Mata Air di Klaten yang Tawarkan Kejernihan dan Pemandangan Indah

Klaten memiliki banyak wisata yang bisa membuatmu kagum. Ada candi yang begitu antik, kemudian deretan air terjun sebagai penyejuk mata. Dan yang tidak boleh dilewatkan tentu saja adalah beberapa mata air di Klaten yang biasanya digunakan untuk berenang dan berburu foto di bawah air. Mana saja mata air yang menawarkan kejernihan serta pemandangan indah?

Umbul Kapilaler

Kolam mata air ini dijadikan tempat wisata Klaten yang populer. Hampir setiap hari ada saja yang datang untuk merasakan kesegaran air dengan berenang di Umbul Kapilaler. Saking jernihnya, dari atas permukaan air, kamu bisa melihat bebatuan dan bagian dasar umbul. Udara di sini begitu sejuk dan teduh karena ada pohon besar. Lokasi destinasi ini berada di Dukuh Umbulsari, Desa Ponggok, Polanharjo.

Umbul Ponggok

Untuk masuk ke sini, pengunjung diharuskan untuk membayar tiket masuk. Selain itu juga ada penyewaan alat seperti kamera bawah air dengan harga sekitar Rp60.000. Umbul Ponggok sendiri merupakan wisata yang sedang hits di Klaten sebagai spot foto keren. Ada benda-benda unik yang snegaja ditempatkan di dasar kolam. Airnya yang jernih akan membuat posemu jadi lebih jelas dan eksotis. Untuk menikmati pesona Umbul Ponggok, langsung saja datang ke Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo.

Umbul Manten

Lokasi Umbul Manten ada di Kelurahan Janti, Kecamatan Polanharjo. Jika kamu berangkat dari Umbul Ponggok, jaraknya tidak begitu jauh karena masih dalam satu kawasan. Di sini kamu juga bisa berenang dan menikmati segarnya alam. Memang kolamnya tidak seluas umbul ponggok, namun airnya yang jernih dan keberadaan pohon-pohon membuatnya nampak lebih menyatu dengan alam.

Umbul Pelem

Umbul Pelem adalah kolam pemandian yang tidak begitu luas. Namun airnya juga jernih dan terdapat pohon besar sebagai peneduh. Letak Umbul Pelem berada di Desa Wunut, Kecamatan Tulung. Selain berenang, kamu bisa menikmati Taman Selada dengan aliran air yang jernih. Saat ini desa setempat berencana akan terus mengembangkan potensi wisata di Wunut.