Melawan Rasa akan takut Kegagalan dengan versi terbaikmu

“Jadilah pribadi yang menyenangkan dan lawanlah kegagalanmu dengan versi terbaikmu”

Apa definisi hidup bagi kamu? Kedamaian tanpa batas? Kebebasan berekspresi? Perjuangan? atau apapun itu kita pasti punya versi masing-masing apa arti hidup bagi diri kita bukan?

Namun pernahkah kalian berpikir tentang kegagalan? atau malah pernah mengalaminya atau bahkan mungkin sedang menghadapi proses kegagalan. Tentu kata gagal adalah hal yang menakutkan bagi banyak orang. Dan hampir semua orang mungkin tidak menginginkan kegagalan didalam hidupnya, termasuk saya sendiri. Sebisa mungkin kita selalu berusaha agar kegagalan itu tidak terjadi, apalagi jika kegagalan itu menjadi hambatan untuk kita terus bertumbuh kearah yang lebih baik, tidak peduli kegagalan itu berasal dari karir kita sendiri, hubungan percintaan, bisnis, akademik dan lain-lain. Lalu disaat ketika kita diperhadapkan yang namanya kegagalan, apa yang harus kita lakukan? Mungkin kebanyakan orang akan kebingungan atau malah menyerah. Dan tidak sedikit orang ketika menghadapi kegagalan selalu dihantui dengan rasa kegagalan itu sendiri, begitulah hidup.

Ada pepatah “Mencoba itu jauh lebih baik daripada tidak melakukan hal sama sekali”,

“Jangan patah semangat dengan apapun yang terjadi, Jika kita menyerah maka habislah sudah - Top Ittipad

Teman, jika kamu mengalami kegagalan saat ini, tenanglah… kamu tidak sendiri. Ada banyak orang diluar sana yang sedang berjuang melawan kegagalan mereka. Dan tidak sedikit orang-orang hebat didunia ini berasal dari orang-orang yang berhasil mengalahkan rasa takut akan kegagalan mereka.

Lalu bagaimana harus mengalahkan rasa takut akan kegagalan itu sendiri?

Pertama, kenali faktor kegagalanmu sendiri. Apakah dia berasal dari luar dirimu atau dari dalam dirimu. Atau malah berasal dari keduanya.

Kedua, belajarlah tenang menghadapi situasi apapun karena dalam kepanikan pasti akan menimbulkan kesalahan baru. Tenangkan dirimu, sebisa mungkin rilekslah dan belajarlah menerima kegagalanmu itu sendiri. Mengapa saya mengatakan itu kepada kamu? Karena kamu masih manusia dan tidak sempurna seperti Tuhan.

Ketiga, kenali kemampuan diri sendiri, jangan memaksakan sesuatu yang diluar kendalimu sebab jika terus memaksakan kehendakmu, itu hanya akan menambah beban pikiran dan ujung-ujungnya kamu hanya terus berputar di masalah yang sama. Belajar MOVE ON!

Keempat, ketika kamu sudah berhasil mengenali sumber masalah yang menciptakan kegagalan didalam hidupmu baik itu berasal dari dalam ataupun dari luar dirimu, cobalah memperbaikinya dengan versi terbaik kamu. Namun jika masalah itu berada diluar kendalimu maka lepaskanlah dan bergeraklah kemasalah baru. Dan sadarlah ada hal yang tidak bisa kita kendalikan kecuali Tuhan sendiri.

Kelima, beranilah mencoba sesuatu yang baru, baik itu bentuk strategi bertahan hidup dan lain-lain. Jika kamu mencoba sesuatu namun terus gagal, tidak ada salahnya kamu mencoba sesuatu yang baru. Berdoalah kapada Tuhan agar dia membantumu memberikan solusi dan ide baru dalam menghadapi masalahmu.

Keenam, percayalah bahwa semuanya pasti baik-baik saja. Percayalah bahwa Tuhan selalu ada untukmu dan tidak pernah meninggalkanmu bagimanapun situasimu saat ini. Dan jangan lupa percaya kepada kemampuan dirimu sendiri.

Ketujuh, jangan lupa bersyukur. Sebab dengan rasa syukur kamu pasti mampu melewati semuanya dengan baik. Kamu juga perlu bersyukur dengan dirimu sendiri karena tetap mampu bertahan hingga hari ini.

Kedelapan, berhentilah menyalahkan diri sendiri atau menyalahkan siapapun. Berhentilah menyalahkan keadaanmu sebab tindakan itu bukanlah solusi, atau malah akan memperhambatmu menuju kesuksesan. Berdamailah dengan dirimu, jadilah sahabat versi terbaik untuk dirimu sendiri sehingga kamu mampu melewati semuanya dengan lapang dada.

Kesembilan, beranilah bertindak, bergeraklah dan jangan berdiam diri, beranilah mengambil resiko. Sebab ketika kamu berdoa dan mempercayakannya kepada Tuhan
semuanya pasti baik-baik saja ditanganNya. Percayalah

Kesepuluh, bangunlah komunikasi yang baik dengan keluargamu, sahabatmu, dengan orang-orang di lingkungan sekitarmu dan juga untuk orang-orang kamu kenal atau baru kamu jumpai didalam hidupmu. Belajarlah menerima masukan orang lain dengan pikiran terbuka, namun kamu juga tetap memfilter apa saja masukan tersebut, kamu harus bisa bedakan mana masukan yang mendukung atau menghambatmu

Saya tahu hidup ini memang tidak mudah, karena semua orang pasti mengalami kesusahan versi diri mereka masing-masing. Percayalah jika sedang mengalaminya itu berarti kamu bukan dewa, kamu terbatas dan butuh Sang Penguasa untuk menyempurnakanmu, menguatkanmu dan memberikanmu kedamaian untuk menghadapi situasi apapun.

Ada yang ingin kuberitahu kepadamu. Tetaplah kuat ditengah kesesakan, karena dalam kesesakanlah kuasa Tuhan dinyatakan. Sekalipun saat ini keadaan kita gak memungkinkan, sekalipun kita kecewa berat dengan keadaan kita saat ini, sekalipun kita merasa bahwa seolah-olah tak ada jalan lagi, percayalah Tuhan tidak pernah berhenti bekerja didalam hidup kita. Sekalipun kita tidak bisa melihat Dia bekerja, sekalipun kita tak bisa merasakan pekerjaanNya, percayalah Dia tetap bekerja. Jadi jangan menyerah dalam hidup ini, sebab hidup bukan hanya berbicara tentang kebahagiaan tetapi sebuah perjuangan. Jangan patah semangat ya!

Kamu pasti bisa melewati semuanya dengan versi terbaikmu

2 Likes