Mengapa Alfabet Diurutkan Seperti yang Sekarang?

huruf

Alfabet adalah sebuah sistem tulisan yang berdasarkan lambang fonem vokal dan konsonan. Kata alfabet diambil dari bahasa Yunani, dari dua huruf pertama tulisan mereka yaitu alfa dan beta.

Sudah sejak taman kanak-kanak kita mengajarkan urutan alfabet, padahal kita tidak pernah mengetahui urutan yang sebenarnya walaupun kita sudah menciptakan lagu-lagu ringan untuk membantu menghafal.

Walaupun tidak tahu mengapa diurutkan seperti yang sekarang, urutan demikian sudah ada lama sekali. Ada dugaan urutan alfabet diciptakan antara Abad ke-19 hingga 15 SM, jauh lebih tua daripada Bahasa Inggris.

Alfabet mungking diciptakan oleh bangsa Kanaan yang tinggal di Mesir, kemudian menyebar dan berkembang. Bahasa mereka diadaptasi menjadi alfabet bangsa Fenisia, yang kemudian menjadi alfabet Yunani, Latin, dan seterusnya hingga kehadiran bahasa Inggris.

Setiap kali muncul bahasa baru, bahasa itu bisa dibilang mempertahankan urutan alfabet yang sama. Ada yang menambah beberapa huruf, ada yang mengurangi, tapi secara umum tetap sama.
Jadi, sekitar 4000 tahun lalu ada seseorang yang membuat urutannya dan hingga sekarang kita tidak pernah tahu mengapa kita menciptakan urutan itu.

References

https://www.liputan6.com/global/read/3159382/5-pertanyaan-sains-rumit-yang-terdengar-sederhana-bisa-menjawab