Masukan apa saja yang diperlukan untuk membuat product roadmap?

Product roadmap atau peta jalan produk adalah sebuah garis besar keluaran produk untuk jangka waktu yang spesifik. Peta jalan ini mendetailkan cara implementasi keseluruhan dari strategi produk. Akan tetapi, apa saja input yang diperlukan serta dari mana saja input ini dapat diperoleh untuk membuat sebuah product roadmap?

Ada beberapa input yang diperlukan untuk membuat product roadmap, yaitu:

  1. Pasar (market)
    Pasar Mendorong mayoritas dari input kedalam product roadmap. Pasar disini mencakup:

    • Pelanggan: Pelanggan yang sudah ada akan menuntut Anda untuk menambahkan fitur pada produk anda karena mereka memerlukan fitur tersebut.
    • Prospek: Pelanggan potensial akan meminta produk Anda melakukan hal-hal tertentu. Mereka juga mungkin akan menuntut sebuah fitur spesifik atau sebuah ekstensi diimplementasikan sebelum mereka mau membeli produk Anda
    • Target pasar: Berbicara kepada pelanggan potensial yang tidak sedang mencari solusi pada saat ini akan memberikan input pula kepada roadmap Anda
    • Kompetitor: Kompetitor Anda akan memiliki fitur dan tawaran yang mungkin Anda inginkan dalam produk Anda. Jangan menambahkan fitur hanya sekedar karena kompetitor memiliki fitur tersebut. Validasi terlebih dahulu dengan input-input yang lain.
  2. Strategi Produk
    Strategi produk adalah arahan umum dari produk Anda. Product roadmap akan membantu untuk mengeksekusi strategi ini, sehingga tambahkan item kepada roadmap yang akan membantu anda mencapai tujuan dari produk. Hal ini merupakan salah satu langkah kecil di antara keseluruhan strategi Anda.

  3. Teknologi
    Produk anda mungkin menggunakan teknologi tertentu yang harus diimplementasikan atau ditingkatkan dalam jangka waktu tertentu.

  4. Peningkatan produk yang sudah ada
    Sembari Anda mengimplemntasikan item pada product roadmap, Anda mungkin menyadari perlunya melakukan evolusi pada beberapa bagian untuk membuat fitur menjadi lebih menarik. Feedback ini akan diberikan oleh pengguna produk internal dan eksternal.




Sumber: