Mengapa akuaponik dapat mendukung ketahanan pangan nasional?

Pemecahan masalah sbenarnya.

Apa yang membuat akuaponik menjadi salah satu kegiatan yang dapat mendukung ketahanan pangan? Bisa tolong berikan penjelasan ke saya?
Terima kasih ka.

Sistem akuaponik adalah salah satu jawaban yang tepat dalam berusahatani karena harga tanah yang semakin mahal, ketersediaan air langka, konservasi lahan yang besar-besaran, dan isu perubahan iklim karena pemanasan global. Akuaponik ditunjukkan dengan integrasi sistem budidaya akuakultur (budidaya ikan) dengan hidroponik (budidaya hortikultura tanpa media tanah) dengan mengadopsi sistem ekologi pada lingkungan alamiah (simbiosis mutualisme antara ikan dan tanaman). Keunggulan dari sistem ini yaitu mampu diterapkan di pekarangan sempit, tidak membutuhkan media tanam, pupuk, penyiraman, hemat air, sehat, mempunyai nilai estetika tinggi, dan bebas kontaminan. Dengan demikian, aquapoink mampu mendukung ketahanan pangan terutama pada tingkat rumah tangga sehingga mereka mampu memperoleh akses pangan yang mudah dan peningkatan pendapatan.

Daftar Pustaka
BPTP. 2016. Teknologi Akuaponik Mendukung Pengembangan Urban Farming. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Jakarta.

2 Likes

izin menjawab kak, .

Teknologi akuaponik memadukan budidaya ikan dan sayur dengan sistem resirkulasi dinilai sebagai teknologi sederhana, tetapi tepat guna.Teknologi ini mengedepankan efisiensi lahan dan pemanfaatan limbah organik ikan sebagai pupuk bagi tanaman yang berada di atasnya.Pengembangan teknologi ini dapat menghasilkan multiple product dalam satu siklus produksi. Lebih jauh, teknologi ini mampu meningkatkan kemandirian serta produktivitas masyarakat sehingga secara tidak langsung diharapkan dapat menunjang perekonomian dan kesejahteraan masyarakat yang tinggal di lingkungan permukiman.
Pemanfaatan lahan atau ruang dengan menggunakan konsep akuaponik dapat menjadi solusi alternatif dalam penyediaan pangan sehat bagi keluarga. Manfaat yang diperoleh dengan mengelola lahan di teras rumah.
Berbagai macam sayuran seperti bayam, kangkung, sawi, selada, pakchoy, dan kemangi menjadi produk pertanian yang mudah dan murah untuk diakses oleh penggiat pertanian perkotaan. Sedangkan ikan yang diproduksi dalam kegiatan akuaponik antara lain ikan koi, nila, lele, bawal, mas, gurame, dan patin. Selain penyediaan pangan sehat bagi keluarga, manfaat yang juga dirasakan langsung adalah pengurangan pengeluaran untuk belanja kebutuhan dapur, dan bahkan menambah pendapatan bagi yang mengusahakannya, karena hasil panen dapat dijual kepada warga sekitar. Manfaat lain adalah lingkungan menjadi hijau, sehat, asri, meningkatkan kualitas lingkungan serta menambah estetika.

Sumber : Jurnal Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Sains & Teknologi (SNAST) 2018

1 Like