Mengapa anjing sering mengibaskan ekornya?

Jika saya perhatikan, anjing peliharaan saya sering mengibas-ngibaskan ekornya. Mengapa demikian?

Anjing memiliki beragam bahasa beradasarkan posisi dan gerakan ekor mereka, atau dengan kata lain posisi ekor mengungkap emosi mereka. Saat anjing mengibaskan ekornya, hal itu memang menunjukkan perasaan riang mereka. Semakin kencang ekor dikibaskan, semakin senang anjing tersebut.

Sebuah penelitian pada 2007 menunjukan bahwa saat anjing mengibaskan ekornya ke kanan menunjukan emosi positif, sedangkan jika dikibaskan ke kiri kemungkinan perasaan mereka sedang negatif. Menariknya, sebuah penelitian pada 2013 menemukan bahwa anjing memahami gerakan ekor anjing lain. Jika ekor anjing lain dikibaskan ke kanan, maka anjing yang melihatnya akan melemaskan taringnya. Sedangkan jika dikibaskan ke kiri, maka anjing tersebut akan merasa tertekan.

[Sebuah penelitian pada 2007 menunjukan bahwa saat anjing mengibaskan ekornya ke kanan menunjukan emosi positif mereka sedangkan jika dikibaskan ke kiri, kemungkinan perasaan mereka sedang negatif. Menariknya, sebuah penelitian pada 2013 menemukan bahwa anjing memahami gerakan ekor anjing lain. Jika ekor anjing lain dikibaskan ke kanan, maka anjing yang melihatnya akan melemaskan taringnya, sedangkan jika dikibaskan ke kiri, maka anjing tersebut akan merasa tertekan.Sebuah penelitian pada 2007 menunjukan bahwa saat anjing mengibaskan ekornya ke kanan menunjukan emosi positif mereka sedangkan jika dikibaskan ke kiri, kemungkinan perasaan mereka sedang negatif. Menariknya, sebuah penelitian pada 2013 menemukan bahwa anjing memahami gerakan ekor anjing lain. Jika ekor anjing lain dikibaskan ke kanan, maka anjing yang melihatnya akan melemaskan taringnya, sedangkan jika dikibaskan ke kiri, maka anjing tersebut akan merasa tertekan.

Source:
http://intisari.grid.id/read/0365089/mengapa-anjing-mengibaskan-ekornya?page=all