan oleh aplikasi ojek online ini, tentu saja masyarakat akan beralih menggunakan transportasi ojek online daripada menggunakan transportasi umum. Budaya menggunakan smartphone yang telah mendarah daging dalam lingkungan masyarakat juga menjadi salah satu faktor penting kenapa aplikasi ojek online sangat digemari dan diminati oleh masyarakat.

Source :
https://www.quora.com/Why-has-Uber-become-so-popular-What-do-regular-taxi-services-lack-which-Uber-provides