Membahas kesuksesan Fulton Fish Market, pasar ikan yang hampir berumur 200 tahun

Fulton Fish Market sudah menjual seafood dari dermaga New York City sejak 1822. Awalnya mereka melakukan transaksi secara offline, karena kemajuan teknologi akhirnya mereka meluncurkan website pada tahun 2014. Mereka dapat beradaptasi dengan cepat dari offline menjadi online. Semenjak itu, mereka menerima order secara online untuk restoran di seluruh Amerika Serikat dan juga order dari pelanggan secara langsung. Pada http://www.fultonfishmarket.com/ tersedia berbagai layanan utama, antara lain :

Customer
Berisi mengenai jenis-jenis ikan yang dapat dibeli. Ketika user memilih salah satu ikan maka akan muncul penjelasan-penjelasan seperti nutrition facts, resep ikan tersebut (cooking methods), harga dan pastinya cart agar user dapat memesan sesuai kebutuhannya
Community Supported Fishery
Berisi mengenai lokasi-lokasi dari penyedia ikan-ikan di seluruh Amerika Serikat
Restoran
Dimana restoran dapat memesan ikan-ikan yang diperlukan

Di Amerika Fulton Fish Market merupakan salah satu e-commerce yang sukses. Seharusnya hal ini juga dapat diterapkan di Indonesia mengingat wilayah indonesia 2/3 adalah lautan. Selain itu sistem rantai suplai yang terlalu berbelit di Indonesia, menyebabkan harga ikan akan menjadi mahal ketika berada di pasaran. Dengan menerapkan sistem seperti ini, akan dapat menguntungkan berbagai pihak termasuk nelayan dan customer. Bagaimana pendapat kalian mengenai website mereka? Apakah mungkin jika hal ini diterapkan di Indonesia? Mengingat banyaknya permasalahan mengenai perikanan dan kelautan di Indonesia.

Sumber : http://www.fultonfishmarket.com/, Digital Commerce

fultonfishmarket.com merupakan website yang sangat bagus sekali bagi masyarakat untuk mendapatkan ikan yang berkualitas. saya ingin bertanya bagaimana sistem kerja fultonfishmarket.com dimulai dari nelayan hingga fultonfishmarket.com?apakah mereka langsung membelinya dari nelayan atau melalui pihak lain?

Fulton Fish Market merupakan pasar yang berada di dermaga. Untuk proses dari nelayan menuju pasar tersebut, ketika nelayan sudah sampai di dermaga mereka bisa langsung menyetorkan ikan-ikan mereka ke pasar tersebut untuk didistribusikan ke seluruh Amerika Serikat. Seperti yg dikatakan di awal bahwa Fulton Fish Market yang memegang kendali. Jadi, pelanggan hanya bisa membeli melalui website resmi / offline sekalipun.

Apakah Fulton merupakan pihak swasta (bukan milik pemerintah) ? Jika diterapkan di Indonesia apakah bisa ? Ataukah pemerintah harus membentuk BUMN yang serupa dengan Fulton ? Sehingga pemerintah bisa mengelola dan menerima keuntungan dengan baik.

Fulton bukanlah milik pemerintah. Tentu saja bisa diterapkan di Indonesia apabila dapat dikelola dengan baik, akan tetapi akan jauh lebih baik jika bukan independen. Pemerintah harus mendukung penuh dan membiayai ini karena wilayah Indonesia yang luas dan banyaknya dermaga di Indonesia.

terlihat fultonfishmarket mempermudah proses jual beli antara nelayan dan pelanggan melalui sarana website dan pasar ikan yang mampu berjalan hingga 182 tahun merupakan bukti bagaimana kualitas dan pelayanan di Fulton fish market sangat dijaga,maka merupakan pilihan yang tepat untuk membangun pelayanan marketplace untuk menunjang bisnis ikan ini supaya dapat menjangkau pasar yang mungkin lebih luas.