Bagaimana hubungan antara kolesterol dengan gosok gigi?

gosok gigi

Adakah hubungan antara kolesterol dengan sikat gigi ? Bagaimana hubungannya ?

Tahukah kalian kolesterol, bersama-sama dengan trigliserida, merupakan dua lemak utama dalam darah. Lemak (disebut juga lipid) adalah zat kaya energi yang sangat dibutuhkan dalam metabolisme tubuh. Agar dapat diangkut dalam sirkulasi darah dan didistribusikan ke jaringan tubuh, lemak mengikat dirinya dengan protein; ini disebut sebagai lipoprotein. High density lipoprotein/HDL dan low density lipoprotein/LDL adalah lipoprotein yang berperan penting dalam pendistribusian kolesterol.

Ada pula HDL, yang sering disebut “kolesterol baik”, berfungsi mengangkut kolesterol dari jaringan kembali ke hati untuk proses metabolisme. Sementara LDL sering disebut “kolesterol jahat” karena berfungsi membawa kolesterol ke sel yang mengandung reseptor LDL, dan dapat menumpuk jika kadar kolesterol melebihi jumlah yang dibutuhkan.

Telah diketahui secara luas bahwa salah satu cara pencegahannya adalah memperbaiki gaya hidup dan pola makan. Namun ternyata, kondisi hiperlipidemia ini juga berhubungan timbal balik dengan kesehatan gigi dan mulut, dan perawatan gigi dapat berpengaruh positif terhadap metabolisme lemak, demikian juga sebaliknya, pengendalian kadar lemak dapat meningkatkan kesehatan jaringan pendukung gigi.