Massive Open Online Course (MOOC), sebuah pilihan?

Menurutmu apakah MOOC menjadi sebuah pilihan alternatif pembelajaran? Kalo ya, platform MOOC mana yang kamu suka dan kenapa? Apakah edx.org, coursera.org, futurelearn.com, atau lainnya?
Apakah kamu merasakan kebermanfaatannya setelah mempelajari kelas MOOC tsb? Atau kamu ikut hanya karena ingin e-certificate? Diskusi yuuk ttg MOOC dan sharing referensi MOOC yang keren yow…

Technology photo created by freepik - www.freepik.com

3 Likes

Saat awal-awal pandemi, aku jujur sangat tertarik pada banyak online course kak! Aku biasanya cari di coursera. Kebanyakan kelas yang aku ingin ikuti karena memang aku ingin mempelajari kelas dan materinya, tidak hanya ingin sertifikat. Menurut aku ilmu yang dipahami jauh lebih penting dibanding menyelesaikan kelas dengan sangat cepat hanya demi bisa mendapat sertifikat lebih banyak.

Tapi, lama-kelamaan semua Online course tadi terasa membosankan. Terlebih karena aku tipe orang yang lebih suka belajar bersama-sama dengan orang lain. Jadi, dibandingkan ikut course di coursera, edx, dan lain-lain, aku lebih suka ikut course yang berupa webinar-webinar. Kelas yang seperti itu terasa lebih menyenangkan karena terasa ada interaksi secara langsung. Pembicaraannya pun tidak dibuat-buat seperti sudah dipersiapkan untuk membuat video pembelajaran, jadi lebih santai.
Tapi ada kelemahannya juga sih. Karena pembicaraannya agak lebih tidak diatur, secara kelengkapan materi memang lebih kurang dalam dibanding dengan course yang ada di platform pembelajaran online pada umumnya.

3 Likes

Yup, cocok atau tidaknya kita dgn mooc ataupun webinar memang tergantung juga style kita dlm belajar. Kalau aku pada awalnya memang banyak ikut kelas ini-itu juga sepertimu, tapi kemudian setelah nemu pola dan karateristik masing2 mooc, maka kusesuaikan dengan kebutuhan. Kalau ingin mendalam, kuambil mooc yang ada fitur diskusi forumnya, tetapi kalo ingin sharing singkat saja, maka ku ikut webinar saja…

Kalo aku tergantung topik dan kedalaman kini (mau sekedar tahu atau perlu mendalaminya).
Nah bagaimana denganmu ataupun teman-teman lainnya?

2 Likes