Memulai hidroponik tanpa

Memulai hidroponik tidak seharusnya memiliki biaya yang besar?

Bagaimana caranya agar dapat menanam hidroponik tanpa biaya yang besar?

2 Likes

Hidroponik merupakan teknik budidaya tanaman dengan media air. Memulai hidroponik memang tidak harus mengeluarkan biaya yang besar. Karena kita dapat memulai hidroponik dengan benda-benda di sekitar kita. Seperti menggunakan botol bekas sebagai pengganti pipa, gelas mineral bekas sebagai pengganti net pot, dan busa sebagai pengganti rockwool. Jika kita memanfaatkan barang-barang tersebut tentunya biaya yang dikeluarkan tidak banyak.

Saya sendiri telah mencoba menanam dengan cara hidroponik. Saya mencoba menanam tanaman kangkung dan pakcoy dengan botol bekas. Tanaman tersebut tumbuh dengan baik meskipun hasilnya tidak sebesar hasil pada sistem nft atau dft.
Ini adalah hidroponik sederhana saya

Alternatif lain, dapat menggunakan sistem wick. Sekarang sudah banyak toko online yang menjual paket hidroponik sistem wick.

Sistem yang saya sarankan di atas adalah jika mau memulai hidroponik untuk sekedar mencoba, mengisi waktu luang, atau untuk kebutuhan sayur pribadi. Jika ingin mengembangkan hidroponik untuk bisnis dengan biaya yang murah dapat dilihat di youtube. Banyak petani hidroponik yang menceritakan biaya atau modal hidroponik sederhananya.

Semoga membantu :)))