Maurice Lévy, Chairman dan CEO Publicis Groupe adalah satu dari sedikit CEO dunia yang bekerja dari departemen TI.
Publicis Groupe, didirikan pada tahun 1926, adalah grup komunikasi terbesar ketiga di dunia. Grup ini dikenal dengan kreativitasnya yang terkenal di dunia, teknologi kelas terbaik, keahlian digital dan konsultasi.
Fokus masa depan sejak 1926
Publicis Groupe tidak pernah mengalihkan pandangannya dari masa depan. Pada tahun 1926, Marcel Bleustein-Blanchet menciptakan apa yang pada dasarnya merupakan startup, dan menamakannya Publicis setelah kata periklanan Prancis dan “6” - nomor favoritnya. Gairah Marcel untuk komunikasi, untuk menciptakan hubungan antara pengiklan dan konsumen, mengubah bidang baru ini menjadi profesi yang berkembang dan dihormati - dan nilai-nilainya: perhatian pada orang lain, rasa hormat, tetap setia pada produk, kepuasan pelanggan, kualitas dan kreativitas terus mendorong Publicis Groupe hari ini.
Semangat perintis, keyakinan yang tak tergoyahkan dan nilai etika pendirinya - semangat juangnya yang legendaris dan kepribadian unik yang langka - telah membentuk grup yang luar biasa. Publicis Groupe dibangun di atas suksesi inovasi dan transformasi yang telah memperkuat budaya dan keahlian yang terus berjalan jauh di seluruh Groupe kami.
Maurice memberikan penjelasan tentang seberapa besar data, e-commerce, transformasi digital dan 2 miliar konsumen baru akan mempengaruhi industri kreatif. Dalam membayangkan komunikasi di masa depan dan pentingnya memikirkan kembali persimpangan di dunia yang buram, Ia berbagi 7 kunci untuk masa depan:
-
“Blurred World”
-
Kecepatan
-
Transformasi Digital
-
Formula: IQ, EQ, TQ & BQ
-
Perintis di Dunia Periklanan Hari Ini
-
Isu Kolaborasi
-
Cara Menyelaraskan Orang
Levy, yang memimpin Publicis Groupe selama 30 tahun, akan bergabung dengan dewan pengawas sebagai ketua, dengan persetujuan pemegang saham. Di bawah kepemimpinannya, Publicis Groupe menjadi grup layanan pemasaran terbesar ketiga di dunia, terutama mengumpulkan banyak agen digital dalam beberapa tahun terakhir, dan juga gagal dalam usaha untuk bergabung dengan Omnicom Group.
Apa yang dipelajari oleh Maurice Levy “Publicis” dari penggabungan Omnicom yang gagal
Selama 30 tahun, periklanan multinasional Prancis dan perusahaan Publicis telah meraih banyak prestasi dengan Maurice Levy sebagai pimpinannya. Namun, tidak selalu berjalan mulus.
Pada bulan Juli 2013, pengiklan yang berbasis di AS, Omnicom dan Publicis mengumumkan niat mereka untuk membentuk “penggabungan yang setara” dan menciptakan Publicis Omnicom Group, sebuah kelompok yang merupakan salah satu biro iklan terbesar di dunia, dengan kapitalisasi pasar gabungan sebesar $35,1 miliar. Tetapi, kurang dari setahun kemudian pada bulan Mei 2014, perusahaan mengumumkan bahwa mereka telah menghentikan penggabungan yang diusulkan.
Dalam sebuah pernyataan, kelompok tersebut mengatakan bahwa tingkat ketidakpastian telah muncul yang “merugikan” kepentingan kedua kelompok, menyusul kesulitan dalam mengatasi tantangan tertentu dan juga perjuangan untuk menyelesaikan transaksi dalam rentang waktu yang tepat. Bagi Omnicom dan Publicis, Levy mengatakan bahwa seolah-olah kedua kelompok tersebut “mengatakan hal yang sama namun memberi arti berbeda di balik” itu.
“Saya pikir itu terlalu buruk sehingga tidak sampai pada kesimpulan dan keberuntungan, karena kita memiliki sudut pandang yang berbeda, bahwa pada akhirnya, ini bisa menjadi mimpi buruk,” ucap Levy.
“Saya sangat senang dengan pilihan ini, mana yang paling tepat dan bijaksana untuk masa depan grup kami, dan mengucapkan selamat kepada Arthur Sadoun dengan hangat,” kata Levy dalam sebuah pernyataan. “Bukan hanya pilihan, ini adalah pilihan terukur dan terpikirkan dengan baik yang membuka pintu baru untuk masa depan grup kami yang menakjubkan. Sadoun, profesional dan berpengalaman dengan visi inspirasional industri dan kebutuhan klien kami. Kecerdasan, energi dan hasrat yang diperlukan untuk menguasai perdagangan kita di dunia yang terhubung yang terus berubah dan terus berkembang.”
Dengan diberhentikannya rencana penggabungan ini, Levy berharap agar yang terbaik untuk CEO Omnicom John Wren.
“Saya pikir Anda tidak bisa menang sepanjang waktu dan Anda belajar lebih banyak dari kegagalan daripada kesuksesan,” - Maurice Levy
"Terkadang, memiliki keberanian untuk melihat situasi yang tidak akan baik, dan kita melihat bahwa kita pasti akan melewati tebing dan kemudian jatuh bebas. Jauh lebih baik berhenti, sebelum jatuh." - Maurice Levy
Sumber:
- Win in the platform world | Publicis Groupe
- Publicis Chairman Maurice Lévy On 'The Blur' And 6 Other Coming Trends
- https://www.cnbc.com/2017/06/28/what-maurice-levy-learnt-from-the-failed-publicis-omnicom-merger.html
- https://www.holmesreport.com/latest/article/arthur-sadoun-to-succeed-maurice-levy-as-publicis-groupe-ceo