Mau nanya anak desain biasanya belajar apa saja sih?

Kamu mau sekolah jurusan desain grafis? Tertarik untuk mempelajarinya? Tapi masih bingung apa saja yang akan kamu pelajari dan dapatkan kalau masuk di jurusan tersebut? Nah, mungkin dari teman-teman disini bisa membagikan pengalamanya saat sekolah di jurusan desain grafis hehe

Berikut ini hal-hal yang akan kalian temui saat belajar desain:

1. Design Fundamentals
Pertama, sudah pasti kamu akan belajar dasar-dasar desain grafis, seperti elemen dan prinsip desain. Mempelajari elemen desain, seperti titik, garis, bentuk, tekstur, ruang, dan warna menjadi materi pertama yang akan kamu temui. Selain itu, kamu juga akan belajar tentang prinsip desain seperti keseimbangan (balance), kesatuan (unity), ritme, penekanan (emphasis), proporsi, kontras, repitisi, dan unity (kesatuan). Mengapa seorang desainer grafis perlu mempelajari dasar-dasar dalam desain grafis? Tujuannya, agar mampu merancang suatu desain yang berkualitas, menarik dan berguna untuk memvisualisasikan ide atau memecahkan masalah tertentu.

2. Fotografi
Jangan heran dulu, fotografi juga diperlukan dalam desain grafis. Di sini kamu akan belajar seputar pemahaman teknis fotografi sebagai medium komunikasi visual melalui praktik di lapangan. Kamu akan berlatih menggunakan teknik-teknik fotografi, montage, komposisi, dan pencahayaan.

3. Creative Drawing
Belajar desain grafis pasti nggak lepas dari yang namanya menggambar. Oleh karena itu, diperlukan belajar creative drawing agar kalian nggak hanya sekadar bisa menggambar, tapi dapat menciptakan gambar yang kreatif dan menarik. Selain itu, kalian juga akan mendapatkan teknik, cara dan proses menggambar yang mencakup perspektif, light and shadow, mengarsir, construction of form, space and proportion, dan figure.

4. Tipografi
Kalian akan belajar tentang tipografi, meliputi keterampilan dasar dalam jenis gaya dan font yang digunakan dalam teks dan logo, pemahaman dasar tentang bagaimana detail visual dapat dirasakan oleh audiens, macam-macam tipografi, sejarah tipografi, kombinasi tipografi, klasifikasi tipografi dan masih banyak lagi.

5. Art & Design History
Belajar dasar-dasar desain grafis, tipografi, teknik dan proses menggambar sudah kamu dapatkan. Lantas, ada satu hal yang nggak boleh ketinggalan. Yups! selain menguasai teknik dan prosesnya. Kamu juga harus tahu bagaimana sejarah perkembangan seni dimulai dari peradaban pra modern, inovasi teknologi, gerakan seni rupa, dan seniman-seniman yang mempengaruhi desain grafis saat ini. Kalau kamu belajar desain di IDS, kamu akan dibekali dengan pengetahuan sejarah dan konteks seni rupa sehingga nantinya dapat menempatkan desain dalam konteksnya.

6. Single Page Design
Sebagai entri awal dari Digital Publishing, kamu akan mengeksplorasi prinsip-prinsip dasar desain (warna, bentuk, tipografi dan komposisi). Prinsip-prinsip dasar ini dipadukan dan diaplikasikan pada penciptaan berbagai tata letak desain suatu solusi desain. Kamu akan berlatih melalui tugas-tugas yang mencakup perancangan konsep dan komposisi layout sebagai solusi visual yang sesuai untuk target audiens.

7. Desktop Publishing
Di sini kamu akan mempelajari software aplikasi standar industri cetak digital. Fitur-fitur seperti master page, style sheet dan pewarnaan juga termasuk didalamnya. Kamu akan diajarkan menerapkan dasar-dasar komposisi dengan mendesain layout untuk halaman tunggal maupun jamak.

8. Communication & Presentation
Komunikasi dan presentasi adalah salah satu hal penting yang sering dilupakan. Cara-cara penyampaian gagasan, pendapat, argumentasi dan buah pikiran lain dilatih secara efektif dan meyakinkan. Teknik penyampaian menjadi pokok perhatian, termasuk bahasa tubuh, vokal dan komunikasi yang efektif dengan pendengar.

9. User Interface (UI) Design
Di sini kamu akan belajar mendesain interface digital dengan menggunakan prinsip-prinsip desain dan tipografi. Proses desain akan menyelaraskan fungsi teknis dan elemen visual untuk menciptakan sistem yang tidak hanya dapat dioperasikan, namun juga dapat beradaptasi dengan kebutuhan pengguna yang berubah-ubah.

__

Itu dia kesembilan mata kuliah yang akan kalian temukan kalau belajar desain grafis,
Semoga bermanfaat mengenai jawaban yang saya berikan, terimakasih :pray:

1 Like