Mencuri Demi Kebaikan? Salah atau Benar?

047747700_1461127900-pencuritobat

Mencuri untuk kebaikan menurut pandangan sebagian orang memang tidak dibenarkan. Mengambil kisah dari Robin Hood, dikenal sebagai pahlawan yang
mencuri untuk kebaikan. meskipun niatnya baik tetapi dianggap salah. walaupun begitu, mencuri adalah tindakan yang tidak terpuji. Banyak alasan untuk melakukan pencurian seperti ekonomi, menolong sesama, dan lain sebagainya.

Menurut kalian mencuri demi kebaikan, salah atau benar?

Referensi

Radityo, Muhammad. 2016. Mirip Robin Hood, 4 cerita pencurian demi kebaikan paling bikin haru. Diakses pada tanggal 08 September 2021 pada linkhttps://www.merdeka.com/dunia/mirip-robin-hood-4-cerita-pencurian-demi-kebaikan-paling-bikin-haru.html

Menurut saya, perbuatan mencuri adalah perbuatan yang salah, walaupun dengan tujuan baik sekalipun. sebaiknya jika memang ingin berbuat kebaikan sebaikanya dengan cara yang lain yang dapat dilakukan,

Sedikit sulit untuk memberi pernyataan benar atau salah karena ada yang mencuri untuk memenuhi kebutuhan keluarganya, seperti ibu yang mencuri di toko roti untuk anaknya yang belum makan. di satu sisi perbuatan ibu itu salah dan terkena pasal pidana pencurian, disisi lain ibu itu tidak memiliki pekerjaan atau uang untuk memenuhi kebutuhannya, disini terdapat kesalahan dari pemerintah yang kurang men-sejahterakan rakyatnya.

tapi jika dipandang dari sisi agama, hal yang diperoleh dengan cara yang buruk maka akan memberi hasil yang buruk dikemudian hari. makanan haram yang dimakan akan mendarah daging sehingga sangat-sangat tidak diperbolehkan. penuhi lah kebutuhanmu dengan cara yang halal dan baik agar mendapatkan hasil yang baiik pula dikemudian hari walaupun sulit untuk mendapatkan cara yang halal itu.

Saya setuju dengan pernyataan kak Sherly. Dalam agama Islam terutama, perbuatan mengambil yang bukan milik kita adalah perbuatan yang buruk dan akan membawa dampak buruk bagi orang dan keluarga yang melakukan hal tersebut. Akan tetapi, apabila dilihat dari sisi kemanusiaan tentu saja perilaku tersebut masih bisa ditoleransi terutama jika pelaku melakukan pencurian dengan terpaksa, karena harus memberi makan keluarga, tetapi tidak memiliki uang. Apalagi di kondisi pandemi ini dimana banyak sekali orang yang kehilangan pekerjaan dan mereka tetap harus memberikan nafkah bagi keluarga.

Mereka pasti sebenarnya tidak ingin mencuri. Mereka pasti tahu resiko yang akan didapat seperti akan dihukum jika tertangkap dan akan mendapat dosa. Tetapi mereka tetap melakukan hal tersebut, karena tidak ingin anak dan keluarganya kelaparan.

Untuk menghindari kasus mencuri untuk kebaikan, sebaiknya kita bisa lebih memperhatikan orang-orang di sekitar kita yang lebih membutuhkan. Dan jika kita memiliki rezeki lebih, kita bisa berbagi kepada mereka agar mereka juga tetap bisa hidup dengan baik dan tidak mencuri.

Kalo dari aku, mencuri, bagaimanapn bentuknya, apapun alasannya, mencuri dimataku tetap salah. Aku disini ngga membicarakan soal ajaran agama. Kalo di agama udah jelas dan pasti bahwa tindakan mencuri itu dengan keras dilarang. Kali ini aku berbicara dari ajaran yang diberikan ayahku setiap ngobrol sore-sore di teras rumah. Jadi, ayahku berpesan bahwa "Jangan pernah terobsesi menjadi orang baik, tapi jadilah orang jujur, nduk." Sebab, orang baik belum tentu jujur dan orang jujur SUDAH PASTI baik. Contoh, ada orang yang memberikan simpatinya kepada warganya dengan cara memberikan bantuan dana maupun bantuan sembako, TAPI cara yang ditempuh dengan cara korupsi atau menggelapkan dana. Artinya kan tindakan baiknya telah ternodai dengan cara haramnya. Disini terlihat bahwa orang baik belum tentu jujur. Sama seperti contoh kasus yang dicantumkan pada deskripsi di atas, bahwa orang sengaja mencuri untuk memberikannya kepada orang lain dalam rangka membantu. Niat dia baik, tapi cara dia salah karena sudah merugikan orang lain dalam kasus ini. Jadi, ya ini termasuk baik belum tentu baik.
Kesimpulannya, mencuri, apapun alasannya, bagiku tetap salah. Karna jujur adalah yang utama. Gapapa ga bantu orang, asal kita selalu jujur dalam setiap tindakan.

Menurut saya, mencuri adalah perbuatan yang salah, entah apapun tujuannya tetap saja mencuri itu perbuatan yang tidak bisa dibenarkan. Masih banyak cara untuk melakukan kebaikan tanpa harus mencuri.