Memulai Cinta dari Diri Sendiri

lomba quotess

Memulai Cinta dari Diri Sendiri
(Oleh : Vina Maunatul Laili)

Banyak yang merasa gagal dalam cinta di dunia ini. Perjuangan dan pengorbanan kerap kali sudah dilakukan tapi sayangnya semua itu tidak menghasilkan sesuatu yang diharapkan. Mereka lantas menzalimi diri sendiri dengan berkubang dalam kesedihan yang terus berkelanjutan.

Makna cinta itu sebenarnya luas. Cinta tidak semata-mata kedua manusia menjalin hubungan kekasih maka itu sudah bisa disebutkan mereka memiliki cinta, tidak hanya seperti itu. Cinta adalah sebuah emosi yang lahir dari perasaan kasih dan sayang yang kuat terhadap sesuatu atau seseorang yang meliputi pengabdian, ketulusan, kejujuran, rasa ingin memberi, membahagiakan serta melindungi.

Seseorang yang memiliki rasa cinta cenderung memikirkan hal-hal yang positif dan baik bagi dirinya serta orang lain, sehingga cinta secara tidak langsung dapat menyembuhkan rohani serta jasmani manusia. Dengan cinta seseorang merasa bahwa hidupnya di dunia ini sangatlah berarti, bagi dirinya, orang lain, ataupun lingkungan sekitarnya sehingga ia akan senantiasa berusaha memberikan manfaat dalam kehadirannya.

Ada banyak orang yang ingin dicintai dan dihargai oleh orang lain, namun lupa bahwa ada satu hal yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah memiliki cinta pada diri sendiri. Dengan cinta diri sendiri seseorang merasakan kedamaian yang membawa pikiran tetap lurus tanpa ada kebencian dan iri hati. Dengan cinta diri sendiri manusia membawa perasaan bahagia dan rasa syukur yang luar biasa, sehingga manusia dapat merasakan kesempurnaan meski dalam keadaan yang sangat sederhana sekalipun.

Tidak semua orang dapat memahami arti sebenarnya dari mencintai diri sendiri. Kata-kata ini memang gampang sekali diucapkan, namun sulit untuk mengartikan makna sepenuhnya dari kata-kata tersebut. Mungkin akan terasa lebih mudah untuk kita memahami arti mencintai orang lain. Karena selama ini kita lebih sibuk dengan membahagiakan orang lain daripada membahagiakan diri sendiri.

Mencintai diri sendiri adalah tentang penerimaan diri, penguasaan diri dan penghargaan kepada diri sendiri. Hal inilah yang akan menjadi kekuatan dalam melangkah dan menjalani hidup yang bahagia. Mencintai diri sendiri adalah perihal menghargai diri sendiri, tentang kelebihan dan kekurangan yang kita miliki. Bukan berfokus pada kesempurnaan fisik dan material yang bisa dinilai orang lain.

Bukankah kita terlahir dengan keunikan dan cerita masing-masing di setiap detiknya. Membandingkan diri kita dengan orang lain hanyalah membuang-buang waktu.

Sampai saat ini kita bisa tumbuh dan berkembang atas berkat dari Tuhan dan curahan kasih sayang dari orang tua kita. Sudah seharusnya yang kita lakukan adalah bersyukur. Memang, setiap orang tentunya memiliki masa lalu yang tidak menyenangkan dalam hidup ini. Namun masa lalu adalah pengalaman yang bisa kita ambil pelajaran berharga dari kepahitannya agar kita tidak melakukan kesalahan yang sama sehingga langkah kita dalam menapaki hidup berikutnya menjadi lebih tepat.

Lupakan perasaan sedih, kecewa, dan marah ketika orang lain meninggalkan kita. Hidup kita adalah hak kita. Jangan biarkan orang lain menghancurkan semangat kita untuk berbahagia. Hidup ini bukan tentang kompetisi melawan orang lain melainkan melawan diri sendiri untuk lebih baik lagi dari hari kemarin.

Mencintai diri sendiri di sini berbeda dengan sikap orang yang narsistik, perbedaannya adalah kita mencintai dan menghargai diri sendiri untuk kebahagiaan kita sendiri, bukan untuk memuaskan pandangan orang lain terhadap kita. Ketika kita sudah merasa nyaman dengan diri kita sendiri, maka orang-orang di sekitar kita pun akan merasakan hal yang sama, yaitu merasa nyaman berada di dekat kita. Jadi, tunggu apalagi, ayo mulai mencintai diri sendiri.

1 Like