Membuat prototype dengan Adobe XD atau Figma, mana yang lebih baik?

Ada banyak tools desain dan prototipe yang sudah tersedia, dan yang baru di rilis setiap hari. Beberapa contoh dari tools tersebut ialah: InVision Studio , Framer X , persP , Lunacy, Sketch, Principle, dan Framer. tools desain dan prototipe perlahan-lahan telah berubah dalam beberapa tahun terakhir dengan semakin banyak tools yang keluar yang mendukung Windows, atau berbasis browser. Dua dari tools tersebut adalah Figma dan Adobe XD. Figma dan Adobe XD adalah dua tools desain dan prototyping yang sering digunakan oleh desainer. Menurut youdics nih, dari tools Figma dan Adobe XD mana sih yang lebih baik dalam membuat desain dan prototype?

Menurut saya pribadi ini tergantung dari situasi kita bekerja sih. Ketika online,saya lebih merekomendasikan menggunakan figma karena terdapat fitur live collaboration yang memungkinkan bagi kita untuk bekerja bersama. Namun ketika offline,saya lebih merekomendasikan menggunakan Adobe XD karena saya rasa, fitur-fitur di Adobe XD jauh lebih lengkap jika dibandingkan dengan figma dengan auto-animation,serta kita bisa bekerja secara offline tanpa jaringan internet. Jadi semua ini tergantung dari tipe pekerjaan,jika pekerjaan membutuhkan kerja sama maka lebih baik menggunakan figma, vice versa.

menurut saya dalam hal kolaborasi dan berbagi figma lebih baik.
Dari segi kolaborasi menurut saya figma lebih baik karena Figma menawarkan kolaborasi real-time yang sebenarnya, kita bisa berbagi tautan dengan siapa saja yang terlibat dalam proyek dan mengerjakannya secara bersamaan. Tautan ini akan memberi kita kontrol penuh atau sebagian dari proyek kita berdasarkan izin. Ini memungkinkan desainer, pengembang, dan pemangku kepentingan lainnya untuk masuk dan memeriksa desain, mendapatkan spesifikasi, atau bahkan melakukan desain bersama. Adobe XD saat ini tidak menawarkan kolaborasi ral-time. kita harus menyimpan, lalu menyerahkan file kita kepada orang lain agar mereka dapat mengerjakannya. kita dapat berbagi spesifikasi dan tautan prototipe, tetapi harus memperbaruinya setiap kali kita melakukan perubahan.
Jadi dari segi kolaborasi figma yang menang. Figma menawarkan kolaborasi waktu nyata. Adobe XD telah menjanjikan fitur ini sejak November 2016, tetapi masih belum ada berita. Fitur ini membuat bekerja dengan orang lain menjadi lebih mudah. Tiak hanya itu fitur ini juga bisa menghemat banyak waktu.

Dalam hal berbagi tautan menurut saya figma lebih diunggulkan. Figma memiliki spesifikasi yang tertanam dalam file. Figma juga menawarkan berbagai jenis spesifikasi seperti web, iOS, dan Android.
Sedangkan Adobe XD memiliki daftar spesifikasi terpisah, yang dapat diterbitkan sebagai tautan untuk diakses orang lain. kita harus menerbitkan kembali tautan ini setiap kali mengedit desain kita. jadi dari segi Hand-off Figma yang menang. Seperti yang disebutkan di atas, figma dan adobe xd menawarkan fitur yang hampir sama. Figma, bagaimanapun, menawarkan kegunaan dan kolaborasi yang lebih baik dalam pengaturan tim. kita hanya mengirim tautan, dan tidak perlu khawatir tentang hal lain, tim akan membuka tautan tersebut dan beres.

Dari segi harga, Adobe XD menawarkan harga yang lebih murah dibandingkan dengan Figma, yaitu $10 per bulan dan $15 per bulan untuk Figma, Adobe XD juga mempunyai versi trial untuk beberapa hari sehingga kita mempunyai kesempatan untuk mencoba versi berbayarnya. Tetapi bagi aku sebagai mahasiswa, lebih memilih Figma, Karena figma mempunyai beberapa hal yang Adobe XD tidak punya dalam versi gratisnya.

Figma punya fitur kolaborasi yang tidak dimiliki oleh Adobe XD, fitur ini memungkinkan beberapa orang bekerja bersama dalam satu waktu, sedangkan Adobe XD menggunakan Adobe Cloud terbatas untuk menyimpan projek kita secara online lalu perlu disinkronkan agar bisa dilanjutkan. Aplikasi Adobe XD sangat berat, sehingga PC atau Leptop yang memiliki spesifikasi rendah tidak kuat dalam menjalankan aplikasi Adobe XD, bahkan ada yang tidak kuat ataupun sering force close. Di sisi lain, Figma mempunyai sebuah fitur yang sangat powerfull, yaitu bisa digunakan melalui web, sehingga progress apapun secara otomatis akan tersimpan secara online, cukup mengunjungi url yang ada dan bisa langsung melanjutkan pekerjaan tanpa perlu menginstall aplikasi, simulasi dari aplikasi kita juga dalam bentuk web, jadi semua orang bisa mencoba berjalannya aplikasi alias simulasi tanpa diminta untuk login. Untuk membuat protorype, Adobe XD harus menginstall aplikasi terlebih dahulu sehingga pembuatan prototype harus melalui desktop, sedangkan Figma yang pembuatan prototypenya bisa melalui web, dapat diakses dari desktop maupun mobile, cukup membuka browser dan mengunjungi url projectnya.

Jadi menurutku Figma lebih cocok untuk mahasiswa, sedangkan Adobe XD cocok untuk perusahaan. Figma juga menyediakan versi edukasi secara gratis selama 2 tahun untuk pelajar dan akan mendapatkan fitur-fitur tambahan agar bisa mengajari atau belajar dengan pelajar lainnya melalui Figma.

Summary

Students and educators receive a pro license from Figma, for free | Figma
Figma vs Adobe XD - what makes Figma different?
Adobe XD vs Figma 2021 - Feature and Pricing Comparison on Capterra

Tools yang digunakan untuk kalangan desainer ada banyak sekali dan masing-masing app juga mempunya plus minus yang berbeda dan cocok untuk tipe-tipe desainer yang berbeda juga. Jadi untuk memilih tools yang baik ini bergantung dengan nyamannya si desainer dan pengalaman tools mana yang menurut mereka baik. Tapi menurut saya semua app tools untuk desainer baik semua, Cuma mereka punya kelebihan dan kekurangan masing-masing sehingga mereka punya pasarnya sendiri-sendiri. Ada tools yang enak digunakan untuk pekerja freelance, ada yang enak untuk digunakan secara bersamaan atau tim, dan itu kembali ke penggunanya lebih nyaman yang mana.

Kalau dari yang pernah saya baca dan saya coba dari tools figma dan adobe xd saya lebih senang adobe xd karena sepertinya lebih ringan digunakan dan bisa secara offline, jadi menjadi kenyamanan saya bisa melakukan desain selincah mungkin karena aplikasinya atau toolsnya ringan digunakan. Tapi figma juga sama bagusnya bahkan untuk bekerja bersama-sama figma ini menjadi inceran banyak tim desainer, karena real-time mendesainnya dan penyimpanannya juga disimpan dicloud sehingga kita tidak perlu takut kehilangan data karena hal yang tidak terduga atau belum disave.

Mungkin yang menjadi kelebihan figma adalah sistem penyimpanan cloudnya, tapi adobe xd juga sudah mempunyai fitur yang hamper sama, Cuma mungkin agak sedikit butuh pemahaman. Figma sangat fleksible untuk masalah penyimpanan dan itu membuat pengalaman penggunanya sangat baik karena tidak perlu takut tentang penyimpanan yang hilang atau semacamnya. Jadi menurut saya, kalua saya lebih ke adobe xd karena pandangan saya adalah keringanan dari menjalanankan aplikasinya, tapi kalua pandangan saya tentang kefleksibelan penyimpanan figma menang.

Kelebihan kekurangan kedua app saya baca disini

Figma VS Adobe XD. Mana yang Harus Anda Gunakan ?