Matianak, Hantu yang hanya menggoda kaum pria

Matianak adalah hantu yang memiliki beberapa kesamaan dengan hantu yang telah ditakuti oleh sebagian banyak orang di Indonesia, yaitu kuntilanak. Matianak digambarkan sebagai hantu perempuan berambut panjang, wajah mengerikan dengan pucat pasinya, suara menyeramkan yang mirip seperti kuntilanak, dan yang menjadi ciri khasnya matianak ini hanya menggoda kaum pria. Sobat diskusi ada yang pernah mendengar kisah mengenai hantu ini?

Bener tuh bener, matianak adalah hantu yang berwujud perempuan. Dulunya adalah seorang ibu yang mati karena melahirkan anaknya. Kata Matianak sendiri merupakan gabungan dari kata ‘Mati’ dan ‘Anak’. Matianak suka mencuri anak bayi yang masih hidup untuk menggantikan posisi bayinya yang mati…

Matianak juga terkadang digunakan sebagai alat balas dendam (melalui perantara dukun), ada juga yang memelihara matianak untuk mendapatkan kekuatan penyembuhan atau ramalan masa depan.

Wujud Matianak tidak jauh berbeda dengan Kuntilanak. Ia berwujud perempuan berambut panjang dan berbaju putih. Banyak yang menyamakan Matianak dengan Kuntilanak karena kesamaan wujud dan latar belakang.

Matianak memiliki tempat favorit, yaitu di bawah pohon yang rindang. Ia suka menjatuhkan daun-daun ketika ada orang di bawah pohon yang ia tinggali.
Kemampuan yang dimilikinya bisa dikatakan sama dengan Kuntilanak.