Memenuhi Kebutuhan Pertanian di India bersama TheAgriHub

“Pangan merupakan soal mati-hidupnya suatu bangsa; apabila kebutuhan pangan rakyat tidak dipenuhi maka malapetaka…” - Ir. Soekarno

Didirikan pada tahun 2016, TheAgriHub merupakan sebuah platform serba ada bagi usaha pertanian konvensional maupun modern. TheAgriHub bertujuan untuk menghubungkan pembeli, pedagang, perusahaan, dan distributor untuk memenuhi kebutuhan petani.

Tujuan utama dari TheAgriHub adalah untuk menemukan informasi terkait produk dan ketersediannya, pemasok yang ada serta teknologi pertanian di India maupun di luar India. Hal ini dilakukan agar perusahan B2B dan petani dapat mendapatkan informasi yang baik demi meningkatkan laba yang didapat dari bisnis.

Rajeeb sang pendiri mengklaim bahwa TheAgriHub telah menjadi Google untuk urusan pertanian. Dimana seluruh kebutuhan pertanian dapat ditemukan disana. Selain itu TheAgriHub juga menawarkan produk dengan cakupan yang luas mulai dari pemasok, termasuk bibit, alat-alat pertanian, alat irigasi, perlindungan tanaman, hingga hi-tech agriculture.

TheAgriHub telah menerima inputan produk dari petani di seluruh India hingga 3000 produk. Selain 3000an petani yang telah bergabung, banyak brand pertanian terkenal India yang telah bergabung seperti John Deere, Yara Fertilizers, dll Untuk urusan pengiriman TheAgriHub telah bekerjasama dengan pihak logistic yaitu GATI. Call center yang disediakan oleh TheAgriHub pun dapat membantu petani maupun calon pembeli untuk mendapatkan informasi detil terkait hal-hal yang mereka butuhkan dalam bidang pertanian.

Pertanyaannya, apakah model sejenis sudah dan dapat diterapkan di Indonesia?

1 Like

Menjawab pertanyaan dari saudara aziz …
Apakah model sejenis sudah dan dapat di terapkan di indonesia ?
Jawabannya : Sudah, diindonesia terdapat sebuah website yg melayani berbagi kebutuhan dalam pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan dan lain-lainnya. apa nama website itu? pusatagro.com.
pusatagro.com merupakan sebuah website yg melayani jual beli agrobisnis di indonesia. Untuk membernya sendiri terlihat jelas sudah banyak dari beberapa kota. Ini membuktikan bahwa pusatagro.com menjadi sarana jual-beli online yg memudahkan masyarakat indonesia.

Untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi website: pusatagro.com

namun pusatagro tidak cukup dikenal oleh masyarakat non penggiat pertanian. apa yang kira-kira menyebabkan hal itu terjadi?

TheAgriHub.com menurut saya bisa dijadikan referensi bagi para pengembang e-commerce yang berfokus pada bidang pertanian. Website tersebut mempunyai design yang bagus dan mudah dimengerti. Mereka membedakan setiap kategori dari produk yang dijual dengan rapi. Tidak hanya produk yang dijual yang mereka tampilkan diwebsite tersebut. Namun mereka juga mem-posting artikel tekait kesuksesan para petani di India. Adanya artikel ini mungkin juga sebagai strategi promosi TheAgriHub, karena dengan adanya artikel kesuksesan tersebut para pembaca artikel mungkin tertarik akan produk yang digunakan oleh para petani sukses. Dengan begitu mungkin saja pembaca akan membeli produk dari TheAgriHub. Selain itu banyaknya varian produk yang dijual memudahkan pembeli untuk membandingkan produk yang akan dibeli.

Di Indonesia sendiri sudah lumayan banyak model sejenis TheAgriHub.com namun terkait penggunaannya masih kurang terdengar sampai ke masyarakat umum. Dari segi petani sendiri kurang mengetahui akan hal ini. Contohnya saja agromaret.com meskipun membernya sudah mencapai 115.907 orang namun untuk kalangan seperti saya butuh usaha lebih untuk mencari website tersebut menggunakan google.

Tidak hanya masyarakat umun saja yang kurang mengetahui tentang pusatagro. Pendapat saya mungkin para petani saja kurang mengetahui akan hal tersebut. Hal ini mungkin dikarenakan tingkat pendidikan petani dan pola pikir petani indonesia yang sebagian kurang mengetahui akan teknologi informasi. Apakah sebuah website yang berfokus untuk menjembatani antara ppetani dan pembeli dapat maju? apabila dari sisi petaninya saja kurang mengetahui bahkan tidak menggunakan website tersebut. Jadi salah satu pertanyaannya adalah bagaimana kita dapat membangun sebuah sistem informasi yang dapat benar-benar menjembatani para petani yang kurang paham akan teknologi dengan pembeli?.

sudah bisa di terapkan namun banyak petani yang lebih memilih menjual kepada tengkulak karena mereka tidak ingin memikirkan hal yang susah, mereka hanya memikirkan bagaimana hasil dari perkebunannya bisa menjadi banyak. padahal jika mereka memikirkan bagaimana teknologi bisa menjembatani untuk proses penjualan, mereka akan mendapat profit yang besar.

jadi mungkin nantinya bisa dibuat website yang mudah digunakan oleh masyarakat umum, maupun orang yang awam tentang dunia teknologi. misalkan menggunakan user interface yang mudah digunakan. sehingga menimbulkan pemikiran yang maju tentang dunia pertanian di indonesia.

dan melakukan pengembangan lebih terkait hal tersebut dengan lebih mendetail