Masalah apa yang ada pada individu berkepribadaian INTP dalam kehidupan sehari-hari?

kepribadian

(Dictio Community) #1

INTP (introversion, intuition, thinking, perceiving), salah satu tipe-tipe kepribadian menurut Myers-Briggs.


(Nasita Ratih) #2

Menurut saya sebagai orang yang berkepribadian INTP, masalah yang paling sering muncul adalah dari sifat saya yang tertutup (Introvert). Karena berkepribadian tertutup, seringkali orang-orang menilai kalau saya tidak friendly dan pemalu. Masalah sehari-hari yang sering saya temui antara lain;

  1. Jika bertemu dengan orang baru, saya tidak bisa menjadi "ice breaker". Sebagai seorang Introvert, saya seringkali tidak bisa memulai pembicaraan dengan orang yang baru saya temui. Karena hal ini, banyak orang mengira bahwa saya adalah orang yang pemalu dan tidak ekspresif. Well, mungkin tidak se-ekspresif orang yang ekstrovert, tetapi kalau saya merasa sudah cukup dekat dengan orang lain saya juga bisa menjadi pribadi yang ekspresif.

  2. Orang-orang cenderung menilai saya kurang friendly. Saya sangat senang kalau memiliki alone time atau me-time. Saya lebih senang menghabiskan waktu sendiri daripada berkumpul dengan teman-teman dengan waktu yang lama. Saya tidak masalah berkumpul dengan teman-teman kalau itu maksimal 3 kali dalam seminggu karena saya pun butuh berkumpul dan bersosialisasi dengan orang lain tetapi, kalau setiap hari saya harus berkumpul dan sharing dengan teman-teman saya akan merasa sangat lelah.

  3. I used to hate phone calls. Boleh ditanya ke teman-teman dekat saya, kalau mereka menelfon pasti akan saya reject dan akan membalas dengan text. Tetapi kalau sekarang saya sudah mencoba untuk menelfon dan menerima telfon supaya lebih praktis dan cepat.

Selain itu, buka page ini kalau mau lebih tahu gimana masalah orang-orang yang berkepribadian introvert.