Mengapa api tidak memiliki bayangan?

Api

Jika kita menyalakan lilin di dekat tembok, maka akan tercipta bayangan. Namun, kalau diperhatikan, yang ada di tembok hanyalah bayangan lilin. Ke mana bayangan apinya? Mengapa api tidak memiliki bayangan?

Sebelumnya, anda harus tahu, cahaya merambat dalam garis lurus. Jika cahaya terhalang suatu benda, maka akan timbul bayangan dari benda penghalang itu.

image

Coba kita ambil contoh lilin yang ada pada gambar. Permukaan tembok ini disorot cahaya dari arah depan. Ketika lilin didekatkan ke tembok, maka lilin menjadi benda penghalang cahaya untuk merambat ke permukaan tembok. Maka, terbentuklah bayangan lilin. Nah, yang bikin ajaib adalah api yang menyala di sumbu lilin tidak menciptakan bayangan.

Mengapa api tidak memiliki bayangan seperti lilin? Berbeda dengan lilin, api tercipta karena adanya proses oksidasi yang menghasilkan panas dan cahaya. Api bukanlah benda padat seperti lilin. Maka, api tidak menghalangi cahaya yang sedang merambat ke permukaan tembok. Karena itu, api pada lilin tidak memiliki bayangan. Nah, itu dia penyebabnya mengapa api tidak memiliki bayangan.

sumber : http://bobo.grid.id/Sains/Iptek/Mengapa-Api-Tidak-Memiliki-Bayangan