Memandikan Yorkshire Terrier

Bagaimana cara memandikan anjing Yorkshire Terrier?

Lepaskan semua aksesori yang dikenakan anjing, misalnya kalung, pita, atau pakaian anjing. Persiapkan anjing Anda di lantai yang nyaman atau di meja perawatan bulu anjing. Jika Anda akan bekerja di lantai, beri alas handuk besar yang lembut. Dengan demikian, bulu anjing tidak menyentuh lantai. Jika Anda menggunakan meja khusus, jangan pernah meninggalkannya sendirian. Seandainya anjing ketakutan dan melompat turun, anjing Anda bisa cedera.
Sebelum memandikannya, pastikan anjing sudah disisir dengan baik. Gunakan sisir pin untuk menyisir seluruh bulu Yorkshire, dan gunakan sisir biasa untuk menyisir seluruh bulunya kembali. Cara ini akan mencegah bulu anjing kusu

Mulai dari bagian atas kepala Yorkshire dan basahi tubuh anjing Anda sepenuhnya. Hati-hati, jangan biarkan air langsung masuk ke mata anjing. Pastikan Anda membasahi semua bulu sampai ke ekornya. Tuangkan sampo ke tangan dan usapkan pada bulu anjing hingga berbusa, mulai dari bagian atas leher sampai ke ujung ekor. Usapkan sampo pada bagian luar telinga, keempat kaki, dada, perut, feathering (poni atau bulu-bulu panjang), dan seluruh tubuh anjing. Jika Anda akan menyampo kepala anjing, mulailah dari bagian atas kepala dan teruskan sampai ke moncong.
Pilih sampo anjing krim yang akan membuat bulu Yorkshire halus dan lembut. Cari sampo antitetes, terutama untuk digunakan di kepala anjing. Jangan gunakan sampo untuk manusia karena keseimbangan pH-nya tidak sesuai dan dapat mengiritasi kulit anjing.

Gunakan air hangat dan jernih untuk membersihkan sampo dari bulu Yorkshire selama sedikitnya 3 menit. Teruslah membilas sampai tidak ada busa lagi dan air bilasan Anda bersih. Apabila Anda tidak membersihkan sampo sampai tuntas, sisa sabun dapat mengiritasi kulit anjing.
Mungkin lebih mudah untuk membersihkan anjing di wastafel. Jika anjing Anda cukup besar, cobalah menggunakan bak mandi. Namun, anjing bisa ketakutan oleh ruang yang besar.