Meg Whitman : CEO Hewlett Packard Enterprise (HP)

Source: https://3dprint.com/4292/meg-whitman-hewlett-packard-business-3d-printing/

BIOGRAFI MEG WHITMAN

Pekerjaan
CEO, Chairwoman, HP (Hewlett Packard) Inc., aktivis politik.

Afiliasi Lainnya

  • CEO eBay
  • The Walt Disney Company
  • DreamWorks
  • Procter & Gamble
  • Hasbro

Tempat dan Tanggal Lahir
Huntington, New York, U.S., 4 Agustus 1956

Kewarganegaraan
Amerika Serikat

Pendidikan

  • Princeton University
  • Harvard University

Total Kekayaan
$ 2.1 billion USD (Juni 2015)

Peringkat berdasarkan Forbes

  • 309 Forbes 400 (2016)
  • 93 Riches In Tech (2016)
  • 9 Power Women (2016)
  • 6 America’s Self-Made Women (2016)
  • 959 Billionaries (2016)
  • 383 Billionaries in United States (2016)

Riwayat Hidup


Lahir dengan nama asli Margaret Cushing Whitman, Meg dilahirkan pada tanggal 4 Agustus 1956. Mengenai keluarganya, bisa dikatakan ia lahir dalam keluarga yang biasa-biasa saja. Ayahnya yang seorang wiraswasta bernama Hendricks Hallett Whitman dan ibunya bernama Margaret Whitman.
Saat masih bersekolah di Cold Spring Harbor High School, ia merupakan salah satu lulusan terbaik dengan nilai yang sangat tinggi. Lalu ia melanjutkan studinya ke Princeton University. Di sana Meg mengambil bidang matematika dan ilmu pengetahuan. Keputusannya mengambil kedua jurusan tersebut adalah untuk menunjang cita-citanya sebagai dokter. Namun selepas menamatkan studinya, ternyata jalan hidup membawa Meg ke dunia yang sama sekali berbeda, yaitu dunia bisnis eksekutif.

Riwayat Karir


Karir Meg dimulai selepas lulus studi MBA nya di Harvard Business School, ia ditarik masuk ke perusahaan yang bergerak dalam industri hiburan Walt Disney (The Walt Disney Company) sebagai eksekutif perusahaan. Dari sana nama Meg sebagai seorang CEO mulai banyak didengar masyarakat, hingga jalan karir Meg pun bergulir ke beberapa perusahaan besar yang bergerak dalam bidang hiburan seperti Procter & Gamble, perusahaan film animasi DreamWorks hingga perusahaan mainan Hasbro.
Kecekatan serta visinya yang maju menjadikan dirinya banyak diinginkan perusahaan-perusahaan ternama. Dan yang menjadi salah satu langkah terbesar dalam karir Meg adalah pada saat ia diminta untuk mengisi posisi CEO di salah satu perusahaan berkembang yang sangat populer saat itu yaitu eBay.
eBay merupakan situs web lelang yang memungkinkan orang-orang dari seluruh dunia melakukan jual dan beli berbagai barang dan jasa. eBay pada saat itu memang sedang naik daun. Dengan makin berkembangnya dunia internet, eBay menjadi salah satu ladang bisnis paling sukses pada masa itu. Dan dengan masuknya Meg ke dalam jajaran eksekutifnya, perkembangan eBay melesat kian tinggi.
Keuntungan yang didapatkan eBay dari sebelumnya yang hanya US$ 4 juta pertahun saja bisa naik hingga US$ 8 miliar pertahun setelah beberapa tahun ia memegang perusahaan lelang online tersebut. Karirnya di eBay jugalah yang pernah mengantarkan dirinya mendapatkan predikat sebagai CEO wanita dengan gaji tertinggi di dunia versi salah satu majalah bisnis internasional.
Setelah 10 tahun berkarya di eBay, Meg memutuskan untuk pindah keperusahaan lain. Dan tawaran yang tidak bisa ditolak diberikan oleh salah satu perusahaan komputer kenamaan HP (Hewlett-Packard). Menjadi CEO disebuah perusahaan yang sudah sangat matang seperti HP tentunya memberikan tantangan tersendiri bagi seorang Meg. Namun ternyata dengan masa penyesuaian yang cukup singkat ia berhasil membawa HP ke jenjang yang lebih tinggi lagi dan siap bersaing dengan pabrikan komputer besar yang lain.
Titik ini bisa dikatakan sebagai puncak karir seorang Meg Whitman. Dengan gajinya yang mencapai US$15,36 juta pertahun menjadikan dirinya masuk ke jajaran wanita terkaya di California, Amerika Serikat.

Fakta-Fakta


  • Meg Whitman bercita-cita menjadi dokter
  • eBay sempat jatuh pada saat hari pertama Meg Whitman menjadi CEO
  • Wakil Ketua The Walt Disney Company
  • Dewan anggota direktur perusahaan Procter & Gamble
  • Meg Whitman pernah enghabiskan $ 144 Juta dana pribadi untuk Gubernatorial Run
  • Meg Whitman mendukung dana untuk menjaga lingkungan
  • Meraih gelar CEO of the year pada tahun 2003

Quotes


“Do wthatever you love and success will follow. Passion is the fuel behind a successful career” - Meg Whitman

“Most of us can’t even begin to imagine.”- Meg Whitman

“Problems are good, as long as you solve them quickly.” - Meg Whitman

“To be effective, leaders must have the qualities and attitudes essential to work in a group setting.” - Meg Whitman

" ‘Perfect’ is the enemy of ‘good enough’." - Meg Whitman

Summary

http://www.referenceforbusiness.com/biography/S-Z/Whitman-Meg-1956.html
http://shareranks.com/5956,Top-Facts-About-Meg-Whitman
https://en.wikipedia.org/wiki/Meg_Whitman
http://www.azquotes.com/author/15604-Meg_Whitman
http://www.forbes.com/profile/meg-whitman/

1 Like

Lahir pada 1957 di pinggiran kota Long Island,New York,Meg adalah anak sulung di keluarganya saat itu.

Ayahnya bernama Hendricks Hallet Whitman,seorang wiraswasta yang sering pergi untuk bekerja dalam jangka waktu yang lama,ibunya Margaret Whitman hanya seorang ibu rumah tangga biasa. Ia tumbuh menjadi anak yang bejiwa petualang dan penuh semangat.

Tidak banyak yang menarik dari kisah wanita sukses ini saat ia masih kecil. Hanya saja,saat masih SMA di Cold Spring Harbor High School,Meg termasuk kedalam 10 lulusan terbaik dengan nilai yang cukup tinggi.

Ia melanjutkan pendidikannya di Princeton Univeresity. Disana ia mengambil bidang matematika dan ilmu pengetahuan alam, untuk mencapai cita-citanya yaitu menjadi seorang dokter.

Pekerjaan pertama Meg ialah sebagai Brand Assistant di Proctor & Gamble Company di Cincinnati. Pada 1981, ia dipromosikan menjadi brand manager. Selama bekerja di perusahaan Whitman belajar banyak hal tentang pemasaran dan merek. Di perusahaan tersebut pula ia bertemu serta menikah dengan seorang dokter ahli bedah,Griffith R. Harsh IV.

Pada tahun 1989 Whitman bekerja di Walt Disney Corporation. Selama masa kerjanya di Disney,Whitman berkontribusi terhadap perusahaan,salah satunya dengan mendirikan took Disney pertama di Jepang. Ia telah belajar bagaimana menjalankan sebuah perusahaan bisnis,serta pentingnya pengalaman untuk masa depan yang tak ternilai harganya.

Sejak saat itulah namanya kian terkenal,hingga kemudian karirnya terus bergulir membawanya ke beberapa perusahaan besar seperti DreamWorks serta Hasbro. Ia dikenal sebagai sosok yang memiliki visi dan misi yang maju,hingga eBay sebagai salah perusahaan yang sedang populer saat itu menawarkan posisi CEO kepadanya. eBay merupakan salah satu ladang bisnis paling subur saat itu karena sedang populernya internet.

Karirnya selama 10 tahun di eBay sangat luar biasa, ia memajukan eBay baik dari segi korporasi maupun secara pendapatan. Karyawan yang sebelumnya berjumlah hanya 30 orang berkembang pesat menjadi 15 ribu karyawan, hal ini disebabkan kemajuan pendapatan.

Sebelumnya keuntungan yang didapat eBay hanya 4 juta USD pertahun,kini melonjak menjadi 8 miliar USD pertahun setelah dipimpin oleh Meg dalam jangka waktu hanya beberapa tahun.

Setelah berkarir di eBay selama 10 tahun,Meg Whitman terpilih menjadi CEO HP (Hewlett-Packard) sebuah perusahaan komputer yang sangat ternama. HP saat itu sedang mengalami krisis kepercayaan dari pasar. Dengan terpilihnya Meg Whitman sebagai pemimpin baru tentunya diharapkan dapat membawa HP ke masa kejayaannya kembali.

Karena menjadi pimpinan HP,Meg Whitman semakin populer. Ia termasuk kedalam nominasi 15 CEO wanita dengan gaji tertinggi. Gajinya di HP sendiri sebesar 15,36 Juta USD. Dengan jumlah gaji yang fantastis tersebut ia dinobatkan sebagai wanita terkaya keeppat di California,AS.

Kesuksesan Meg Whitman kian mendunia,ia dapat dijadikan sebuah teladan kepada seluruh kaum hawa agar senantiasa bekerja keras serta tidak mudah putus asa dalam berjuang agar mencapai kesuksesan dalam hidup.

Fokuslah pada tujuan dan berani mengambil tantangan – Meg Whitman

Source :
http://www.referenceforbusiness.com/biography/S-Z/Whitman-Meg-1956.html
http://www.plimbi.com/article/131172/iniah-kisah-sukses-meg-whitman-ceo-wanita-dengan-g
https://omlili.blogspot.co.id/2016/11/meg-whitman-ceo-wanita-dengan-gaji.html
https://id.techinasia.com/pelajaran-berharga-dari-wanita-sukses-di-ranah-teknologi

Margaret Cushing “Meg” whitman atau biasa dikenal dengan nama Meg whitman ini adalah seorang wanita yang menyelamatkan perusahaan elektronik bernama HP dan menjadi CEO nya. Wanita kelahiran 4 agustus 1956 ini memiliki penghasilan hingga sekarang senilai $2 miliyar setara dengan kurang lebih 26 trilliun rupiah.

Lahir pada 4 Agustus, 1956 di US, Meg whitman merupakan anak yang pintar saat kecil, Beliau selalu menjadi 10 besar dikelasnya saat SMA. Dan melanjutkan pendidikan nya ke Princeton University dengan jurusan sains dan matematika dengan tekadnya yang ingin menjadi dokter. Namun Meg merubah minatnya menjadi ekonomi karena saat liburan musim panas, Meg menghabiskan waktunya untuk berjualan iklan. Dan meneruskan pendidikannya di Harvard Business School hingga MBA(setara S2).

Meg Whitman memulai karirnya dengan mencoba sebagai brand manager, lalu ke perusahaan manajemen bain & company yang akhirnya menjadi senior vice president. Pada 1989, Meg Whitman bergabung dengan The Walt Disney Company sebagai vice president untuk rencana dan strategi, namun itu hanya berjalan selama 2 tahun dan melanjutkan ke perusahaan sepatu anak.

Pada tahun 1995, Meg Whitman menjadi ketua dari Florists’ Transworld Delivery, namun Beliau hanya menetap selama 2 tahun dan menjadi General Manager di divisi Playskool di Hasbro. Meg Whitman benar – benar mengharumkan reputasinya saat berada di Ebay,Awalnya Beliau sangat di incar oleh ebay saat berkerja di Hasbro, dan Meg menolaknya, namun akhirnya Beliau ambil juga. Dari awalnya pada 1998, hanya memiliki 30 pegawai, 10 tahun kemudian memiliki 15000 pegawai dan total penghasilan sebesar $8 miliyar (setara kurang lebih 105 trilliun rupiah).

Pada 2008 Meg Whitman dimasukan kedalam daftar Hall of Fame kategori bisnis di US. 3 tahun meninggalkan eBay, Meg Whitman bergabung ke perusahaan teknologi bernama HP dan menjadi CEO di september 2011. Whitman ditunjuk sebagai pemimpin dalam upaya untuk membangunkan lagi bisnis hardware HP ini yang sudah hampir jatuh. Harga saham perusahaan telah berada dalam keadaan dekat dengan freefall dengan laba operasi berjalan kurang dari 10% pendapatannya.

Pada tahun 2012, Meg Whitman menyusun rencana lima tahun yang fokus pada simplisitas model operasi dari produknya. Jika Rencana ini berjalan, maka HP dapat kembali berkembang di 2015. Dan hasilnya, HP sampai sekarang masih berjalan dan menjadi perusahaan teknologi yang dapat bersaing dengan perusahaan teknologi hardware lainnya seperti ASUS,ACER, DLL. Ketika Meg Whitman keluar dari eBay, Whitman memberi tahu bahwa Beliau akan menetap sebagai CEO di HP selamat 10 tahun ini hingga 2021.

Pesan dari Meg Whitman pada orang – orang yang bertanya bagaimana agar seperti dirinya, adalah berani. Menurutnya keberanian harus ada sejak dari kecil, dan keberanian yang dimaksud adalah keberanian yang bersifat baik. Meg Whitman juga bersyukur memiliki Ibu yang sangat luar biasa, Ibu nya yang bernama Margaret Cushing Whitman pernah turun ke perang dunia ke-2, maka dari itu, banyak sekali cerita yang Meg Whitman dapat dari ibunya ketika kecil sehingga membuatnya menjadi sekarang ini.

“Keberanian untuk menyikapi, memutuskan apa saja itu telah lahir sangat awal dalam setiap individu”- Meg Whitman.



https://www.forbes.com/profile/meg-whitman

Margaret Cushing “Meg” Whitman lahir pada 4 agustus 1956, putri Margaret Cushing (née Goodhue) dan Hendricks Hallett Whitman, Jr… Beliau adalah keturunan dari orang-orang ternama, seperti kakek buyutnya adalah Charles B. Farwell seorang senator A.S. Beliau adalah seorang pembisnis dan aktifis politik dan pendonor. Sekarang Whitman adalah presiden dan CEO dari Hewlett Packard Enterprise (hp). Beliau Lahir di Cold Spring Harbor, New York.

Whitman merupakan lulusan dari Universitas Princeton dan Sekolah Bisnis Harvard. Pada Tahun 80-an Beliau pernah bekerja menjadi wakil presiden dibidang perencaan strategis di perusahaan Walt Disney. Pada tahun 90-an beliau bekerja menjadi eksekutif di perusahaan lainya seperti DreamWorks, Procter & Gamble, dan Hasbro. Beliau juga bekerja menjadi presiden dan CEO dari salah satu web E-commerce terbesar, eBay, dari tahun 1998 sampai 2008. Beliau tidak hanya terjun ke bidang bisnis, pada bidang lain seperti politik juga diikuti. Beliau pernah mencalonkan diri menjadi gubernur California pada tahun 2009.

Saat masa SMA, Whitman ingin sekali menjadi dokter maka dia memilih program studi kedokteran di universitas Princeton. Dia termasuk anak yang pintar, sering masuk 10 besar di kelasnya. Namun setelah Ia lulus dari Princeton, Beliau tertarik dibidang bisnis maka Ia masuk sekolah bisnis Harvard.

Namun di masa-masa beliau sedang sukses di perusahaan ebay, beliau juga pernah merasakan kegagalan. Ketika itu, beliau mendapat kesempatan untuk terjun ke pasar Jepang. Jepang adalah salah satu pasar internet terbesar di dunia, pada saat itu Jepang berada di peringkat kedua. Kesalahan tersebut membuat eBay kehilangan kesempatan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih banyak dan membuat eBay menjadi Worldwide.

Namun tidak hanya itu kegagalan Beliau, pada tahun 2009 beliau kalah saat mencalonkan diri menjadi Gubernur California. Akibat kekalahan tersebut Beliau mendapatkan inspirasi untuk cara dia dapat mengembangkan kemampuan bisnis dia. Setelah itu, Beliau tidak akan mencalonkan diri lagi.

Setelah Beliau bekerja di eBay selama hampir 10 tahun, Meg Whitman bergabung dengan perusahaan besar dibidang komputer, HP (Hewlett-packard), dan terpilih menjadi CEO perusahaan tersebut. Pada saat itu, HP sedang mengalami krisis kepercayaan di pasar internasional. Namun dengan terpilihnya Meg Whitman sebagai pemimpin baru, HP mengalami masa-masa jayanya. Oleh karena itu, Beliau masuk kedalam 15 CEO wanita terkaya di dunia menurut majalah Forbes.

“Follow your intuition.” – Meg Whitman

Referensi:


Meg Whitman lahir pada tanggal 4 Agustus 1956, di Cold Spring Harbor, Long Island, New York. Anak bungsu dari tiga bersaudara yang lahir dari Hendricks dan Margaret Cushing, Meg dibesarkan di Cold Harbor Spring, New York. Percaya diri dan cerdas, pada tahun 1974 dia lulus dari sekolah menengah atas. Whitman kemudian mendaftarkan diri di Universitas Princeton, di mana dia mendapatkan gelar sarjana di bidang ekonomi. Dia kemudian mengikuti program MBA di Harvard Business School, dan lulus pada tahun 1979.

Setelah menuntaskan kuliahnya di Harvard, Meg pindah ke Cincinnati untuk bekerja sebagai manajer merek di Proctor & Gamble. Di sana, Whitman bekerja sama dengan CEO Microsoft Steve Ballmer.
Tapi waktu Whitman di Cincinnati singkat. Setelah dua tahun, dia mengikuti suami barunya, ahli bedah saraf Griff Harsh pindah ke San Francisco. Whitman kemudian bekerja di Bain & Company, firma konsultasi bisnis yang sangat sukses, di mana dia bekerja dengan gubernur Massachusetts Mitt Romney. Dari Bain, Whitman melanjutkan pekerjaannya ke sejumlah perusahaan besar seperti Disney, Stride Rite, FTD dan Hasbro. Pada tahun 1998, dia bekerja di Silicon Valley sebagai CEO eBay. Dibawah arahannya, perusahaan muda itu segera berubah menjadi raksasa lelang online yang menghasilkan penjualan sebesar $ 86 juta tahun pertamanya menjadi $ 7,7 miliar satu dekade kemudian, saat Whitman mengundurkan diri sebagai CEO.

Pada tahun 2009 Whitman mengumumkan rencananya untuk mencalonkan diri sebagai gubernur California. Dengan keadaan yang sedang dilanda krisis ekonomi dengan defisit yang sulit untuk diatasi, Whitman dan pendukungnya percaya bahwa California akan mendapatkan keuntungan dari latar belakang bisnisnya. Whitman juga bertugas sebagai penasihat John McCain selama pemilihan presiden tahun 2008 alhasil John McCain pun bersedia menyumbang uang tunai sebesar $ 119 juta dari uangnya untuk kampanye. Secara keseluruhan biaya teresebut cukup untuk memenangkan nominasi Partai Republik, namun tidak cukup untuk mengalahkan mantan gubernur California Jerry Brown dalam perlombaan.

Sebagai kandidat, Whitman menunjukkan pengalamannya dalam kampanye. Dia mengungkapkan sedikit tentang dirinya kepada para pemilih, dan di minggu-minggu penutupan . Namun salah satu insiden terjadi ketika akhir penutupan menyangkut mantan pengurus rumah tangganya, yang mengatakan bahwa dia dipecat setelah sembilan tahun bertugas, setelah dia mengungkapkan kepada Whitman bahwa dia adalah seorang imigran ilegal.

Setelah kalah dalam hal politik, walaupun pengeluaran Whitman yang diperkirakan bernilai lebih dari $ 1 miliar namun ternyata dia masih diminati di dunia bisnis. Pada bulan September 2011, ia dipilih untuk menjalankan perusahaan komputer raksasa Hewlett-Packard (hp). Berkat ketekunan dan visinya, HP mulai perlahan memperlihatkan tajinya kembali. Geliat pasar akan kehadiran produk HP cukup tinggi setelah Meg Whitman memmpin perusahaan ini.

Padahal awalnya Meg Whitman diragukan kemampuannnya oleh para pemegang saham HP. Karena menjadi pimpinan HP, Meg Whitman pun semakin populer. Meg Whitman sendiri masuk sebagai salah satu dari 15 CEO wanita dengan gaji yang tinggi. Gajinya di HP sendiri adalah US$15,36 juta. Dengan jumlah gaji yang luar biasa tersebut membuat dia dinobatkan sebagai wanita keempat terkaya di California, Amerika Serikat.

Whitman saat ini memiliki dua anak laki-laki dewasa dengan suami lamanya, Griff, yang bekerja di Stanford Hospital. Pasangan ini tinggal di Atherton, California.

“Kita bisa menjadi apapun yang kita inginkan. jangan biarkan orang lain berkata ,'kau tidak terlalu pintar…ini terlalu sulit…itu adalah ide yang bodoh…tidak ada yang melakukan itu sebelumnya ’ jangan pernah mengkhawatirkan apapun yang orang lain katakan” -Meg Whitman

Source : https://www.biography.com/people/meg-whitman-20692533