Mencermati Efektivitas Produk Kosmetik Two-phase Composition

Kosmetik untuk perawatan dan kecantikan kulit memiliki inovasi two-phase composition atau produk yang terdiri dari dua fase yang terlihat jelas yaitu fase air dan fase minyak. Bagaimana pendapat Kadics mengenai produk kosmetik two-phase composition ini?

1 Like

Seiring dengan semakin majunya teknologi, istilah biphasic cosmetic atau produk kosmetik yang memiliki dua fase (two-phase composition) menjadi lebih dikenal. Hal ini mulai merambah pada produk micellar water. Biphase composition merupakan produk yang terdiri dari dua fase yang terlihat jelas, yaitu fase air dan fase minyak. Termasuk ke dalam sediaan emulsi, produk biphase composition ini memerlukan adanya pengocokan untuk membentuk emulsi sehingga terbentuk campuran yang homogen. Namun setelah dibiarkan beberapa lama, kedua fase akan terpisah kembali (dephasing/demixing). Dalam campuran ini Lukasse, dkk (1995) menjelaskan terdapat penambahan demixing agent seperti benzalkonium klorida, gluceth-10 hydroxypropyldimonium chloride. Dalam biphase micellar water, tiap fase memiliki surfaktan agar dapat membersihkan wajah secara menyeluruh dan demixing agent terdapat pada fase air. Tergantung kecenderungan masing-masing produsen, produk biphase micellar water ini dirancang dengan warna kedua fase yang terlihat jelas atau keduanya dibuat transparan agar tidak terlihat bahwa ada perbedaan fase.


Sumber: www.nescensparisspontini.fr

Dilihat dari fungsinya, biphase micellar water dapat menghapus kotoran yang larut air melalui fase airnya dan kotoran yang larut minyak atau kotoran waterproof melalui fase minyaknya. Selain itu, kebanyakan produk ini juga mengandung moisturizer, sehingga memiliki kemampuan untuk melembabkan kulit.