Mengapa Anggota Tubuh Mengeluarkan Bunyi Gemeretak Saat Peregangan?

peregangan

Semua persendian di tubuh kita dikelilingi oleh cairan kental berwarna bening.

Ketika kita melakukan peregangan atau melengkungkan punggung, kamu membuat tulang-tulang di persendian tertarik. Pada saat tulang-tulang ini tertarik, kapsul jaringan penghubung yang mengelilingi sendi ikut tertarik. Dengan meregangkan kapsul ini, volume ruang di dalamnya jadi bertambah.

Pertambahan volume membuat tekanan menurun. Sehubungan dengan menurunnya tekanan cairan pada sendi, gelembung udara terbentuk di dalam kapsul sendi. Ketika sendi direnggangkan cukup jauh, tekanan dalam kapsul menjadi sangat rendah sehingga gelembung udara tersebut meletus yang menghasilkan bunyi ‘klethuk’ atau ‘krek’.

Meskipun kedengerannya menyeramkantapi bunyi pada persendian ini tidak berbahaya. Dalam sebuah studi tidak ditemukan adanya hubungan antara jari tangan yang sengaja digemeretakkan dengan peradangan di persendian jari.

Tapi, ada juga studi yang menemukan bahwa kebiasaan menggemeretakkan sendi jari tangan bisa mempengaruhi jaringan lembut yang mengelilingi sendi di jari-jari tangan.

Jadi, kalau mau melakukan peregangan anggota tubuh sebaiknya memang dilakukan dengan hati-hati supaya tidak mengakibatkan cedera.

Sumber: