Mengapa ada hewan yang aktif di malam hari?

hewan nokturnal

Hewan itu sangat unik, ada yang aktif di siang hari (diurnal). Ada juga yang aktif di malam hari (nokturnal). Mengapa ada hewan yang aktif di malam hari?

Beberapa hewan menjadi nokturnal untuk menghindari pemangsa. Seperti kita tahu, kebanyakan pemangsa aktif di siang hari. Untuk menghindari para pemangsa itu, beberapa hewan pun memutuskan untuk mencari makan di malam hari. Saat malam, pemangsa yang akan mengincar mereka akan berkurang jumlah. Jadi, mereka bisa sedikit lebih tenang saat mencari makan.

Beberapa hewan harus bertarung terlebih dahulu untuk mendapatkan makanan. Untuk menghindari pertarungan itu, beberapa hewan pun memutuskan untuk mencari makan di malam hari (nokturnal). Bertarung dengan pemangsa lain akan membuat mereka terluka.

Beberapa hewan tinggal di tempat yang ekstrem, seperti gurun pasir. Untuk menghindari panasnya matahari, hewan-hewan di daerah itu pun harus mencari makan di malam hari dan istirahat di siang hari. Jika tidak, tubuh mereka akan mudah lelah dan mereka bisa mati di bawah teriknya matahari.