Mengapa anjing berkeliling sebelum tidur?

anjing berjalan mengintari tempat dimana ia akan tidur atau buang air? Kadang mereka juga mengais-ngais di lokasi tersebut, mengapa hal itu mereka lakukan
image

Bukan tanpa alasan mereka melakukan hal itu. Meski untuk anjing-anjing rumahan terkadang mereka sudah tidak melakukan hal itu lagi. Tetapi pada dasarnya secara naluri mereka masih “melakukan” peninjauan lokasi untuk menuntaskan kebutuhan “sakral” tersebut.

Anjing membutuhkan tempat yang nyaman dan aman untuk tidur atau beristrahat. Di masa lalu, dimana semua anjing hidup liar, mereka terbiasa “membersihkan” lokasi tidur mereka termasuk mengamankan lokasi sekitarnya agar mereka merasa nyaman. Definisi “membersihkan” di sini adalah “mengusir” ular atau binatang lain mengancam keselamatan mereka. Sampai mengais tanah bila mereka mencurigai ada ular yang bersembunyi di sana. Selain itu, bila tanah sedikit cekung akan memberi kehangatan bagi anjing sekaligus mengklaim spot tersebut sebagai tempat tidurnya.

Hasil gambar untuk dog sleep on grass
dailydogtag
Nah, soal kebiasaan anjing buang air pernah dilansir penelitiannya di Frontiers In Zoology. Disebutkan bahwa anjing tak suka bila rumput menempel di bokongnya, sehingga mereka berputar-putar dan terkadang menggali agar nyaman saat poop. Satu lagi yang menarik, anjing biasanya akan menghadap ke arah utara saat buang air. Hal tersebut disebabkan oleh medan magnet bumi yang memengaruhi anjing menentukan posisinya.

Anjing sangat konsisten membuang kotoran pada sumbu utara-selatan, karena anjing memiliki kemampuan untuk merasakan medan magnet atau magnetoreception, yang dapat membantu mereka mengeluarkan kotoran secara optimal. Medan magnet seolah panduan bagi mereka. Namun hingga saat ini para peneliti juga masih melakukan studi, mengapa anjing menjadikan utara-selatan sebagai preferensi? Bukan timur-barat.
sumber: http://www.petnyaku.com/facts/anjing-punya-alasan-berkeliling-sebelum-mereka-tidur-atau-sebelum-buang-air/