Media Komunikasi Di Era Digital

IMG_20200714_202537|538x432

PENDAHULUAN
Perkembangan zaman sekarang semakin pesat dan media komunikasi juga semakin canggih. Para millenial pasti tidak asing lagi dengan media komunikasi. Di era modern ini komunikasi sangat penting perannya dalam berbagai bidang seperti pendidikan, politik, ekonomi, teknologi dan sosial, karena komunikasi berguna untuk menyampaikan informasi kepada orang lain agar semua orang bisa mengetahui informasi tersebut. Selain itu komunikasi tidak hanya untuk menyampaikan informasi, tetapi komunikasi juga bisa untuk menyampaikan pendapat dan mempermudah pekerjaan. Dengan adanya komunikasi kita bisa menambah wawasan dan pengetahuan yang belum kita ketahui. Selain itu berkomunikasi dengan orang lain bisa membuat kita lebih dekat dan akrab.

Dalam era digital ini komunikasi sudah berkembang sangat pesat dan semakin banyak macam macam alat komunikasi modern seperti handphone, komputer, laptop, ipad. Bahkan sekarang pun banyak beredar aplikasi untuk berkomunikasi secara online yang bisa kita gunakan hanya dengan menekan dilayar handphone maka kita bisa berkomunikasi dengan orang yang kita inginkan. Dengan begini kita bisa berkomunikasi secara mudah dan fleksibel tanpa ada kendala atau hambatan. Komunikasi dapat dibedakan menjadi dua yaitu komunikasi secara langsung dan daring. Komunikasi langsung yaitu komunikasi yang dilakukan dengan bertatap muka atau langsung bertemu komunikan nya dan dilakukan dengan berbicara secara langsung. Sedangkan daring yaitu dilakukan dengan cara tidak langsung atau tidak bertatap muka. Komunikasi secara daring bisa di lakukan dengan berbagai alat komunikasi seperti handphone, radio, televisi dan lainnya. Dengan berkomunikasi secara daring atau tidak langsung adalah cara yang lebih mudah karena kita tidak perlu bertemu orangnya langsung. Apalagi di zaman modern ini berkomunikasi secara daring juga bisa bertatap muka meski tidak langsung yang bisa disebut dengan video call Sekarang di zaman digital sudah ada aplikasi untuk berkomunikasi secara daring seperti WhatsApp, Google meet, Line, Messenger, dan lainnya.

PEMBAHASAN
Komunikasi pada zaman tradisional sangat berbeda dengan zaman modern meski mempunyai tujuan yang sama tapi cara penyampaian informasi nya berbeda. Pada tahun 105 M ditemukan alat komunikasi berupa kertas dari Negeri Cina yang terbuat dari bambu dan penggunaan nya dengan menggunakan tinta. Jika di zaman sekarang kertas juga masih digunakan alat komunikasi untuk bertukar kabar pada seseorang tetapi dengan cara menulis menggunakan pensil atau bolpoin dan setelah itu kita berikan pada pak pos agar surat tersebut bisa sampai ke penerima surat yang kita tuju. Di tahun 1877, Alexander Graham Bell menciptakan sebuah alat komunikasi yang bernama telepon cara penggunaannya yaitu dengan nomer dan huruf. Di zaman modern juga masih menggunakan telepon sebagai alat komunikasi tapi sekarang telah berkembang menjadi handphone, selain itu handphone juga bisa digunakan untuk berkirim pesan secara mudah, kapanpun dan dimanapun. Jadi tidak heran jika hampir semua orang memiliki alat komunikasi handphone karena bisa digunakan dalam berbagai macam dan juga handphone memiliki ukuran yang tidak sebesar telepon sehingga bisa dibawa kemanapun.

Dalam berkomunikasi kita harus membuat komunikan memahami apa yang kita sampaikan karena apabila komunikan dapat memahami pesan yang disampaikan oleh komunikator dengan baik maka komunikasi tersebut dapat dikatakan sebagai komunikasi yang efektif. Komunikasi yang efektif dibangun oleh keseimbangan komponen-komponen yang terlibat dalam proses komunikasi tersebut.Seperti halnya suatu transaksi setiap komponen komunikasi akan saling mempengaruhi dan seorang komunikator akan beraksi dan bereaksi sehingga tersusun menjadi satu kesatuan yang utuh. Proses inilah yang disebut sebagai proses komunikasi.Proses komunikasi dapat berlangsung dimana saja dan kapan saja, karena pada saat seseorang merenung pun dia sedang menjalankan proses komunikasi dengan dirinya sendiri.

KESIMPULAN
Dapat diartikan bahwa komunikasi adalah suatu proses transaksional yang melibatkan pikiran, lisan, tangan, hati, serta syaraf motorik yang terdapat dalam diri kita. Pada dasarnya kita tetap membutuhkan komunikasi dalam kegiatan apapun karena komunikasi sangat penting dalam memudahkan pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan manusia. Ilmu dalam hal komunikasi juga penting untuk diajarkan kepada anak muda zaman sekarang agar mereka tidak hanya menggunakan tetapi juga membuat dan mengembangkan komunikasi menjadi lebih baik dan lebih mudah digunakan. Karena dengan begitu anak muda bisa mempelajari dalam media komunikasi. Semakin bertambah tahun era digital akan semakin berkembang, maka dari itu kita harus memberi pelajaran calon penerus bangsa tentang komunikasi agar mereka tidak menyalahgunakan media komunikasi untuk kejahatan atau hal negatif lainnya. Dan kita juga harus waspada dalam menggunakan media komunikasi, sekarang juga masih banyak kejahatan lewat media komunikasi seperti penipuan, bullying, pencemaran nama baik dan lainnya. Dalam UU ITE Pasal 28 tahun 2008 bahwa “Setiap Orang yang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan berita bohong dan menyesatkan yang mengakibatkan kerugian konsumen dalam Transaksi Elektronik, dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp 1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah).” Jadi kita selaku pengguna media komunikasi sebaiknya gunakan media komunikasi dengan benar dan bijak agar tidak merugikan diri sendiri maupun orang lain.