Masih ingat cara bermain panjat pinang? Bagaimana tips n trik agar mengang dalam bermain panjat pinang?

000000000000

Panjat pinang merupakan permainan tradisional yang hits saat dirgahayu RI tiba. Tapi, permainan ini termasuk permainan yang sangat sulit untuk dimenangkan.

Permainan tradisional ini tentunya sudah tidak asing lagi bagi setiap rakyat di Indonesia. Mengapa? Di beberapa daerah di Indonesia, pasti menyelenggarakan perlombaan ini pada setiap tanggal 17 Agustus dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Indonesia. Tetapi tahukah anda, dari mana permainan tradisional ini berasal dan bagaimana sesungguhnya permainan ini dimainkan?

Tata cara dalam permainan panjat pinang sebenarnya tidak berubah sejak dulu. Hanya saja, seiring dengan perkembangan zaman, hadiah-hadiah yang tergantung di puncak batang pinang juga ikut berkembang. Sekarang ini, ada beberapa perlombaan panjat pinang yang menggantungkan hadiah berupa televisi, kipas angin, dan beberapa barang elektronik lainnya di puncak batang pinang tersebut.

Cara Bermain:

  1. Peserta dibagi menjadi 2 kelompok dimana setiap kelompok bersisi 4-5 orang. Satu kelompok untuk 1 panjat pinang.
  2. Peserta yang paling besar berdiri di bagian paling bawah untuk menjadi pijakn peserta lainnya yang naik melalui punggungnya dengan hati-hati.
  3. Di tengah permainan jika ada peserta yang nyaris mencapai puncak pinang, panitia biasanya menyiramkan air agar permainan bertambah seru.
  4. Jika dalam batas waktu yang ditentukan tidak ada yang mencapai puncak pinang atau mennag, maka panitia menambah jumlah peserta untuk membantu.
  5. Jika sudah tidak memungkinkan, panitia menyediakan tangga untuk dinaiki dan peserta yang paling cepat mencapai puncak adalah pemenangnya.