Matt Mullenweg : Dibalik terciptanya Raksasa WordPress

kwightka

Siapa yang tidak kenal dengan WordPress, salah satu penguasa dunia web ini sangat familiar bagi para pecinta dunia maya. Platform WordPress yang sangat familiar ini ternyata mempunyai sisi gelapnya, bahkan sangat jarang yang tahu siapa pendiri dari platform web satu ini.

Nama Matt Mullenweg tak sefamiliar dengan nama platform yang dibuatnya. Ya, platform WordPress dikembangkan pertama kali oleh Matt Mullenweg. Matt Mullenweg yang mempunyai nama lengkap Matthew Charles Mullenweg adalah seorang pria yang dilahirkan dan dibesarkan di Houston, Texas, Amerika Serikat (AS) pada 11 Januari 1984.

###SEJARAH MUNCULNYA WORDPRESS

Sejarah WordPress dimulai saat Matt berusia 18 tahun yaitu pada tahun 2002. Pada saat itu, Matt baru mulai menggunakan fasilitas blog yakni blog b2cafelog (bbpress.org) untuk mempublikasi foto-fotonya selama perjalanan ke Washington D.C.Namun, beberapa bulan kemudian, blog bbpress tersebut berhenti dalam mengembangkan software-nya. Karena kondisi seperti itu, muncullah pemikiran kreatif dari Matt untuk melanjutkan pengembangan blog. Pada Januari 2003, Matt Mullenweg mengumumkan melalui blog-nya bahwa dia akan mengembangkan blog b2 sehingga sesuai dengan standar web saat itu.

Karena b2 yang tidak lagi mengembangkan blognya, akhirnya Matt bersama Mike Little berinisiatif untuk mengembangkan coding WordPress berbasis b2. Kemudian, Mike dan Matt bersama Michel Valdrighi (mantan pengembang b2), mulai aktif mengembangkan WordPress hingga lahirlah WordPress yang dikenal hingga saat ini. Pada 27 Mei 2003, WordPress versi 0.70 dirilis. Versi 0.7 ini masih mengandung struktur file yang sama dengan pendahulunya, b2cafelog.

Di usia 19 tahun (Maret 2003), Matt bersama rekannya mendirikan GMPG dengan format yang lebih kompleks dari HTML. Setahun kemudian, WordPress meluncurkan fasilitas Ping-O-Matic yang berguna untuk mengirim ping notifikasi kepada search engine blog seperti Technorati. Saat ini, Ping-O-Matic telah melayani lebih dari 1 juta ping tiap harinya.
DROP OUT

Rupanya Matt Mullenweg mempunyai kisah pendidikan yang sama seperti Bill Gates dan Steve Jobs yaitu drop out. Matt Mullenweg drop out dari jurusan Ilmu Politik University of Houston pada tahun 2004. Setelah itu ia bekerja di CNET perusahaan situs web media teknologi yang menerbitkan artikel berita, blog, dan podcast mengenai teknologi dan elektronik konsumen , ia bekerja di CNET hingga tahun 2005 akhir dan memutuskan keluar dari CNET. Keputusan keluar dari CNET tersebut bukan tanpa alasan, Matt keluar karena ingin fokus dalam mengembangkan WordPress dan usahanya. Tak lama setelah memutuskan untuk keluar dari CNET, Matt berhasil mengembangkan aplikasi Akismet yang berfungsi memblokir komentar yang terindikasi sebagai spam. Masih di tahun 2005, Matt akhirnya membuka perusahaan bernama automattic yang menjadi perusahaan induk dari WordPress, Akismet, Gravatar, VaultPress, IntenseDebate, Polldaddy, dan masih banyak lagi.

###22 TAHUN MEREKRUT SENIOR MANAJER YAHOO!

Jiwa enterpreneur yang dimiliki oleh matt menghantarkan bisnisnya menjadi bisnis yang masuk dalam kategori profesional. Pada tahun 2006 di usia 22 tahun, Matt merekrut mantan CEO Oddpost dan Senior Manajer Yahoo!, yaitu Tony Schneider sebagai CEO Automattic. Beberapa bulan setelah itu Akismet yang merupakan anak perusahaan Automattic dapat meraup keuntungan USD 1,1 juta yaitu pada April 2006.

Dengan kehebatan dan kerja kerasnya, pada tahun 2007 PC World menobatkan Matt Mullenweg sebagai 16 dari 50 Orang Terpenting di Dunia Internet dan Matt Mullenweg menjadi orang termuda dalam penghargaan tersebut, yaitu dengan usia 23 tahun. Jiwa wirausaha yang dimiliki Matt Mullenweg menjadikannya salah satu pengusaha muda yang sukses, pasalnya di usia 25 tahun dia mempunyai kekayaan tidak kurang dari USD 40 juta atau sekitar (Rp. 400 Miliar).

###KORELASI POLITIK, SENI DAN BLOG-SOFTWARE

Pada saat wawancara singkat di salah satu stasiun televisi Indonesia, matt menjawab pertanyaan tentang adakah korelasi ilmu politik, seni dan blog-software. Jawaban Matt adalah “Ada dua hal yang berpengaruh. Pertama, ilmu politik berkontribusi besar pada paradigma software open-source (gratis)…Kebanyakan orang yang bekerja dibidang software adalah volunteer (relawan). Mereka bekerja karena mereka menyukai pekerjaannya, bukan karena ditekan atau sejenisnya. Jadi, dalam hal ini prinsip politik adalah tetap membuat mereka senang/bahagia serta menjaga komunitas dimana mereka terlibat langsung. Dan kita hanya perlu memfasilitasinya.
Dan saya pikir [hal kedua seni], software yang bagus memiliki struktur dan desain yang baik.”

Keberanian, kegigihan dan kreatifitas menjadi faktor utama untuk menjadi sukses. Matt Mullenweg berinovasi dengan kreasinya sebagai fotografer yang mengantarkannya menyukai dunia blogging dan akhirnya mendapatkan peluang untuk mengembangkan b2 yang tutup dalam mengembangkan web. Matt Mullenweg berani mengambil risiko keluar dari CNET untuk berusaha dengan keras dalam mengembangkan bisnisnya

Peluang bisa didapat dari banyak sisi. Matt Mullenweg memanfaatkan peluang dari blog b2 yang berhenti mengembangkan blognya dan dengan kreativitas serta keuletan dan keberaniannya akhirnya perusahaan yang dikelolanya sekarang menjadi salah satu raksasa dunia blog.

Matt Mullenweg memang drop out dari sebuah universitas, namun ilmunya tetap dipakai hingga dia sukses di dunia bisnis. Walaupun pendidikan tidak secara langsung berkorelasi, setiap aktivitas dan latar belakang pendidikan kita pasti akan berpengaruh baik secara langsung maupun tidak langsung.

Riwayat Hidup

Matthew Charles Mullenweg atau yang dikenal Matt Mullenweg lahir pada tanggal 11 Januari 1984, di Houston, Texas ,Amerika Serikat. Di SMA, Matt belajar Visual dan Performing Arts di sekolahnya dan dia mahir memainkan saksofon. Meski belajarnya bukan bidang teknologi dan pemrograman komputer, namun Matt berhasil membangun dan mengembangkan yang sekarang sangat populer yaitu WordPress.com dan bisnis Automattic-nya.

Pendiri WordPress, yang sekarang menjalankan lebih dari 27% dari semua situs web di dunia. Pendiri dan CEO Automattic, perusahaan yang beranggotakan lebih dari 550 orang yang bekerja dari seluruh dunia untuk menjadikan web sebagai tempat yang lebih baik.

Perjalanan Karier dan Lahirnya WordPress

Sejarah WordPress dimulai saat Matt berusia 18 tahun yaitu pada tahun 2002. Pada saat itu, Matt baru mulai menggunakan fasilitas blog yakni blog b2cafelog (bbpress.org) untuk mempublikasi foto-fotonya selama perjalanan ke Washington D.C.Namun, beberapa bulan kemudian, blog bbpress tersebut berhenti dalam mengembangkan software-nya. Karena kondisi seperti itu, munculah pemikiran kreatif dari Matt untuk melanjutkan pengembangan blog. Pada Januari 2003, Matt Mullenweg mengumumkan melalui blog-nya bahwa dia akan mengembangkan blog b2 sehingga sesuai dengan standar web saat itu.

Karena b2 yang tidak lagi mengembangkan blognya, akhirnya Matt bersama Mike Little berinisiatif untuk mengembangkan coding WordPress berbasis b2. Kemudian, Mike dan Matt bersama Michel Valdrighi (mantan pengembang b2), mulai aktif mengembangkan WordPress hingga lahirlah WordPress yang dikenal hingga saat ini. Pada 27 Mei 2003, WordPress versi 0.70 dirilis. Versi 0.7 ini masih mengandung struktur file yang sama dengan pendahulunya, b2cafelog.

Suksesnya Matthew Mullenweg

Pada usia 25 tahun, Matthew Mullenweg telah berhasil menjadi miliader muda dengan kekayaan tak kurang dari EUR 40 juta (Rp 400 miliar).

Dia juga dinobatkan sebagai orang ke-16 “50 Orang Paling Penting di Dunia Internet” oleh PC World di tahun 2007. Dari daftar 50 orang tersebut, Matt merupakan yang termuda (23 tahun). Beredar isu bahwa bisnis yang didirikan Matt, Automattic, ditawar hingga USD 200 juta, namun Matt menolak untuk menjualnya. Riwayat hidup Matt Mullenweg sangat menginspirasi. Bagaimana tidak, di usianya yang masih muda ia sudah menjadi seorang Miliarder. Ia juga dinobatkan menjadi orang yang berpengaruh di dunia internet. Hal yang patut kita contoh dari Matt yaitu pemikiran kreatif dan inovasinya.

Bidang keahlian

  • Free Software
  • Jazz
  • Open Source
  • Web

Quotes

“If you want to be good at something, you really have to work at it every single day. You have to work hard at the things that are hard. Otherwise you are just treading water.”

“I am an optimist, and I believe that people are inherently good and that if you give everyone a voice and freedom of expression, the truth and the good will outweigh the bad.”

Sumber

https://www.ted.com/profiles/6683728
http://info-biography.blogspot.co.id/2010/03/matt-mullenweg-founder-wordpress.html
https://ma.tt/about/
https://www.brainyquote.com/quotes/quotes/m/mattmullen652953.html

image
Matthew Charles " Matt " Mullenweg (lahir 11 Januari 1984) adalah seorang pengusaha media sosial online dan pengembang web yang tinggal di San Francisco. Dia terkenal karena mengembangkan software open source web WordPress , yang sekarang dikelola oleh The WordPress Foundation.
Sejarah WordPress dimulai saat Matt berusia 18 tahun (tahun 2002). Saat itu, Matt baru mulai menggunakan blog b2cafelog blog. Dia menggunakan blog b2 (bbpress.org) untuk mempublikasikan foto-foto tersebut dalam perjalanan ke Washington DC.

Namun, beberapa bulan kemudian, blog Matt menerbitkan BBPress tempat foto berhenti dalam pengembangan perangkat lunaknya. Karena kondisi seperti itu, ada beberapa pemikiran kreatif tentang Matt. Pada bulan Januari 2003, Matt Mullenweg mengumumkan melalui blognya bahwa ia akan mengembangkan blog b2 sehingga sesuai dengan standar web saat itu.

Dengan inisiatif sendiri, dengan Mike Little Matt mulai memgembangkan WordPress berbasis coding b2. Lalu, Mike dan Matt beserta Valdrighi Michel (mantan pengembang b2), mulai aktif mengembangkan WordPress WordPress yang lahir saat ini. Pada tanggal 27 Mei 2003, WordPress versi 0,70 dirilis. Versi 0.7 masih mengandung struktur file yang sama dengan pendahulunya, b2cafelog.

Pada usia 19 tahun (Maret 2003), Matt bersama rekan-rekannya mendirikan GMPG dengan format yang lebih kompleks dari pada HTML. Setahun kemudian, launching fasilitas WordPress Ping-O-Matic yang memungkinkan Anda mengirim notifikasi untuk melakukan ping ke mesin pencari blog seperti Technorati. Dan hari ini, Ping-O-Matic telah melayani lebih dari 1 juta ping per hari.
Sumber daya dan pemikiran inovatif untuk diri sendiri tanpa henti dari Matthew telah membawanya sebagai seorang jutawan muda Pada usia 25 tahun, Matthew Mullenweg telah berhasil menjadi miliader muda dengan kekayaan tak kurang EUR 40 juta (Rp 400 miliar).

Dia juga dinobatkan sebagai 16 “50 Orang Paling Penting di Dunia Internet” oleh PC World di tahun 20 07. Dari daftar 50 orang tersebut, hanya Matt yang adalah yang termuda (23 tahun).

Dengan fasilitas yang unik, cepat dan seru, WordPress berhasil ‘menarik’ jutaan pengguna. Dengan penambahan ribuan blogger dan ratusan ribu posting baru setiap hari, WordPress berhasil masuk ke dalam 30 situs paling aktif di dunia. Setelah layanan Gravatar di tahun 2007, beredar isu bahwa bisnis tersebut didirikan Matt, Automattic, ditawarkan hingga USD 200 juta, namun Matt menolak untuk menjualnya.
Matt mullenweg pernah berkata “If you want to be good at something, you really have to work at it every single day. You have to work hard at the things that are hard. Otherwise you are just treading water.” Yang artinya kalau kamu mau pandai dalam suatu hal maka kamu harus bekerja dan berlatih untuk hal itu setiap harinya. Kamu haru bekerja keras untuk sesuatu yang memang sulit di raih, jika tidak sama saja seperti menginjak air.

sumber :





Matthew Charles “Matt” Mullenweg (lahir 11 Januari 1984) adalah seorang pengusaha media sosial online dan pengembang web yang tinggal di San Francisco. Dia terkenal karena mengembangkan software open source web WordPress, yang sekarang dikelola oleh The WordPress Foundation.

Setelah putus kuliah dan bekerja di CNET Networks dari tahun 2004 sampai 2005, Mullenweg keluar dari pekerjaan itu dan mendirikan Automattic, bisnis di balik WordPress.com (yang menyediakan blog dan layanan WordPress gratis), Akismet, Gravatar, VaultPress, IntenseDebate, Polldaddy, dan banyak lagi.
Mullenweg lahir di Houston, Texas, dan menghadiri High School for the Performing and Visual Arts dimana dia belajar jazz saksofon. Dia belajar di Universitas Houston, jurusan Ilmu Politik, sebelum dia keluar pada tahun 2004 untuk mendapatkan pekerjaan di CNET Networks.

Pada bulan Januari 2003, Mullenweg dan Mike Little memulai WordPress dari basis kode b2. Dia turut mendirikan Global Multimedia Protocols Group pada bulan Maret 2004 bersama Eric Meyer dan Tantek Çelik. GMPG menulis yang pertama dari Microformats. Pada bulan April 2004 dengan rekan pengembang WordPress Dougal Campbell, mereka meluncurkan Ping-O-Matic yang merupakan hub untuk memberi tahu mesin pencari blog seperti Technorati tentang pembaruan blog. Bulan berikutnya, pesaing utama WordPress Movable Type mengumumkan perubahan harga yang radikal yang mendorong ribuan pengguna untuk mencari solusi alternatif. Ini secara luas dianggap sebagai titik kritis untuk WordPress.

Pada bulan Oktober 2004, dia direkrut oleh CNET untuk bekerja di WordPress untuk mereka dan membantu mereka dengan blog dan penawaran media baru. Dia keluar dari perguruan tinggi dan pindah ke San Francisco dari Houston, TX pada bulan berikutnya. Mullenweg mengumumkan bbPress pada bulan Desember, Mullenweg dan tim WordPress merilis WordPress 1.5 “Strayhorn” pada bulan Februari 2005, yang memiliki lebih dari 900.000 unduhan. Perilisan ini memperkenalkan sistem tema mereka, fitur moderasi, dan front end baru dan perancangan ulang akhir.

Mullenweg meninggalkan CNET pada bulan Oktober 2005 untuk fokus pada WordPress dan kegiatan terkait penuh waktu, mengumumkan Akismet beberapa hari kemudian. Akismet adalah usaha terdistribusi untuk menghentikan komentar dan melacak spam dengan menggunakan masukan kolektif setiap orang yang menggunakan layanan ini. Pada bulan Desember, dia mengumumkan Automattic, perusahaan di balik WordPress.com dan Akismet. Automattic mempekerjakan orang-orang yang telah berkontribusi pada proyek WordPress, termasuk pengembang utama Ryan Boren dan pencipta WordPress MU Donncha O Caoimh. Kesepakatan lisensi Akismet dan bundling WordPress diumumkan dengan Yahoo! Usaha kecil web hosting sekitar waktu yang sama.

Pada bulan Januari 2006 Mullenweg merekrut mantan CEO Oddpost dan Yahoo! eksekutif Toni Schneider untuk bergabung dengan Automattic sebagai CEO, membawa ukuran perusahaan ke 5. Pengajuan D pada bulan April 2007 menunjukkan bahwa Automattic mengumpulkan sekitar 1,1 juta dolar untuk pendanaan. Investor adalah Polaris Ventures, True Ventures, Radar Partners, dan CNET.
Pada tahun 2011 Mullenweg mendukung Y Combinator startup Earbits.

Pada bulan Januari 2008 Automattic mengumpulkan tambahan US $ 29,5 juta untuk perusahaan dari Polaris Venture Partners, True Ventures, Radar Partners, dan New York Times Company. Menurut blog Mullenweg, dana tersebut merupakan hasil dari akuisisi yang ditolak yang ditawarkan beberapa bulan sebelumnya dan keputusan untuk menjaga agar perusahaan tetap independen. Saat itu perusahaan tersebut memiliki 18 karyawan. Salah satu rencana pendanaan yang dilaporkan adalah dalam sebuah forum yang disebut TalkPress.
Pada bulan Januari 2009, San Francisco Business Times melaporkan bahwa lalu lintas ke situs WordPress tumbuh lebih cepat daripada layanan blogger Google dan secara signifikan melampaui pesaing terdekatnya, Six Apart. Seorang reporter di eMarketer menyebut Mullenweg “cukup pengusaha dan visioner” ketika membandingkan momentum membangun WordPress dengan pesaingnya terhadap popularitas Facebook yang semakin meningkat di MySpace.

Pada bulan Februari 2009, sebuah wawancara dengan Majalah Power, yang berjudul Mullenweg “the Blog Prince,” mengusir mitos blogging sebagai sebuah tren yang melintas yang mengungkapkan bahwa perusahaan telah melihat pertumbuhan organik 10% bulan ke bulan yang lebih dari 15.000 blog baru di-host. oleh WordPress setiap hari

Pada bulan Mei 2009, keengganan Mullenweg untuk mematuhi penyensoran China berarti WordPress.com secara efektif diblokir oleh China Golden Shield Project.

Wawancara Bloomberg pada bulan April 2011 menggambarkan skalabilitas perusahaan yang mengesankan. Biaya infrastruktur hanya 300- $ 400k per bulan sementara powering 12% dari Web dengan 1350 server dan 80 karyawan di 62 kota. Manajemen perusahaan global mengecualikan semua email internal namun komunikasi berakar pada tema blog P2theme.com mereka.

Pada bulan Juli 2011, blog Wordpress melewati tonggak 50 juta, yang menghasilkan lebih dari 50 juta blog di seluruh dunia.

Pada bulan April 2012, Pingdom melaporkan bahwa “WordPress benar-benar mendominasi 100 blog teratas” dan digunakan oleh 49% dari 100 blog teratas di dunia. Ini adalah kenaikan besar dari 32% yang tercatat 3 tahun yang lalu. Pada bulan Mei 2012, All Things D melaporkan bahwa “WordPress sekarang menguasai 70 juta situs dan mengharapkan untuk menghasilkan pendapatan sebesar $ 45 juta tahun ini.” Kesuksesan perusahaan juga tercermin dalam tingkat pengurangan staf yang sangat rendah - perusahaan saat ini memiliki 106 karyawan dan hanya mempekerjakan 88 orang.

Pada bulan Januari 2014 Mullenweg menjadi CEO Automattic. Toni Schneider pindah untuk mengerjakan proyek baru di Automattic. Dalam pengumuman Mullenweg bercanda “jelas bahwa tidak seorang pun di usia dua puluhan harus menjalankan perusahaan.”, Dan beberapa bulan kemudian di bulan Mei mengumpulkan $ 160 juta untuk dana tambahan bagi perusahaan tersebut, menilai perusahaan tersebut menghasilkan lebih dari satu miliar dolar, dan WordPress dikutip sebagai powering “22% dari 10 juta situs top dunia.”

Mullenweg mendukung sejumlah organisasi filantropi termasuk. Dia juga anggota The Well di organisasi nirlaba “Charity: Water” (yang dengannya dia melakukan perjalanan ke Ethiopia pada bulan Februari 2012) di mana dia mendukung penyediaan air minum yang bersih dan aman untuk orang-orang di negara-negara berkembang. Untuk ulang tahunnya yang ke 28, dia memulai sebuah kampanye yang mengumpulkan lebih dari $ 28.000 untuk tujuan tersebut, dan kemudian mencapai $ 44.000 untuk tanggal 30. Mullenweg adalah pendukung utama proyek The Bay Lights, keduanya sebagai donor pertama dan kemudian membantu menyelesaikan proyek ini dengan sumbangan $ 1.5 juta kedua.

I am an optimist, and I believe that people are inherently good and that if you give everyone a voice and freedom of expression, the truth and the good will outweigh the bad. - Matt Mullenweg