Mengapa Anjing Berputar Dulu Sebelum Duduk dan Tidur?


Apakah kita pernah mengamati perilaku anjing sebelum ia duduk atau tidur? Anjing akan berputar satu atau dua putaran sebelum meletakkan dirinya. Mengapa anjing melakukan kebiasan tersebut?


Stanley Coren, seorang pengamat dan penulis buku mengenai anjing peliharaan asal Amerika Serikat menjelaskan perilaku umum dari anjing ini. Awalnya belum ada penjelasan ilmiah yang dapat menjelaskan mengapa perilaku berputar pada anjing tersebut bisa terjadi.

Berbagai spekulasi muncul mengapa perilaku ini menjadi kebiasaan anjing. Beberapa orang menyatakan bahwa anjing melakukan hal tersebut untuk menciptakan rasa aman pada dirinya. Mereka seolah memeriksa kondisi sekita untuk memastikan tidak ada bahaya sebelum mereka duduk.

Ada pula yang menyatakan kalau anjing berputar untuk mengusir kutu dan kotoran-kotoran keciln yang berkeliaran di tubuhnya. Ia merasa kurang nyaman jika ada yang melekat di tubuhnya saat tidur.

Sebuah pengamatan memberikan masukan yang paling masuk akal bahwa anjing melakukan hal itu dengan tujuan untuk menciptakan sarang kecil untuk dirinya sendiri dengan menginjak rumput atau karpet di mana ia akan tidur.

Kebanyakan anjing tidak nyaman berbaring di permukaan yang tidak rata. Eksperimen dilakukan pada 62 anjing peliharaan dengan mengamati perilakunya sebelum berbaring. Pengataman dilakukan dengan alas yang berbeda-beda. Dari tempat datar yang halus permukaannya, hingga yang menonjol dan berliku-liku. Hasilnya, pada permukaan yang halus, hanya satu dari lima anjing hanya berputar satu lingkaran penuh. Pada permukaan yang tidak rata hampir setengah dari 62 anjing yang melakukan gerakan berputar sebelum beristirahat.

Nah, jadi anjing berputar, bahkan cenderung menggali,dan menyodok pada permukaan yang tidak rata. Anjing-anjing berputar untuk membuat tempat alias sarang virtual yang membuatnya merasa aman.